Skip to content

Bubur Khas Indonesia yang Patut Anda Coba!

Beranekaragamnya budaya yang ada di Indonesia menjadikan negara ini juga memiliki bermacam-macam kuliner. Meski ada beberapa kesamaan dalam beberapa macam kuliner yang ada di Indonesia, tetapi setiap daerah memiliki ciri khas sendiri untuk cita rasanya. Salah satu kuliner yang cukup beranekaragam di Indonesia adalah bubur. Hampir  setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner  buburnya sendiri. Untuk lebih jelas bubur apa saja yang ada di Indonesia berikut RedDoorz akan membahasnya.

Bubur Ayam Cirebon

Processed with VSCOcam

Bubur ayam Cirebon mungkin menjadi salah satu kuliner yang paling umum yang ada di Indonesia. Terbuat dari nasi bubur yang satu ini memang paling sering dimakan pada pagi hari untuk sarapan. Di Jakarta sendiri, bubur ayam Cirebon ini sangat mudah ditemukan. Bubur ayam Cirebon sendiri terdiri dari bubur yang terbuat dari nasi, kuah kuning yang terbuat dari kaldu ayam, suwiran daging ayam, kacang, seledri, kerupuk, daun bawang, cakwe, kacang tanah, dan kerupuk.  Bubur ayam ini sendiri sebenarnya juga merupakan makanan yang diadaptasi dari kuliner tionghoa.

Bubur Manado

manado

Berikutnya ada bubur Manado yang  tidak kalah lezat dari bubur Ayam Cirebon. Bubur khas Indonesia yang juga dikenal dengan nama bubur tinutuan ini adalah bubur gurih yang bahan dasarnya terbuat dari labu kuning. Bubur ini pun kemudian disajikan dengan bermacam-macam sayuran seperti bayam, kangkung, singkong, kemangi hingga jagung. Orang-orang biasanya menyantap bubur yang satu ini dengan ikan cakalang, sambal roa dan perkedel nike.

Bubur Sumsum

Bubur-Sumsum-Kuah-Kolak

Berikutnya ada bubur sumsum yang berasal dari Jawa. Makanan yang satu ini sering disajikan dalam acara adat khususnya di Solo dan Yogyakarta. Agak berbeda dari bubur ayam Cirebon dan bubur manado yang cenderung asin, bubur sumsum merupakan bubur manis karena ada tambahan gula merah di dalamnya. Dinamakan sumsum bukan berarti bubur yang satu ini terbuat dari sumsum sapi melainkan tepung beras.  Kadang bubur khas Indonesia ini disajikan disajikan dengan biji salak, mutiara dan ketan hitam.

Bubur Manggul

 

bubur kuah udang

Madura juga memiliki bubur khasnya sendiri yang dinamakan Bubur Manggul. Hampir sama dengan bubur sumsum, bubur Manggul juga terbuat dari tepung beras. Tetapi, bedanya Bubur manggul disajkan dengan santan dan garam sehingga rasanya pun sangat gurih. Bubur khas Indonesia terasa semakin berbeda dengan tambahan berupa bumbu rempah khas, kelapa sangrai beserta dengan daun kemangi dan sambal goreng udang.

Bubur Ase

bubur ase

Meski bubur ayam Cirebon sangat populer di Jakarta, daerah ini sebenarnya punya bubur khasnya sendiri yang dinamakan bubur Ase. Tetapi, sayangnya bubur khas betawi ini sudah agak sulit ditemukan  karena orang-orang sudah jarang membuatnya lagi. Bubur ase cukup unik karena warnanya hitam yang berasal dari kuah semur daging ala Betawi. Berbeda dengan bubur ayam khas Cirebon disajikan dengan suwiran ayam, bubur khas Indonesia ini disajikan dengan potongan daging sapi dan kentang.

Bubur Kanji Rumbi

U5dtC9YM8oGxmH1odjPXATq9juZQYND_1680x8400

Jika Anda sedang jalan-jalan ke daerah Aceh, jangan lupa untuk mencoba Bubur Kanji Rumbi. Bubur yang satu ini memang sering dijual saat bulan Ramadhan. Sebagai hidangan berbuka puasa, bubur yang satu ini cukup mengenyangkan karena terbuat dari beras dan disajikan dengan racikan bumbu khas Aceh. Bisa dibilang Bubur Kanji Rumbi mirip dengan bubur ayam khas Cirebon. Dikenal juga sebagai bubur dengan 40 macam bumbu, rempah-rempah dari bubur ini memang sangat beraneka ragam mulai dari merica, jintan, adas, kapulaga, jahe hingga kembang lawang. Selain memang disajikan untuk makanan berbuka puasa, bubur khas Indonesia ini juga sering digunakan sebagai obat untuk menghilangkan masuk angin.

Bubur Pedas Singkawang

Bubur_Pedas_3

Berikutnya ada bubur pedas dari Singkawang yang bisa Anda coba. Meski dinamakan bubur pedas, kuliner yang satu ini tidak memasukan cabai di dalam campuran bumbunya. Uniknya lagi cara pembuatan dari bubur ini berbeda dengan bubur pada umumnya. Bubur pedas diolah dengan ditumbuk halus untuk kemudian ditumis dengan beraneka rempah. Bubur khas Indonesia ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa, kaldu sapi dan sayuran seperti kangkung, pakis dan kesum. Rasa dari bubur pedas ini semakin terasa lezat dengan tambahan kacang tanah goreng dan ikan teri.

Bubur Kampiun

rasamasa-resep-kita-bubur-kampiun

Bubur Kampiun juga menjadi salah satu kuliner yang cukup populer di Jakarta saat bulan Ramadhan. Berasal dari daerah Minangkabau, bubur yang satu ini tampilannya mirip dengan bubur sumsum dan kolak. Bahan dasar dari Bubur Kampiun pun sama yaitu tepung beras, gula merah, santan, daun pandan dan pisang tanduk. Ada sejarah unik dibalik terciptanya bubur kampiun ini. Dulu tokoh adat bukit tinggi mengadakan lomba kreasi bubur untuk mengembalikan ketenangan akibat trauma akibat perang.

Itulah beberapa informasi mengenai bubur khas indonesia yang bisa Anda coba. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: