Skip to content

Tempat Hiking Terfavorit Di Indonesia!

Indonesia memang memiliki keragaman alam yang luar biasa. Mulai dari danau, air terjun, pantai hingga gunung Anda bisa temukan dari sabang hingga marauke. Setiap keindahan alam itu sendiri juga memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing yang pastinya berbeda setiap daerah. Seperti halnya gunung-gunung yang ada di Indonesia yang memiliki karakteristiknya masing-masing. Inilah mengapa setiap gunung di Indonesia memiliki tingkat kesulitannya tersendiri untuk didaki. Untuk lebih jelas berikut, RedDoorz akan bahas mengenai tempat hiking terfavorit di Indonesia yang bisa Anda coba.

Gunung Semeru

semeruGunung Semeru mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu tujuan hiking yang paling favorit di kalangan para pendaki. Memiliki puncak dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang dinamakan puncak Mahameru, medan pendakian menuju puncak mahameru ini termasuk sulit. Jalur pendakian di Gunung Semeru ini penuh dengan pasir, batu dan tanjakanyang cukup curam. Tetapi, semua itu tidak akan terasa sia-sia saat karena dalam jalur pendakian ini Anda juga bisa singgah sejenak di Ranu Kumbolo, sebuah danau cantik yang terletak di dekat Semeru. Setelah sampai di puncak Anda juga akan melihat sedikit aktivitas vukanis seperti ledakan kecit yang rutin terjadi. Seru sekali bukan?

Gunung Papandayan

gunung papandayan

Terletak di kabupaten Garut, Jawa Barat, Gunung Papadayan masuk ke dalam salah satu tempat hiking terfavorit di Indonesia. Bila sebelumnya gunung Semeru memiliki karakteristik yang cukup sulit untuk didaki, Gunung Papandayan ini memiliki jalur yang lebih mudah dan lebih diperuntukan untuk pemula karena memiliki ketinggian 2.665 Mdpl. Jika mendaki gunung ini RedTraveler akan singgah di basecamp yang letaknya berlawanan yaitu terletak di bawah kawah. Dari basecamp ini Anda akan melihat uap keluar yang keluar dari kawah dan ditambah dengan keindahan padang edelweiss yang berlokasi di Tegal Alun.

Gunung Merbabu

misteri-gunung-merbabu

Bisa dibilang kalau Gunung Merbabu ini memiliki karakteristik yang sama dengan Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta. Salah satu tempat hiking terfavorit di Indonesia ini memiliki ketinggian 3,145 mdpl yang juga hampir sama dengan gunung merapi. Ada dua puncak utama yang ada di Gunung Merbabu ini yaitu Puncak Kenteng Songo dan Puncak Syarief. Dari puncak gunung ini Anda bisa melihat keindahan matahari terbit dari balik gunung yang juga dilengkapi dengan awan cumulus.

Gunung Jayawijaya

puncak-cartenz

Satu lagi gunung yang tidak kalah unik untuk masuk ke dalam daftar tempat hiking terfavorit di Indonesia adalah Gunung Jayawijaya di Papua. Meski kawasan Papua memiliki iklim tropis, Puncak Jaya dari gunung ini diselimuti salju. Dengan ketinggian 4.884 meter, Gunung Jayawijaya menjadi salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Namun sayangnya karena pemanasan global, salju yang ada di puncak Jayawijaya ini diperkirakan semakin mencair bahkan mengering.

Gunung Prau

Prau1

Berbeda dengan gunung-gunung yang lainnya, Gunung Prau ini tidak termasuk ke dalam gunung berapi aktif. Tetapi, karena lokasinya yang berada di dalam kompleks Dieng Plateu, tempat hiking terfavorit di Indonesia ini masuk ke dalam kompleks gunung berapi besar. Memiliki ketinggian 2.565 mdpl, Anda akan melakukan pendakian singkat untuk sampai ke puncak Gunung Prau. Inilah mengapa Gunung Prau menjadi objek pendakian yang cukup populer di kalangan para pendaki yang suka berkemah atau bermalam di atas puncak gunung. Dari puncak Gunung Prau Anda bahkan juga bisa melihat gunung lainnya seperti Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Kemudian dari sisi lainnya RedTraveler bahkan juga bisa melihat pemandangan Dieng.

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Sumatera Utara juga punya gunung yang masuk ke dalam tempat hiking terfavorit di Indonesia yaitu Gunung Sibayak. Memiliki ketinggian 2.212 mdpl, RedTraveler bisa melakukan pendakian singkat ke puncak gunung ini yatu hanya dalam satu hari saja. Selama pendakian tersebut Anda juga bisa mencari persinggahan sementara untuk beristirahat. Uniknya, di Gunung Sibayak ini Anda bisa melihat lubang uap yang mengeluarkan suara yang cukup menggelegar seperti pesawat tempur. Selain itu, Anda juga bisa menikmati hari Anda dengan berendam di sumber air panas alami.

Anak Gunung Krakatau

anak krakatau

Tempat hiking terfavorit di Indonesia berikutnya yang tidak kalah menantang adalah Anak Gunung Krakatau. Dikatakan menantang karena gunung yang satu ini termasuk salah satu gunung berapi aktif yang bisa meletus kapan saja. Meski begitu, hal ini tidak menurunkan minat para pendaki yang ingin menaklukan gunung berapi yang satu ini. Jalur pendakian dari Anak Gunung Krakatau ini agak sulit. Anda akan melewati tanah miring berpasir untuk mencapai puncaknya. Perjalanan menuju puncak ini akan ditempuh sekitar 30-45 menit. Tetapi, selama pendakian Anda bisa melihat indahnya pemandangan pulau-pulau yang ada di selat sunda seperti halnya pulau Sebesi, Pulau Raka hingga pulau Sebuku.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat hiking terfavorit di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: