Di musim hujan seperti sekarang ini memang paling enak minum sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh. Selain teh dan kopi, Indonesia juga memiliki banyak minuman tradisional yang tidak kalah nikmat untuk Anda konsumsi saat musim hujan. Selain untuk menghangatkan tubuh di musim hujan seperti sekarang ini, minuman hangat khas indonesia ini juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Bahan-bahan yang alami serta segar menjadikan minuman hangat khas indonesia sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan terutama di musim hujan seperti berikut ini. Berikut RedDoorz akan bahas mengenai minuman hangat khas Indonesia yang bisa Anda coba.

Bandrek

bandrekMinuman hangat khas indonesia pertama yang bisa Anda coba adalah Bandrek. Minuman yang satu merupakan minuman tradisional masyarakat Betawi dan Sunda. Bandrek sendiri terbuat dari rempah-rempah yang disajikan dalam keadaan hangat. Beberapa campuran rempah dari minuman Bandrek ini diantaranya santan, kayu manis, gula merah, cengkeh, kapulaga hingga biji ketumbar. Minuman Bandrek ini semakin terasa nikmat saat ditambahkan potongan kelapa muda dan susu kental manis. Selain untuk menghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin, Bandrek juga memiliki beberapa khasiat seperti untuk meringankan sakit tenggorokan dan batuk.

Bajigur

n0tuaih9ywav_6MHTdFXJYWESAsG64cWauQ_bajigur_landscapeThumbnail_idBerikutnya ada Bajigur yang menjadi minuman hangat khas indonesia yang bisa Anda coba saat musim hujan seperti sekarang ini. Minuman tradisional ini memiliki cita rasa manis dan hangat. Campuran dari Bajigur sangat sederhana yakni hanya berupa santan dan gula aren. Tidak jarang agar semakin nikmat, bajigur sering ditambahkan jahe, bubuk vanili dan juga sedikit garam. Di daerah asalnya Jawa Barat, minuman yang satu ini juga sering dikonsumsi dengan klepon, ubi rebung hingga kacang rebus. Minuman hangat khas Indonesia ini juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan seperti untuk demam dan meredakan sakit perut.

 

Wedang Ronde

Wedang-RondeDi kawasan Jawa Tengah ada Wedang Ronde yang bisa jadi penghangat untuk Anda saat musim penghujan seperti sekarang ini. Minuman hangat khas Indonesia merupakan salah satu minuman tradisional yang berasal dari Solo dan Salatiga. Campuran wedang ronde ini terdiri dari gula, rebusan air jahe, serai dan pandan. Uniknya lagi hidangan wedang ronde ini dihidangkan dengan bola-bola ubi dan tepung ketan serta kacang yang disangrai. Jadi, selain Anda akan merasa hangat, minuman ini juga bisa mengganjal sedikit perut Anda saat sedang lapar.

Wedang Uwuh

mienul-wedang-uwuh-sliderDaerah Yogyakarta juga punya minuman hangat khas tradisional yang patut Anda coba yaitu Wedang Uwuh. Kata Uwuh sendiri berarti “sampah” karena rempah-rempahan yang dimasukan ke dalam minuman ini merupakan daun-daunan yang bentuknya mirip dengan sampah. Meski begitu, minuman tradisional satu ini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Sebut saja beberapa rempah-rempah seperti air jahe, kayu secang, cengkeh yang terdiri dari batang, bunga hingga daunnya, lalu kayu manis, pala dan daunnya, serta akar daun serai dan perasa manis yang berasal dari gula merah.

Teh Talua

img20170513154347Kemudian beranjak ke kawasan Sumatera Barat ada Teh Talua yang menjadi minuman khas Indonesia yang dulu diperuntukan bagi para bangsawan. Minuman tradisional yang satu ini memiliki campuran yang sangat unik karena ada tambahan telur di dalamnya. Proses pembuatan dari teh talua ini cukup unik karena meski menggunakan telur mentah, dalam pembuatannya telur bisa berubah menjadi matang karena ditambahkan teh panas. Setelah dikocok menjadi satu, campuran tersebut kemudian di tambahkan susu kental manis. Agar tidak enek, minuman ini juga ditambahkan perasan jeruk nipis agar terasa segar. Orang minang percaya kalau Teh Talua ini bisa menambah stamina dan menyembuhkan beberapa penyakit.

Kembang Tahu

kembangtahuSelanjutnya, ada kembang tahu yang menjadi minuman hangat khas Indonesia yang bisa Anda coba. Kembang Tahu sendiri merupakan minuman tradisional berasal dari Betawi yang terbuat dari endapan kedelai yang kemudian disajikan dengan air jahe serta gula aren dan daun pandan. Minuman ini juga dipercaya untuk menghilangkan masuk angin dan melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat yang berasal dari endapan kedelai. Enak dan pastinya menyehatkan bukan?

Sekoteng

sekotengSekoteng mungkin menjadi salah satu minuman hangat khas Indonesia yang paling populer di Indonesia. Minuman yang satu ini tidak hanya bisa menghangatkan tubuh tetapi juga mengenyangkan perut karena terdiri dari banyak isian. Kuah sekoteng sendiri terbuat dari campuran jahe dan gula merah yang rebus. Sedangkan, untuk isiannya sendiri terdapat beberapa buah-buahan seperti biji teratai, kacang amandeh, kelengkeng hingga buah jail. Tidak jarang campuran sekoteng juga ditambahkan dengan potongan roti, mutiara, kacang hijau dan kacang tanah. Segar dan pastinya cukup untuk mengganjal perut Anda di malam hari atau saat musim hujan.

Sarabba

sarabbaPergi ke daerah Makassar ada Sarabba yang menjadi minuman hangat khas Indonesia berikutnya. Minuman tradisional ini menjadi salah satu minuman yang dipercaya bisa memulihkan stamina saat musim penghujan seperti sekarang ini. Campuran dari Sarabba ini terdiri dari kuning telur, jahe, gula aren, santan dan merica bubuk. Warga Makassar biasa minum Sarabba ini untuk memulihkan kondisi tubuh dari flu serta menghangatkan tubuh saat musim hujan.

 

Itulah beberapa informasi mengenai minuman hangat khas Indonesia yang bisa Anda coba. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s