Apa RedTraveler akhir-akhir ingin mencoba sesuatu yang menantang? Bagaiamana kalau Anda mencoba olahraga ekstrem seperti rafting. Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat sungai beraliran deras yang sering dijadikan tempat rafting. Selain memang menjadi salah satu aktifitas yang seru untuk Anda coba di akhir pekan, olah raga ini juga bisa Anda lakukan bersama-sama. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat rafting di Indonesia yang bisa coba.

Sungai Citarik Sukabumi

rafting-sungai-citarik-sukabumi

Kawasan Jawa Barat memang cukup dikenal dengan tempat raftingnya. Ini karena kawasan Jawa Barat sendiri cukup banyak sungai deras yang cocok untuk dijadikan tempat rafting. Salah satu sungai yang cukup sering dijadikan tempat rafting di Jawa Barat adalah Sungai Citarik Sukabumi. Salah satu tempat rafting di Indonesia ini memiliki tingkat kesulitan III yang berarti cocok untuk pemula atau Anda yang hanya ingin sekedar mencoba rafting untuk rekreasi saja. Tetapi meski begitu, Anda akan tetap didampingi oleh pemandu professional yang siap membantu Anda. Bermain rafting di Sungai Citarik Sukabumi ini Anda akan dihadapkan dengan beberapa jarak tempuh yang berbeda, mulai dari 5 kilometer hingga 17 kilometer. Jarak tempuh rafting ini juga sesuai dengan paket rafting yang Anda pilih.

Sungai Alas Aceh

P1080935

Salah satu tempat rafting di Indonesia ini menjadi sungai terpanjang di kawasan Aceh. Sungai Alas Aceh sendiri mengalir dari Taman Nasional Gunung Leuser dan bermuara di Samudra Hindia. Di sini ada beberapa tingkatan rafting yang bisa RedTraveler jajal. Bermain rafting di Sungai Alas Aceh ini Anda bisa melihat panorama indah seperti hutan tropis yang masih alami. Keindahan alam inilah yang menjadikan sungai Alas Aceh ini menjadi salah satu sungai favorit untuk dijadikan tempat rafting di Indonesia. Sungai terpanjang di Aceh ini sendiri melewati tiga kabupaten utama di Aceh mulai dari Kabupaten Aceh Tenggara, Kbupaten Gayo Luesdan Kabupaten Aceh Selatan. Demi kenyamanan disarankan RedTraveler yang ingin ke lokasi ini menggunakan pesawat perintis dengan mendarat di bandara Alas Leuser.

Sungai Asahan Sumatera Utara

Fullday-Rafting-Sungai-Sungai-Asahan-Sumatera-Utara

Sungai Asahan sendiri menjadi salah satu sungai terbesar yang mengalir di Sumatera Utara. Saking terkenalnya salah satu tempat rafting di Indonesia ini dinobatkan menjadi yang terbaik ke 3 di dunia setara dengan sungai Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat. Sungai ini memiliki panjang 22 kilometer yang mengalir deras dari bendungan Sigura-gura hingga kota Bandar. Debit air di sungai Asahan ini sangat cepat yakni mencapai 120 meter kubik per detiknya. Dengan kedalaman rata-rata 5 meter tempat rafting ini memiliki tingkat kesulitan 4 hingga 5. Anda yang merupakan atlet arum jeram professional bisa menjajal sungai yang satu ini.

Sungai Ayung Bali

6.-Arung-Jeram-Sungai-Ayung

Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda di Bali? Cobalah untuk rafting di Sungai Ayung Bali. Kalau selama ini RedTraveler lebih suka bermain ke pantai atau melihat pura-pura indah yang ada di pulau Dewata ini. Sungai Ayung sendiri menjadi salah satu sungai terbesar di Bali yang memiliki jarak tempuh hingga 9 km. Selain itu yang menjadi daya tarik dari rafting di sungai Ayung adalah adanya pahatan-pahatan sepanjang 1 km meter di dinding sungai. Dari awal start, Anda memerlukan waktu kurang lebih sekitar 3 jam untuk sampai ke ujung sungai. Untuk sampai ke lokasi rafting ini Anda harus menuruni ratusan anak tangga.

Sungai Pekalen Probolinggo

songa-adventure

Di kawasan Probolinggo Anda juga bisa seru-seruan melakukan rafting di Sungai Pekalen. Tempat rafting di Indonesia ini telah populer sejak tahun 90an dulu. Untuk Anda yang belum pernah menjajaln rafting sama sekali tidak perlu khawatir asal Anda mengikuri prosedur keselamatan yang ada. Sungai Pekalen sendiri memiliki panjang hingga 12 kilometer dengan tingkat kesulitan 2 atau 3. Tetapi di beberapa lokasi sungai RedTraveler juga bisa menjajal tingkat kesulitan 4 hingga 5. Anda bisa mencapai salah satu tempat rafting di Indonesia ini dengan menempuh perjalanan dari kota Probolinggo yang terletak sekitar 25 kilometer dari Sungai ini.

Sungai Green Canyon

Keindahan-Green-Canyon-diapit-tebing-tinggi

Daerah Ciamis Jawa Barat juga memiliki tempat rafting seru yaitu Sungai Green Canyon. Memiliki nama Green Canyon karena tempat rafting di Indonesia ini terdapat ngarai indah berwarna hijau karena ditumbuhi oleh lumut. Selain itu, di sungai ini Anda juga bisa melihat keindahan alam berupa stalagtit dan stalagmite yang bisa Anda lihat langsung di sepanjang sungai. Pasti menarik sekali bukan untuk Anda berafting di sepanjang sungai Green Canyon. Anda memerlukan waktu sekitar 3 hingga 4 jam untuk mengarungi seluruh sungai ini.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat rafting di Indonesia yang bisa Anda coba. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s