Ada berbagai jenis moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk jalan-jalan. Semuanya tentu bergantung pada tujuan dan bujet perjalanan yang Anda tentukan. Mulai dari pesawat terbang, bus mobil travel hingga kereta api bisa menjadi alat transportasi yang nyaman. Untuk RedTraveler yang kebetulan ingin bepergian masih di kawasan pulau Jawa, selain menggunakan pesawat terbang, Anda juga bisa menggunakan moda transportasi lain seperti  kereta api. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan membahas mengenai tips liburan naik Kereta Api.

Beli Tiket Jauh Hari

img-6355-edit-jpg-56ce898181afbdbf2ee5f0d8

Mungkin hampir sama saat Anda menggunakan moda transportasi lainnya seperti pesawat terbang, bus dan mobil travel. RedTraveler juga harus membeli tiket kereta api jauh-jauh hari saat ingin liburan naik kereta api. Hal ini karena sangat berkaitan dengan ketersediaan tiket itu sendiri. Ada kalanya Anda bahkan harus membeli tiket satu bulan sebelum hari keberangkatan. Kelebihan lainnya saat Anda bisa membeli tiket kereta api jauh-jauh hari adalah Anda bisa memilih posisi duduk. Pastinya Anda mendapatkan posisi duduk yang nyaman karena perjalanan Anda menggunakan kereta api bisa hingga berjam-jam.

Pastikan Waktu Keberangkatan

 

pexels-photo (1)

Hal ini tentunya menjadi yang paling penting dari semuanya. Jika memang dari awal RedTraveler ingin bepergian menggunakan kereta api, sesuaikan dengan waktu Anda untuk membeli tiket. Dengan begitu Anda bisa memesan langsung tiket pergi dan pulang sekaligus. Selain ketersediaan tiket yang masih relatif terjangkau, Anda juga bisa lebih hemat waktu dan ketersediaan kursi yang masih banyak.

Bawa Barang Seperlunya

pexels-photo-463467

Tidak seperti menggunakan pesawat yang menyediakan kabin khusus untuk Anda yang membawa barang bawaan agak banyak, semua barang bawaan di kereta harus Anda angkut sendiri. Tas atau koper yang terlalu besar akan menyusahkan perjalanan naik turun kereta tentunya. Bawalah koper ukuran sedang atau duffle bag  yang tidak terlalu besar, agar tidak merepotkan. RedTraveler juga bisa menggunakan tas carrier untuk membawa barang bawaan Anda agar lebih ringkas dan bisa anda gendong. Untuk Anda yang ingin membawa barang-barang lainnya seperti dompet, tiket, hingga snack juga bisa menggunakan tas ransel.

Bawa Bekal Makanan Selama Perjalanan

pexels-photo-90893

liburan naik kereta api cukup memakan waktu hingga beberapa jam. Inilah mengapa penting untuk Anda membawa perbekalan yang cukup selama perjalanan. Meski sebenarnya pada kereta luar kota Anda akan menemukan banyak penjaja makanan mulai dari makanan ringan seperti kue hingga makanan seperti nasi dan lauk pauk, membawa makanan sendiri akan lebih praktis dan terjangkau. Anda tidak akan kehabisan dan tentunya harga makanan di kereta pasti akan lebih mahal.

Bawa Headset 

mobile-phone-samsung-music-39592

Selama liburan naik kereta api pasti Anda akan merasakan waktu-waktu jenuh. Untuk mengakali hal ini ada baiknya juga untuk membawa headset untuk sekedar mendengarkan musik atau menonton film dari gadget Anda. Dengan begitu, Anda bisa menikmati lagu kesukaan Anda tanpa harus menyusahkan penumpang lainnya.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

pexels-photo-374621

Saat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan Anda juga sangat penting untuk memperhatikan pakaian yang Anda gunakan. Perjalanan yang menghabiskan waktu hingga berjam-jam tentunya membutuhkan pakaian yang menyerap keringan dan memudahkan Anda untuk bergerak. Gunakanlah kaos dengan celana panjang seperti jeans atau celana katun. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa jaket tambahan saat Anda bepergian di malam hari atau cuaca sedang hujan atau dingin.

Perhatikan Tempat Duduk, Waktu Keberangkatan dan Jenis Kereta yang Anda Naiki

man-person-people-train

Inilah keuntungan untuk Anda yang sudah menentukan jadwal keberangkatan dan membeli tiket jauh hari saat ingin liburan naik kereta api. Anda bisa memilih posisi duduk selama di kereta entah itu di sebelah jendela, di tengah atau di pinggir selasar. Duduk di sebelah jendela menjadi pilihan yang oke untuk Anda yang ingin melihat pemandangan selama perjalanan. Berikutnya juga sangat penting untuk Anda tiba 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Dengan persiapan waktu tersebut, Anda bisa melakukan boarding pass, Anda bisa memastikan di jalur mana kereta Anda akan berhenti dan di gerbong mana Anda akan duduk.

Selalu Berhati-Hati

pexels-photo-234507 (dwnld)

Agak berbeda saat Anda menggunakan pesawat terbang yang barang bawaanya bisa Anda simpan dengan aman di bagasi. Saat Anda menggunakan kereta api, semua barang bawaan harus Anda bawa sendiri ke dalam gerbong. Inilah cukup penting untuk Anda tidak membawa barang bawaan terlalu banyak karena bisa mengundang kejahatan. Di kereta orang juga bisa berlalu lalang sepanjang waktu dan di malam hari saat Anda tidur, RedTraveler tidak bisa mengawasi barang bawaan Anda. Jadi lebih waspada dan berhati-hatilah saat Anda liburan naik kereta api.

Itulah beberapa infomarsi mengenai tips liburan naik kereta api. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s