Setiap Negara pasti memiliki makanan khasnya tersendiri. Dari mulai rasanya yang unik, bentuknya yang aneh da nada pula yang memiliki makanan khas yang disajikan dengan ekstrim. Salah satu makanan khas yang sedang populer dikalangan masyarakat adalah hidangan dari Korea Selatan. Merupakan salah satu Negara yang memiliki makanan yang lezat dan digemari oleh pecinta kuliner karena ketenarannya melalui Drama menjadikan korea Selatan sebagai salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan waktu liburan. Bagi para pecinta drama Korea atau music Korea tentunya akan sangat mudah untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang populer. Namun tidak perlu khawatir, jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kuliner khas Korea, karena kali ini RedDoorz akan memberikan beberapa rekomendasi. Yuk simak selengkapnya!

Kimchi

makanan khas korea 1

Kimchee atau kimchi adalah makanan khas Korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan aneka macam bumbu dan biasanya memiliki rasa pedas dan asam. Sayuran yang biasa dibuat kimchi adalah sawi, lobak dan timun. Sementara untuk bumbu yang digunakan adalah cabe, jahe, bawang Bombay, bawang putih, pasta udang dan saus ikan. Kimchi sendiri biasanya dibuat dalam jumlah besar dan sekaligus karena makanan ini bisa tahan lama jika disimpan dengan baik. Untuk penyajiannya, kimchi dipotong dan disajikan langsung sendiri sebagai lauk atau bisa digunakan sebagai bahan makanan Korea lain seperti kimchi jjigae, kimchi bokkeumbap, dll. Kimchi juga menjadi bagian penting dalam kuliner dan kebudayaan Korea, jadi jangan heran jika hampir setiap restoran di Korea menyajikan kimchi gratis di meja Anda.

Japchae

makanan khas korea 2

Makanan khas Korea yang satu ini memang hampir mirip dengan bihun goreng yang sering kita temui di Indonesia. Japchae ini merupakan salah satu makanan terfavorit di Korea Selatan dan wajib dimakan bagi para wisatawan yang sedang berkunjung. Berbahan dasar sayuran, daging dan mie soun yang terbuat dari kentang, menjadikan makanan ini terasa spesial dan membuat Anda ingin terus memakannya lagi dan lagi.

Kimbab

makanan khas korea 3

Gimbab atau kimbab adalah makanan khas Korea yang terbuat dari nasi putih (bap) dan isian berupa potongan ikan, daging, telur dan sayuran yang digulung dengan lembaran rumput laut kering (gim) lalu dipotong kecil-kecil untuk sekali makan. Satu gulung kimbab biasanya dibuat menjadi 6-8 potong. Bentuk gulungannya bisa bundar atau segitiga, dan rumput lautnya juga bisa digulung di bagian dalam, meskipun pada umumnya ada di bagian luar. Di Korea, sayuran yang biasa digunakan adalah timun, abaym, wortel dan acar lobak, sementara nasinya sedikit dibumbui dengan garam dan minyak wijen.

Bibimbab

makanan khas korea 4

Sekilas memang terlihat seperti nasi biasa pada umunya. Tapi, bibimbap ini merupakan salah satu nasi campur khas Korea yang sudah menjadi favorit masyarakat  lokal. Seperti namanya yang berarti “nasi campur”, bibimbap meripakan nasi campur ala Korea yang terbuat dari nasi putih, aneka macam lauk dan sayuran serta saus khas Korea. Untuk penyajianya, bibimbap disajikan dalam mangkuk dengan lauk yang disusun sedemikian rupa agar warnanya terlihat kontras dan menarik, bari kemudian diaduk-aduk saat akan dimakan. Bibimbap juga ada yang disajikan di dalam mangkuk panas seperti halnya hotlplate dengan kuning telur mentah yang ditempatkan langsung ditengah lauk-lauknya.

Ramyeon

makanan khas korea 5

Anda tentunya pasti pernah melihat atau bahkan merasakan ramyeon atau yang biasa disebut ramen. Makanan khas korea ini merupakan mie Korea yang sangat populer dan sudah tersebar di seluruh penjuru Negara. Sebelumnya Anda pasti pernah merasakan ramen Jepang dan akan bertanya-tanya apa bedanya dengan Ramyeon? Tentu makanan khas Korea ini sedikit berbeda. Dari cara penyajian pun sudah berbeda, ramen Korea ini akan disajikan diatas panci lengkap dengan tutupnya. Untuk rasa, mie instan ini lebih terasa pedas dan asam dibandingkan dengan mie instan dari Negara lain. Biasanya masyarakat Korea akan menambahkan kimchi sebagai lauk pelengkapnya.

Sannakji

makanan khas korea 9

Mungkin makanan khas Korea ini cukup ekstrim untuk Anda yang tidak terbiasa memakan makanan hidup. Sannakji atau gurita hidup ini merupakan makanan yang paling diburu oleh wisatawan asing yang datang ke Korea Selatan. Banyak dari mereka yang hanya penasaran dengan rasa dan bentuknya. Jika berani, Anda akan memakan gurita hidup-hidup dan membiarkannya berada di dalam mulut. Hidangan ini biasa disajikan dengan campuran saus dan biji wijen yang menambah cita rasa Sannakji menjadi unik dan lezat.

Bulgogi

makanan khas korea 6

Bulgogi atau pulgogi adalah makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari lembaran-lembaran daging sapi yang diiris tipis-tipis dan dimasak dengan cara dipanggang atau ditumis. Lembaran-lembaran daging ini sebellum dimasak biasanya dimarinasi dulu dengan campuran kecap, gula, minyak wijen, bawang putih, lada, jahe dan sari pear korea yang terkenal. Biasanya bulgogi akan disajikan untuk makan bersama keluarga dengan nasi dan lauk lainnya.

Tteokbokki

makanan khas korea 7

Bentuknya yang menyerupai sosis ini merupakan jajanan wajib yang harus Anda cicipi jika berkunjung ke Korea Selatan. Bahan dasar dari jajanan ini adalah kue beras yang potong-potong dan disajikan dalam saus pedas yang sudah dibumbui. Selain kue beras, bahan lain yang sering ditambahkan ke dalam tteokbokki adalah telur rebus dan lembaran fish cake. Untuk rasanya sendiri dominan pedas, manis dan kenyal ketika masuk ke mulut.

Jjajangmyeon

Processed with VSCO with hb1 preset

Chajangmyeon atau Jjajangmyeon adalah salah satu hidangan mi khas Korea yang terbuat dari saus kedelai hitam kental, sayuran dan potongan daging babi ataupun seafood. Sebenarnya makanan ini berasa dari China, namun masyarakat Korea mengubah masakan ini jadi sedikit berbeda. Mie yang digunakan untuk membuat jjajangmyeon adalah mie yang besar-besar dan terbuat dari tepung terigu. Sementara sausnya terbuat dari pasta kedelai hitam yang dimasak bersama irisan bawang Bombay, kentang dan daging.

Miyeok Guk

makanan khas korea 10

Memang dari tampilannya makanan ini terlihat seperti sayur bayam atau bahkan Anda sama sekali tidak tertarik untuk mencicipinya. Namun Miyeok Guk atau sup rumput laut ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat, dengan campuran rumput laut yang dipadukan dengan kaldu ikan dori atau sapi yang menambahkan makanan ini menjadi terasa special. Biasanya, masyarakat Korea menyantap Miyeok Guk pada perayaan ulang tahun atau untuk wanita yang sedang menyusui.

Itulah tadi berbagai makanan khas Korea yang wajib Anda coba. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta sebagai kado valentine, pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s