Seperti yang sering disebut oleh pecinta kuliner “there’s always room for dessert”, setelah menyantap hidangan dengan rasa pedas, asin, gurih dan rasa lainnya, tentunya kita akan lebih senang jika menutup hidangan dengan menyantap yang manis-manis. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mememilih dessert yang disuka. Ada yang lebih menyukai menyantap buah-buahan segar, ada yang dengan minuman manis seperti secangkir cokelat panas atau makan kue seperti banana bread, puding, dll. Mungkin Anda penasaran apa saja dessert yang menjadi unggulan masyarakat di berbagai Negara. Jika iya, kali ini RedDoorz akan memberikan informasi tentang dessert yang paling terkenal di dunia. Yuk simak selengkapnya!

Churros, Spanyol

Dessert di dunia 1

Churros merupakan makanan penutup yang berasal dari Spanyol dan sangat terkenal sehingga mulai memasuki dunia kuliner Amerika, Korea dan bahkan Indonesia. Churros terbuat dari tepung gandum dan bahan-bahan lain, dibuat dengan 100% minyak sayur non-kolesterol dan biasa dihidangkan ketika musim dingin. Churros tidak selalu tersaji di atas meja makan, tetapi makanan ini juga dapat ditemukan di bioskop dan pertandingan olahraga. Dessert yang berbentuk panjang seperti tongkat ini biasa ditaburi dengan bubuk kayu manis dan gula, sehingga rasanya sangat manis dan lezat.

Tiramisu, Italia

Cooking class - Divine tiramisu

Masyarakat Italia juga menyebut dessert ini dengan Siena. Kue ini tergolong unik karena tiramisu khas Italia tidak dibuat dengan adonan dan tidak melalui proses pemanggangan, melainkan biskuit yang direndam ke dalam lautan kopi dan keju mascarpone. Kemudian biskuit tersebut disusun dengan krim dan didinginkan di lemari es agar biskuit tidak mudah hancur ketika disantap. Menurut resep asli, kue ini sebenarnya tidak dicampur dengan alcohol, tetapi seiring dengan perkembangan budaya dari waktu ke waktu, kue ini diberi tambahan rum atau anggur.

Dorayaki, Jepang

Dessert di dunia 3

Pada mulanya, kue ini hanya kudapan sederhana di Jepang. Namun dorayaki kemudian sangat populer di Jepang akibat karakter anime Doraemon yang sangat menyukai kue ini. Dorayaki sebenarnya adalah kue bolu yang berbentuk bulat yang didalamnya berisi pasta kacang merah yang manis. Namun, beberapa tahun terakhir ini, isian dorayaki berkembang jadi berbagai rasa seperti cokelat, custard, vanila bahkan tuna mayo.

Cheesecake, Amerika Serikat

Dessert di dunia 4

Amerika mungkin dikenal sebagai surganya dessert. Dahulu, cheesecake hanya merupakan gumpalan keju manis yang sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Tapi, saat ini yang populer adalah kue keju dingin yang baru ada semenjak munculnya krim keju pada tahu 1872. Sejak saat itu cheesecake menjadi sangat populer.

Lamington, Australia

Dessert di dunia 5

Lamington adalah ikon kue nasional Australia. Kue bolu yang namanya diambil dari Lord Lamington yang menjadi gubernur Queensland pada akhir abad 19 ini dilapisi dengan coklat dan taburan kelapa. Sedangkan kue Lamington modern memiliki beragam isian seperti raspberi dan sangat mudah ditemui di berbagai super market Australia.

Baklava, Turki

Dessert di dunia 6

Baklava terbuat dari beberapa lapisan phyllo pastry yang diberi isi dengan kacang yang telah dicincang dan diberi madu atau sirup. Phyllo sendiri adalah lembaran adonan tipis yang terbuat dari campuran tepung, minyak, air, kuning telur, dan cuka. Sementara isiannya bisa berupa campuran dari beragam jenis kacang, seperti kacang tanah, pistachio dan kacang mede.

Victoria Sponge, Inggris

Dessert di dunia 7

Melihat namanya saja sudah sangat kentara bahwa kue ini diberi nama berdasarkan nama ratu Inggris, Ratu Victoria. Menurut cerita, Ratu Victoria diketahui sangat mennyukai memakan sepotong kue bolu sambil menikmati teh hangat di sore hari. Bukan hanya budaya teh di sore hari saja ternyata yang menjadi populer tetapi juga kue bolu yang dinikmati oleh sang ratu. Kue ini terbuat dari tepung terigu dan gula, kemudia disajikan dengan selai raspberi dan krim vanila.

Crème Brulee, Prancis

Dessert di dunia 8

Dikenal juga sebagai krim panggang, crème brulee adalah puding susu tebal yang bagian atasnya dibakar menggunakan obor sehingga menjadi caramel. Untuk membuat dessert ini sebenarnya sangat mudah. Bahan yang diperlukan hanya susu krim, kuning telur, gula pasir, gula merah dan ekstrak vanila. Semua bahan tersebut dimasak di atas api sedang dan sebelum disajikan diberi gula merah di bagian atasnya kemudian dipanggang.

Lapis Legit, Indonesia

Dessert di dunia 9

Kue lapis legit adalah salah satu kue Indonesia yang tidak dapat ditolak kelezatannya. Konon katanya, kue ini merupakan kue yang dibuat oleh para penduduk Belanda yang datang ke Indonesia pada zaman penjajahan. Kue hasil campuran kuning telur, mentega, gula dan tepung ini dibuat bertumpuk-tumpuk dengan warna lapisan yang berbeda. Umumnya, lapis legit memiliki dua warna, coklat keemasan dan coklat tua. Teksturnya yang empuk dan rasanya yang manis menjadi alasan mengapa kue ini menjadi primadona dikalangan masyarakat Indonesia.

Pribcesstarta, Swedia

Dessert di dunia 10

Prinsesstarta, atau Swedish Princess Cake, merupakan kue yang menjadi kebanggan bagi masyarakat Swedia. Sebab dalam perayaan tertentu, kue ini disajikan di hari terakhir dalam rangkaian satu minggu. Kue ini merupakan kue bolu yang berlapis dan disajikan dengan selai, puding dan krim ditiap lapisan. Kemudian diberi selembar marzipan berwarna hijau sebagai hiasan di atasnya.

Black Forest, Jerman

Dessert di dunia 11

Mendengar namanya mungkin orang berpikir bahwa kue yang saty ini berasal dari Inggris atau Amerika, namun ternyata nama ini adalah nama lain dari schwarzwalder kirschtorte yang berasal dari Jerman. Nama tersebut berasal dari nama sebuah liquor di daerah pegunungan Barat Laut di Jerman yang dibuat dari hasil suling buah ceri. Itu sebabnya black forest dengan cita rasa asli umumnya mengandung alcohol. Kue ini terdiri dari beberapa lapis kue bolu cokelat dan dilapisi dengan krim gula.

Itulah tadi informasi singkat mengenai dessert terpopuler di dunia. Untuk Anda yang akan berlibur di Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s