Selain memiliki banyak tempat wisata menarik, Palembang sebagai salah satu kota Besar di Sumatera juga memiliki banyak tempat wisata kuliner yang lezat. Mulai dari pempek, durian hingga martabak enak bisa Anda dapatkan di kota ini. Semua kuliner enak ini juga dijual dengan harga yang terjangkau. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai wisata kuliner di Palembang yang bisa Anda coba.

Tekwan Lince

gambar 2

Salah satu kuliner lezat khas Palembang yang harus Anda coba adalah Tekwan Lince. Kuliner khas Palembang ini sudah sangat terkenal di Palembang juga di daerah lain. Inilah mengapa tidak sedikit wisatawan yang datang berkunjung ke Palembang makan pempek Lince ini. Tekwan Lince ini terkenal dengan kelezatannya karena diolah dengan bumbu racikan sendiri. Salah satu bumbu yang di menjadi ciri khas dari Tekwan Lince ini adalah sari kepala udang galah yang menjadikan kuahnya terasa sangat gurih. Campuran lainnya dari tekwan Lince seperti jamur kuping bengkoang hingga bunga sedap malam menjadikannya terasa sangat sedap. Anda yang sedang tidak di Palembang pun bisa mencoba Tekwan Lince ini dengan memesannya via online.

Mie Celor, Warung Aba

Mie-Celor-Poligon

Jalan-jalan ke Palembang juga jangan sampai lupa untuk mencicipi Mie Celor 26 Ilir HM Syafei. Berdiri sejak tahun1950 an tempat wisata kuliner di Palembang ini selalu menjadi rujukan bagi wisatawan yang jalan-jalan ke Palembang. inilah yang menjadikan Mie Celor ini sangat pouler bahkan hingga lintas pulau. Mie Celor sendiri merupakan kuliner berupa mie yang dicampurkan dengan kuah santan yang merupakan rebusan dari campuran udang ebi. Sajian Mie Celor ini semakin terasa lengkap dengan potongan telur dan taburan daun bawang dan bawang goreng.  Agak berbeda dengan mie kebanyakan lainnya, ukuran mie yang digunakan pada Mie Celor ini lebih mirip dengan Udon. Biasanya masyarakat yang ada di sini menyantap Mie Celor pada pagi hari.

Martabak HAR

Martabak_telur_Palembang

Wisata kuliner di Palembang berikutnya  yang herus Anda kunjungi adalah Martabak Har. Karena rasanya yang lezat tidak heran tempat makan yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung. Martabak Har  sebenarnya mirip dengan martabak telur yang disiram dengan kuah. Untuk kuahnya sendiri  dibuat dari racikan bumbu rempah-rempah. RedTraveler yang mencoba Martabak Har ini pasti akan kenyak karena isiannya yang terdiri dari telur bebek, daging cincang hingga sayuran seperti kentang. Mengenyangkan dan pastinya terasa sangat lezat sekali.

Laksan

laksan-bagus-1024x768

Laksan juga harus masuk ke dalam daftar wisata kuliner di Palembang yang bisa Anda cicipi. Sebenarnya, laksan ini merupakan sajian pempek lenjer yang disiram dengan santan kental dan pedas. Sekilas, laksan memang mirip dengan lontong sayur karena kuahnya yang bersantan dan berwarna merah. Terbayang bukan bagaimana lezatnya pempek gurih yang semakin sedap dengan siraman kuah santan pedasnya.

Burgo

maxresdefault (1)

Banyak yang mengira kalau Burgo ini mirip dengan Laksa karena tampilannya yang disiram juga dengan menggunakan santan. Meski terlihat sama tetapi sebenarnya kedua kuliner ini berbeda mulai dari proses pencetakannya hingga pemasakannya. Jika Laksan menggunakan pempek lenjer yang berbentuk bulat, Burgo sendiri dicetak berbentuk mie gulung yang kemudian diiris seperti lontong. Bagaimana apa RedTraveler tertarik untuk mencobanya?

Pesta Duren Palembang

buah_durian_montong

Selain kuliner seperti mie, pempek dan kuliner berkuah santan, RedTraveler juga harus mencoba Duren Palembang. Tidak hanya kawasan Sumatera Utara, Medan saja yang terkenal dengan Durennya, Palembang juga memiliki varian Duren tersendiri yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sini. Dari sekian banyak tempat di Palembang berkunjunglah ke sekitar Pasar Kuto Palembang yang menjadi tempat wisata kuliner di Palembang yang wajib Anda kunjungi. Duren-duren yang dijual di sini berasal dari beberapa daerah di Palembang seperti Muara Enim, Empat Lawang, Lahat, hingga Lubuk Linggau. Tidak hanya di makan langsung, di kawasan ini RedTraveler juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang terbuat dari durian seperti brengkes, tempoyak hingga lempok.

Pempek dan Lenggang Candy

pempek-palembang1

Yang terakhir dan yang mungkin menjadi ciri khas dari Palembang adalah Pempek. Kuliner khas Palembang ini sendiri merupakan makanan yang diolah dari ikan dan tepung kanji yang kemudian digoreng. Ada dua cara dalam menyantap pempek yaitu dengan disiram langsung dengan kuah dan dicelupkan dengan kuah. Ada banyak tempat  wisata kuliner di Palembang yang menjual pempek ini seperti salah satu yang cukup dikenal adalah Pempek Candy. Kuliner ini memiliki cita rasa yang renyah di bagian luar dan lembut pada bagian dalamnya. Bagaimana apa Anda tertarik mencoba pempek ini?

Itulah beberapa informasi mengenai wisata kuliner di Palembang yang bisa Anda kunjungi. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

2 thoughts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s