Ada banyak pilihan tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Indonesia. Mulai dari wisata kota, kuliner, pemandangan hingga pedesaan, RedTraveler bisa menemukan keindahan indonesia di tempat wisata ini. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam desa wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang bisa Anda lihat di desa-desa wisata ini tetapi juga budaya dan keramah-tamahan penduduknya. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai desa wisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.

Desa Sade Lombok

desa sade

Untuk Anda yang ingin mengenal bagaimana kebudayaan suku sasak cobalah berkunjung ke Desa Sade. Desa wisata di Indonesia ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Lombok. Meski lokasinya terletak di jalan besar aspal yang sudah bagus, tetapi masyarakat yang ada di sini masih berpegang teguh dengan budaya dan adat istiadat yang ada di sini. Suasana tradisional juga masih terasa dari bangunan tempat tinggal para penduduk yang ada di sini yang menggunakan ijik di atap hinga anyaman bambu untuk dindingnya. Ada tradisi unik yang sering dilakukan oleh penduduk di Desa Sade Lombok ini yaitu mengepel lantai dengan menggunakan kotoran kerbau. Dengan cara ini mereka percaya kalau rumah mereka akan terasa lebih hangat dan jauh dari nyamuk. Unik sekali bukan?

Desa Wae Rebo NTT

55_full

Saat Anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, jangan lupa juga untuk berkunjung ke Desa Wae Rebo. Berada di ketinggian 1200 meter, desa wisata di Indonesia yang satu ini seperti surga yang berada di atas awan. Di sini RedTraveler bisa melihat 7 rumah tradisional berbentuk krucut yang  dihiasi dengan keindahan alam berupa gunung-gunung. Untuk sampai ke sini RedTraveler  bisa menempuhnya dengan perjalanan kaki selama kurang lebih 3 hingga 4 jam.  Karena lokasinya yang cukup terpencil, kadang RedTraveler yang datang ke sini tidak mendapatkan sinyal hp. Tetapi, jangan khawatir waktu Anda selama di sini tidak akan membosankan dengan menyaksikan keindahan alam yang ada di sini.

Desa Panglipuran, Bali

panglipuran

Tahukah Anda, kalau Desa Panglipuran, Bali pernah menerima penghargaan sebagai salah satu desa terbaik di dunia. Penghargaan ini tentu saja tidak diperoleh dengan mudah tanpa usaha untuk menjaga kebersihan dan mengelola fasilitas penunjang yang ada. Di desa Panglipuran Bali, RedTraveler bisa melihat arsitektur bangunan tradisional yang ada hampir di seluruh desa. Redtraveler sebenarnya bisa berkunung ke desa wisata di Indonesia ini kapan pun. Tetapi ada waktu-waktu terbaik yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke sini seperti saat menjelang Hari Raya Galungan. Pada saat tersebut Anda akan meliha jejeran penjor yang menghiasi setiap rumah di desa ini. Selain itu, para gadis yang ada di sinipun akan mengunaan baju Adat Bali dan membawa banten yang merupakan persembahan menuju pura.

(Baca Juga: RedDoorz near Dreamland Beach Uluwatu, Akomodasi di Bali Berfasilitas Lengkap dengan Harga Murah)

Desa Kete Kesu, Toraja  

toraja

Berkunjung ke Tana Toraja, Anda bisa berkunjung ke Desa Kete Kesu. Salah satu desa wisata di Indonesia ini memiliki rumah adat tradisional yang bernama tongkonan. Untuk masuk ke Desa Kete Kesu ini, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp  10.000 per orangnya. Atap dari rumah-rumah ini juga masih terbuat dari sabut yang dtumbuhi oleh tanaman. Ciri khas lainnya yang bisa Anda lihat dari rumah tradisional di sini adalah kepala kerbau yang memang dipajang di atas rumah. Selain itu, Anda juga bisa melihat upacara penguburan tradisional di kubur Tebing orang Toraja yang ada di sini.

Desa Sungai Nyalo, Sumatera Barat

Mandeh

Berikutnya ada Desa Sungai Nyalo di daerah Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang bisa Anda kunjungi. DEsa satu ini merupakan salahs atu desa dengan perkembangan tercepat. Di sini Anda bisa melihat keindahan pemandangan batu-batu yang berbentuk bukit dan pulau. Berkunjung ke sini RedTraveler bisa melihat pantai indah bernama carocak yang masih asri dan alami. Dulunya tempat ini merupakan sebuah kerajaan, inilah mengapa Anda akan melihat berbagai bentuk rumah tradisional di seluruh daerah ini. Kerena memang dibangun untuk kawasan wisata, desa ini pun telah terpilih sebagai desa berpretasi tingkat provinsi selama enam tahun berturut-turut.

Itulah beberapa informasi mengenai desa wisata di Indonesia yang bisa Anda jadikan tujuan wisata untuk berlibur. Kalau RedTraveler apa pernah berkunjung ke desa-desa yang di atas? Mana yang jadi favorit Anda sejauh ini? Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s