Semua  wilayah di Indonesia sepertinya memang memiliki makanan khasnya sendiri tidak terkecuali di kawasa Jawa Barat. Tidak hanya daerah Tegal saja yang sudah terkenal dengan rumah makannya, sekarang ini juga banyak rumah makan sunda yang menyajikan makanan khas Jawa Barat. Mulai dari makanan yang berkuah hingga sate bisa Anda temui di makanan khas sunda. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai makanan khas sunda yang bisa Anda coba.

Nasi Liwet

nasi-liwet-tokomesin

Makanan khas Sunda satu ini mungkin menjadi salah satu yang sedang populer sekarang ini. Sekarang ini banyak sekali orang-orang yang sedang mengadakan acara dan memesan nasi liwet sebagai sajian dari hidangan di acara mereka. Tidak jarang, nasi liwet ini disajikan dengan alas daun pisang dan dimakan secara bersama-sama. Sebenarnya nasi liwet ini memiliki dua versi yaitu nasi liwet yang berasal dari Solo dan nasi Liwet yang berasal dari Sunda. Hal yang membedakan dari kedua nasi liwet ini adalah bahan dan proses pemasakannya yang menggunakan santan pada nasi liwet Solo. Sedangkan, pada nasi liwet Sunda, tidak menggunakan santan sama sekali salam proses pemasakannya. Tetapi nasi liwet khas sunda tetap terasa gurih karena menggunakan rempah-rempah seperti bawah merah, bawang putih, serai, kemangi, jambal roti hingga daun salam. Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan ikan asin, sayur asam ikan bahar hingga temped an tahu goreng.

Empal Gepuk

Empal Gepuk - Resep

Kalau sebelumnya RedDoorz pernah membahas mengenai empal gentong, kini saatnya kami membahas mengenai Empal Gepuk. Berbeda dengan empal gentong, empal gepuk merupakan potongan daging sapi yang diolah dengan rempah-rempah dan memiliki cita rasa yang manis. Empal Gepuk ini dibuat melalui proses pemasakan seperti mengungkap sehingga bumbunya bisa meresap hingga ke daging. Setelah diungkap, daging kemudian akan di goreng sampai kering dan siap untuk disantap dengan nnasi putih. Karena proses pemasakan yang cukup lama inilah yang menjadikan tekstur daging empal gepuk cenderung empuk.

Laksa Bogor

laksa-bogor-picture1

Berikutnya ada Laksa Bogor yang menjadi makanan khas Sunda yang harus Anda coba. Laksa sendiri memang menjadi makanan yang cukup dikenal di kawasan Asia Tenggara. Selain di Indonesia, Laksa juga bisa Anda temukan di negara lain seperti halnya Singapura. Tetapi, berbeda dengan laksa Singapura, Laksa Bogor memiliki ciri khas sendiri yaitu disajikan dengan oncom. Beberapa rempah yang semakin membuat makanan khas Sunda ini terasa sedap adalah ketumbar, lada, kemiri, bawang putih, bawang merah dan kunyit. Sedangkan untuk isiannya sendiri Laksa Bogor terdiri dari toge, suwiran ayam, bihun, telur ayam, dan daun kemangi. Setelahnya, isian ini pun disiram dengan kuah kaldu yang sudah dibumbui oleh rempah-rempah tersebut.

Docang

Kadaharan_urang_sunda

Nampaknya ketupat dan saus kacang menjadi bahan makanan yang cukup identik di kawasan Jawa Barat. Salah satu makanan khas Sunda yang menghadirkan ketupat dan saus kacang dalam sajiannya adalah docang. Sekilas mungkin docang mirip dengan ketoprak atau kupat tahu. Hal yang membedakan dari ketiganya adalah tekstur dari saus kacangnya yang dibuat agak kasar. Kadang saus kacang ini juga dicampur dengan cabai untuk memberikan sedikit rasa pedas. Di daerah Bogor RedTraveler bisa menemukan dengan mudah docang dijual digrobak-grobak yang berkeliling.

Mie Kocok

1200px-Mie_Kocok_Bandung

Jika Anda ingin sesuatu yang segar dan berkuah bisa mencoba Mie Kocok. Makanan khas Sunda ini terdiri dari mie kuning, kikil, baksi, toge, daun bawang, yang kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi. Nama Kocok sendiri berasal dari proses pembuatannya yang harus dikocok dulu sebelum akhirnya disajikan. Tidak jarang sajian ini juga dilengkapi dengan kecap dan sambal untuk menambah cita rasa. Makanan ini terasa sedap saat Anda menyantapnya saat musim hujan sekaligus untuk menghangatkan diri.

Lotek

yogyakarta-classic-lotek-bu-bagyo1-

Satu lagi kuliner khas Sunda yang wajib Anda coba adalah Lotek. Mungkin sepintas Lotek mirip dengan gado-gado. Tetapi, yang membedakan Lotek dengan gado-gado adalah sambal kacangnya sendiri yang sering dicampurkan dengan bumbu lainnya seperti terasi, bawang putih, dan gula merah sehingga rasanya pun lebih manis. Sambal kacang ini kemudian disiramkan ke sayur-sayuran seperti labu, toge, nangka muda, kangkung, tempe goreng, dan tahu. Biasanya, Lotek ini disajikan dengan nasi putih atau lontong.

Bakakak Ayam

Ayam Bakar

Bakakak Ayam menjadi  kuliner khas Sunda berikutnya yang bisa anda coba. Sajian ayam yang satu ini mirip dengan ayam bakar. Tetapi, bumbu Bakakak Ayam inilah yang membedakan dengan ayam bakar pada umumnya. Bakakak Ayam ini biasanya disajikan dengan sambal merah dan sambal hijau. Satu porsi kuliner khas Sunda ini juga bisa Anda santap bersama-sama lengkap dengan lalapan sayurnya.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Sunda yang bisa Anda coba. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s