Indonesia memang memiliki keanekaragaaman hayati yang sangat banyak. Inilah mengapa juga sangat penting untuk terus menjaga dan melestarikan  keanekaragaman ini agar terus lestari. Salah satu cara untuk menjaga kelestarian hayati tersebut adalah dengan membangun Taman Nasional. DI Indonesia sendiri jumlah taman nasional sangat beraneka ragam mulai dari hutan, gunung hingga bawah laut bisa Anda temukan di Indonesia. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai taman nasional yang ada di Indonesia.

Taman Nasional Baluran

padang-savana-taman-nasional-baluran-situbondo

Taman Nasional di Indonesia pertama yang bisa Anda kunjungi adalah taman nasional Baluran. Objek wisata yang satu ini terletak di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Keindahan di taman nasional ini bahkan  disamakan dengan taman savanna yang ada di Africa. RedTraveler bisa berkeliling di Savana Bekol dengan mengamati kehidupan hewan yang berkeliaran di sini. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi hutan hijau Evergreen Forest, sekaligus melihat keindahan bawah laut Bama dengan diving.

Taman Nasional Gunung Rinjani

gunung-rinjani

Memiliki luas 41 hektar, di taman nasional ini Anda bisa melihat keindahan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Rinjani. Dari atas Taman Nasional Gunung Rinjani Anda juga bisa melihat indahnya Danau Segara Anak.  Pada bulan Maulud, Anda bisa menyaksikan atraksi budaya memandikan keris yang disebut dengan Pankelem.  Saking luasnya salah satu taman nasional di Indonesia ini meliputi beberapa kabupaten yang ada di Lombok seperti Lombk Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah hingga provinsi Nusa Tenggara Barat. Pastikan Anda berkunjung ke tempat ini mulai dari bulan Agustus hingga Desember untuk melihat pemandangan terbaik yang ada di sini.

Taman Nasional Komodo

padar

Terletak di pulau Flores, Kabupaten Manggarai Barat, Taman Nasional Komodo menjadi salah satu tujuan wisata yang harus Anda kunjungi. Taman Nasional Komodo ini sangat luas yaitu mencakup tiga pulau besar diantaraya Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Komodo dan beberapa pulau kecil lainnya yang ada di sekitar Taman Nasional ini. Hal yang paling spesial di sini Anda bisa melihat secara langsung Komodo, salah satu hewan dilindungi. Anda bisa melihat Komodo yang tersebar di seluruh kawasan taman nasional ini. Tidak hanya itu, deretan pantai yang ada di sini juga menyajikan keindahan alam seperti pasir putih hingga merah muda. Menarik sekali bukan?

Taman Nasional Lorentz

lorentz (1)Agak bergeser lagi ke arah timur, Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Lorentz. Memiliki luas hingga 2,4 juta Hektar, salah satu taman nasional di Indonesia ini menjadi satu dari yang terluas di Asia Tenggara. Sayangnya, salah satu taman nasional di Indonesia belum dijelajahi lebih jauh lagi untuk dipetakan tanaman, hewan serta budayanya. Pada tahun 1999 Taman Nasional Lorentz juga ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Di dalam taman nasional Lorentz ini terdapat 34 tipe vegatasi yang terdiri dari hutan tepi sungai, hutan gambut, pantai pasir, hutan rawa hutan hujan, pegunungan, lumut kerak hingga padang rumput.

Taman Nasional Bali Barat

blali barat

Dengan luas 77,000, Taman Nasional Bali Barat mencakup 10% dari luas daratan pulau Bali. Berkunjung ke sini RedTraveler bisa melihat keindahan habitat hutan dan sabana yang ada di sini. Di bagian tengah taman, Anda juga bisa melihat empat gunung yang sudah ada sejak jaman Pleiztoncene dengan puncak Gunung Patas sebagai titik tertinggi yang ada di sini. Di Taman Nasional Bali Barat ini terdapat 160 spesies hewan dan tumbuhan yang dilindungi seperti rusa, lutung, banteng,  aneka burung hingga kalong. Di taman nasional ini  Anda juga bisa melihat burung Jalak yang menjadi salah satu burung endemik di Pulau Bali.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman-Nasional-Bromo-Tengger-Jawa-Timur-Indonesia1

Berikutnya ada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang mejadi satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia.  Di sini terdapat sekitar 137 jenis burung, 4 jenis reptilian dan 22 jenis mamalia. Anda juga bisa berkeliling di lautan pasir yang memiliki luas 5,250 hektar. Dengan ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut, cuaca yang ada di kawasan ini juga terasa sangat dingin. Secara administrative, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini  masuk ke dalam beberapa kawasan kabupaten seperti Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan.

Taman Nasional Kelimutu

keindahan-danau-kelimutu-3

Taman Nasional di Indonesia berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Nasional Kelimutu. Keunikan dari salah satu taman nasional di Indonesia ini dibandingkan dengan taman nasional lainnya adalah danaunya yang bisa berubah warna. Banyak wisatawan yang datang ke Taman Nasional Kelimutu ini untuk melihat keindahan matahari terbitnya. Untuk Anda yang ingin melihat keindahan lain dari taman nasional ini bisa melewati jalur arboterum. Di jalur ini Anda bisa melihat keanekaragaman flora seperti halnya hutan di dalam hutan yang memiliki 250 pepohonan yang digunakan sebagai pengembangan riset, rekreasi edukatif dan pendidikan.

Itulah beberapa informasi mengenai taman nasional di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s