Perayaan hari raya Nyepi merupakan hal yang penting untuk warga Bali. Tahun ini perayaan tersebut jatuh pada tanggal 17 Maret 2017, persiapan Nyepi sudah banyak dilakukan di Pulau Dewata dari beberapa minggu sebelumnya. Keindahan budaya masyarakat Bali selalu menjadi daya tarik tersebdiri bagi para wisatawan lokal maupun asing. Tak jarang, ketika menyambut Tahun Baru Saka, para wisatawan selalu memiliki minat yang tinggi untuk datang ke Bali. Suasana Bali yang hening seperti pulau mati di kala Nyepi adalah hal yang dinanti-nanti wisatawan. Pasalnya, Nyepi dianggap spesial karena tak bisa dijumpai di Negara lain. Ada banyak hal yang menarik yang perlu Anda ketahui ketika berlibur ke Bali pada saat hari raya Nyepi. Apa saja? Yuk simak!

Catur Brata Penyepian

nyepi di bali 1

Ketika memperingati hari raya Nyepi, masyarakat Bali harus melaksanakan Catur Brata Penyemian, yaitu amati geni (tidak menyalakan api atau cahaya), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian) dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Catur Brata Penyepian dimulai sejak matahari terbit atau boasanya pada pukul 06.00 pagi hingga pukul 06.00 pagi esok harinya. Aturan-aturan tersebut diberlakukan di seluruh Bali termasuk hotel, jalan told an instansi pemerintahan. Bali akan sepi tanpa lalu lalang kendaraan dan tidak diperkenankan pula menyalakan kompor, pemantik api ataupun lampu. Lampu jalanan dan papan iklan juga dipadamkan. Bahkan TV dan radio juga tidak siaran. Rumah Sakit tetap buka guna antisipasi bila ada masyarakat yang memerlukan penanganan medis. Namun, kendaraan yang diperbolehkan bepergian hanyalah ambulans. Pecalang (polisi adat Bali akan berkeliling di wilayahnya masing-masing untuk memantau agar Catur Brata Penyepian tidak dilanggar guna tertibnya pelaksanaan Nyepi di Bali. Jika ada yang melanggar, akan ditegur atau diberi sanksi adat.

Ritual Menyambut Nyepi

nyepi di bali 2

Setidaknya ada tiga ritual yang biasa dilakukan umat Hindu Bali menjelang perayaan Nyepi. Umat Hindu Bali akan melaksanakan ritual Melasti yang bertujuan untuk membersihkan benda-benda yang disakralkan ke laut, danau atau sumber mata air. Ritual ini diadakan selama beberapa hari sebelum perayaan Tahun Baru Saka atau Nyepi, sambil membawa sesaji dan peralatan suci, diiringi alunan musik tradisional Bali yang bertalu-talu.

Ritual kedua yakni Upacara Tawur Agung Kesanga yaitu upacara pengorbanan suci atau menetralisir roh jahat agar tidak mengganggu kehidupan manusia. Upacara ini biasa dilakukan pada siang hari. Upacara dilanjutkan dengan mengarak ogoh-ogoh yang kemudian diarak keliling jalan. Sepanjang jalan yang dilewati parade akan ditutup hingga parade berakhir sekitar pukul 00.00 WITA. Usai parade, masyarakat akan kembali ke rumah atau penginapan masing-masing dan ritual Nyepi pun dimulai.

Batas Area Gerak

nyepi di bali 3

Jika Anda menginap di hotel yang berada di pusat kota, biasanya Anda masih diizinkan untuk melakukan kegiatan di luar kamar hotel. Jenis kegiatannya terbatas, dan tidak termasuk kegiatan-kegiatan di luar kamar hotel. Jenis kegiatannya terbatas dan tidak termasuk kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan suara bising. Namun jika Anda menginap di daerah yang cenderung lebih dekat dengan daerah pemukiman penduduk, seperti desa-desa di Ubud, maka Anda hanya diperkenankan beraktivitas di dalam kamar.

Bandara Tutup 24 Jam

nyepi di bali 4

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga tidak akan beroperasi selama pelaksanaan Nyepi di Bali. Jadwal seluruh penerbangan domestic dan internasional ditiadakan selama 24 jam. Tidak ada pula penjualan tiket pesawat bandara. Suasana bandara yang biasanya sangat sibuk akan sangat kontras menjadi sepi. Namun, tetap ada petugas yang berjaga untuk berantisipasi penerbangan darurat. Berhentinya operasi bandara di Bali saat Nyepi memang sudah lumrah setiap tahunnya. Maskapai penerbangan atau agen travel juga sudah memiliki strategi tersendiri agar system reservasi online-nya menuadakan jadwal penerbangat saat hari raya Nyepi.

Mesin ATM Dimatikan

A female hand taking dollar bills out of an ATM

Sebelum Hari Raya Nyepi, semua mesin ATM sudah dimatikan mulai pukul 18.00 Wita. Tentunya, uang tunai sangat diperlukan untuk membeli makan malam atau jajan sebelum Hari Nyepi tiba. Selain itu, sebaiknya Anda juga mencatat waktu tutup bank-bank yang terdapat di Bali, karena beberapa Bank mulai tutup satu hari sebelum dan satu hari sesudah perayaan Nyepi.

Tidak Ada Check in dan Check out Selama Nyepi

nyepi di bali 6

Hotel-hotel di Bali juga menerapkan aturan bahwa tidak ada tamu yang diperkenankan check in ataupun check out selama Nyepi. Hotel-hotel juga mengantisipasi dari jauh-jauh hari dengan menyertakan pemberitahuan di sistemnya bahwa tidak ada reservasi selama hari Nyepi. Jadi jika Anda berencana berlibur pada saat Nyepi, hotel-hotel akan memberlakukan aturan lama menginap minimal 2 malm, yaitu H-1 hingga H+1.

Penawaran Hotel

nyepi di bali 7

Karena minat wisatawan lokal dan asing untuk menikmati Nyepi di Bali cukup tinggi, banyak hotel yang menyediakan paket khusus Nyepi. Pemerintah setempat tidak melarang hal ini, namun dengan catatan tidak mengganggu umat Hindu yang sedang melaksanakan Catur Brata Penyepian. Selama Nyepi, wisatawan tidak diperbolehkan keluar dari lingkungan hotel.  Pasalnya, hotel-hotel yang menjual paket Nyepi tersebut juga diawasi secara ketat oleh para pecalang agar tidak mengganggu pelaksanaan Nyepi masyarakat Bali. Paket khusus Nyepi di hotel ditunjukan untuk wisatawan dari luar Bali, namun cukup banyak pula warga lokal non-Hindu yang tertarik dengan paket ini. Orang-orang yang merantau ke Bali biasanya memanfaatkan Nyepi untuk mudik, namun ada pula yang memilih untuk tetap di Bali dan bersantai di hotel menikmati paket khusus Nyepi.

Aktivitas Kuliner

nyepi di bali 8

Selain tidak diperkenankan keluar hotel untuk membeli makanan, seluruh kegiatan usaha termasuk restoran juga praktis berhenti beroperasi. Jangan kuatir, pihak hotel biasanya tetap menyediakan sarapan untuk para tamu. Untuk makan malam, mengingat penerangan sangat dibatasi, pihak hotel biasanya akan menyarankan para tamu untuk memesan makanan ke kamar (in-room dining).

Bebas Polusi

nyepi di bali 9

Peringatan Nyepi yang dilaksanakan seharian secara otomatis membuat Bali beristirahat selama 24 jam. Dampaknya adalah lingkungan bebas dari polusi suara maupun udara sehingga mengurangi emisi gas karbondioksida. Suasana malam Bali yang biasanya ramai dan terang lampu jalan akan menjadi gelap gulita sehingga langit terlihat bersih dan bintang-bintang pun terlihat jelas. Nyepi di Bali juga turut menghemat pengeluaran Negara dari penggunaan listrik, air, bensin dan gas yang seharinya memakan biaya milyaran rupiah.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat mengunjungi Bali di hari raya Nyepi. Nah, untuk Anda yang ingin berlibur di Bali, atau kota lain seperti; Bogor, Jakarta, Yogyakarta, Jogja, Solo, Semarang, Medan, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Malang, Lombok, Surabaya, dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s