Banyak hal di Singapura yang menjadikannya sebagai destinasi favorit wisatawan Indonesia sejak lama. Beberapa diantaranya adalah karena jaraknya yang dekat, kotanya yang nyaman, system transportasi yang memadai dan tentunya banyaknya atraksi di kota ini yang tidak pernah membosankan meskipun telah didatangin berkali-kali. Namun, dua tahun terakhir ini Economist Intelligence Unit menobatkan Singapura sebagai kota termahal di dunia. Belum lagi dengan menguatnya kurs Dollar Singapura terhadap Rupiah sehingga membuat liburan ke Singapura tak terjangkau pleh kantong wisatawan Indonesia. Anda masih dapat sedikit lega, karena walaupun untuk masuk ke sebagian besar atraksi di Singapura memerlukan biaya, masih ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan secara gratis di Singapura. Apa saja sih? Yuk simak selengkapnya!

Tur Gratis di Bandara Changi

singapore gratis 1

Jika Anda memiliki waktu transit selama 5 jam atau lebih di bandara Changi, maka Anda bisa mendapatkan tur gratis keliling kota Singapura. Anda hanya perlu berkunjung ke booth Free Singapore Tour yang ada di Terminal 2 atau Terminal 3 untuk registrasi. Dengan tur gratis ini, Anda dapat berkunjung ke Singapore Flyer, Marina Bay Sands, Gardens by the Bay, Esplanade, Merlion Park, Chinatown, Little India, hingga Bugis, sambil menunggu penerbangan Anda berikutnya. Untuk tahu lebih banyak tentang Changi Free Tour, Anda bisa mengunjungi situs Bandara Changi di www.changiairport.com.

Belajar Sejarah dan Budaya Singapura

singapore gratis 2

Singapura punya banyak museum bagus yang wajib Anda kunjungi. Akan tetapi, karena mereka sangat terawatt dan seringkali dipenuhi agenda pameran, maka sebagian besar museum di Singapura mengenakan biaya masuk. Namun demikian, ada juga beberapa museum yang membebaskan pengunjung masuk dengan gratis, seperti Asian Cibilizations Museum dan National Museum of Singapore.

Selain itu beberapa museum lainnya di Singapore Art Museum dan ArtScience Museum memberkan akses gratis di beberapa hari tertentu. Wisatawan asing bisa masuk ke Singapore Art Museum secara gratis tiap Jumat pukul 18.00-21.00, sementara ArtScience Museum membebaskan biaya masuk tiap hari Senin pertama di setiap bulannya.

singapore gratis 10

Selain museum, Anda juga bisa mempelajari beragam budaya Singapura lewat beragam Heritage Trail Tour atau Free Walking Tour yang ditawarkan oleh masing-masing daerah budaya Singapura, seperti di Little India, Chinatown , ataupun daerah Katong dengan budaya Peranakannya. Bergabunglah juga dengan Free Walking Tour dari Singapore Footprints, di mana Anda bisa berjalan kaki mendengar kisah sejarah Singapura di Sepanjang Singapore River dan lokasi lainnya. Cari tahu jadwal dan rute Singapore Footprints di singsporefootprints.com.

Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat bersejarah ataupun tempat kebudayaan secara gratis, seperti Baba House dan Katong Antique House di East Coast, Buddha Tooth Relic Temple dan Sri Mariamman Temple di Chinatown dan Haw Par Villa di Pasir Panjang. Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke Raffles Museum yang ada di hotel bersejarah Raffles Hotel atau melihat Istana Presiden yang berlokasi di sebelah Plaza Singapura.

Bermain di Gardens by the Bay dan Singapore Botanic Garden

Singapore gratis 7

Anda bsa memasuki beberapa area di Gardens by the Bay secara gratis. Salah satu area yang banyak menarik perhatian dan dibanggakan kota ini adalah Super Tree. Selain melihat kemegahan Super Tree, saksikan juga Garden Rhapsody, yaitu sebuah pertunjukkan music dan cahaya Super tree mulai pukul 19.45 dan 20.45 setiap hari. Untuk menikmati Gardens by the Bay dan Singapore Botanic Garden, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, kecuali jika Anda ingin naik ke atas OCBC Skyway.

Piknik di Marina Barrage

singapore gratis 3

Sangat asik piknik di Singapura karena banyaknya taman dan area terbuka. Dua diantaranya adalah Marina Barrage dan Esplanade Roof Garden. Di Marina Barrage, Anda dapat piknik di lapangan luas sambil bermain layangan. Malamnya, Anda bisa naik ke Esplanade Roofe Garden sambil menikmati langit penuh bintang dan pemandangan malam kota Singapura yang indah.

Menikmati Singapura dari Ketinggian: ION Orchard Lantai 55

Singapore gratis 4

Sering ke ION Orchard untuk belanja? Tahukah Anda bahwa ION Orchard memberikan akses gratis ke lantai 55-nya? Anda bisa menikmati pemandangan Singapura dari ketinggian, sekaligus befoto-foto di sana. Caranya mudah, tinggal datang ke ION Orchard, naik ke ION Art Gallery di lantai 4, lalu naik lift lanjutan ke lantai 55. Voila, Anda bisa mendapatkan foto yang pasti berbeda daripada sebagian besar yang datang ke Singapura.

Mengikuti Festival Gratis

Singapore gratis 5

Singapura memiliki banyak festival yang bisa Anda ikut secara gratis, seperti Buskers di bulan September, Singapore Art Week dan Singapore Night Festival di bulan Januari, ataupun Mosaic Music Festival di bulan April! Lihat jadwalnya di yoursingapore.com untuk mengetahui acara yang akan berlangsung di Singapura, termasuk acara yang tidak memerlukan biaya.

Menonton Konser Gratis di Esplanade

Singapore gratis 6

Beragam pertunjukan berlangsung secara gratis di Indoor Concourse Area atau Outdoor Theater Esplanade, mulai dari konser music, tari, hingga teater. Di sini lah ajang para artis dan seniman lokal Singapura unjuk gigi. Buka situs web www.esplanade.com untuk tahu jadwal penampilannya dan menikmati acaranya.

Menikmati Pertunjukan Laser di Marina Bay Sands

Singapore gratis 8

Jika Anda belum pernah mengunjungi Singapore River di malam hari, kini saatnya Anda melakukannya. Selain pemandangan yang indah, Anda juga bisa menikmati pertunjukkan air dan cahaya dar Marina Bay Sands setiap harinya mulai pukul 20.00 dan 21.30 selama 13 menit. Tontonlah dari pinggir sungat sambil menikmati makan malam Anda, niscaya Anda mendapatkan pengalaman makan malam yang berbeda.

Mencari 8 Patung Merlion di Singapura

Singapore gratis 9

Patung Merlion yang ada di Merlion Park memang merupakan objek wisata yang paling terkenal di Singapura. Tapi tahukah Anda berikutnya ke Singapura sebuah petualangan! Carilah 8 merlion yang tersebar di seluruh Singapura; 2 di One Fullerton, 1 di Sentosa, 1 di Mount Faber, 1 di kantor pusat Singapore tourism Board, 1 di Woodlands, dan berlokasi di Ang Mo Kio Avenue. Anda pasti lelah, tetapi berita baiknya ini akan menjadi pengalaman yang baru, seru dan juga gratis!

Itulah tadi informasi singkat mengenai hal gratis yang bisa Anda lakukan di Singapura. Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s