Skip to content

Oleh-Oleh Khas Lombok yang Menarik Untuk Anda Bawa Pulang!

Jalan-jalan ke satu tempat memang kurang lengkap rasanya kalau tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Setiap tempat atau daerah memiliki benda atau makanan khusus yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Seperti halnya Lombok,  selain memiliki banyak destinasi wisata menarik, daerah yang satu ini juga memiliki banyak oleh-oleh khas yang menarik untuk Anda beli sebagai buah tangan. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai oleh-oleh khas Lombok yang bisa Anda beli.

Madu Sumbawa atau Madu Lombok

Copy of DSC00972

Madu memang dikenal sebagai salah satu produksi alam yang memiliki banyak khasiat. Dari banyak daerah di Indonesia Sumbawa atau Lombok menjadi salah satu produsen Madu berkualitas yang sudah dikenal. Madu sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti luka kanker, luka bakar, jerawat, radang perut, hingga sakit tenggorokan. Satu botol madu Lombok dijual dengan harga Rp 150.000 hingga Rp 375.000. Anda bisa menemukan Madu Lombok ini di berbagai tempat seperti halnya toko oleh-oleh yang ada di Lombok.

Dodol Rumput Laut

 

Dodol-Rumput-Laut-Kotak-180-g-1

Dodol yang satu ini memang benar-benar terbuat dari rumput laut. Dibuatnya dodoll rumput laut ini dengan alasan berdasar yaitu karena Lombok merupakan salah satu daerah penghasil rumput laut terbanyak. Dengan hasil yang melimpah tersebut, para penduduk yang ada di sini pun mengolahnya menjadi dodol. Ada berbagai macam rasa yang bisa Anda coba dari dodol rumpul laut ini diantaranya adalah wortel, jagung, nanas, jahe hingga semangka. Untuk rasanya sendiri bahkan oleh-oleh khas Lombok ini memiliki rasa yang variatif seperti segar hingga pedas. Biasanya dodol rumput ini dikemas dalam berbagai macam kemasan mulai dari keranjang, toples hingga boks. Dodol rumput  juga tersedia dalam kemasan parsel untuk Anda yang ingin memberi bingkisan lebih istimewa.

Kain Tenun Sasak

 

edited-dsc_0674

Satu lagi oleh-oleh khas Lombok yang menarik dan bisa Anda bawa pulang yaitu kain tenun Sasak. Oleh-oleh khas Lombok ini sendiri memiliki banyak motif dan dibandrol dengan harga yang beraneka ragam. Harga dari kain tenun sasak  dijual dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah bergantung dari tingkat kehalusan kain itu sendiri. Kain tenun sasak sendiri bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan mulai dari dikenakan langsung seperti songket hingga diolah kembali menjadi sebuah produk baru seperti pakaian, tas, taplak meja, hingga aksesoris ruangan. Pembuatan kain  tenun sasak ini juga telah membantu mengembangkan bisnis UKM yang ada di daerah Lombok sendiri. Bagaimana apa Anda tertarik?

Mutiara Lombok

mutiara

Kawasan Lombok yang memiliki garis pantai yang indah juga menyimpan keindahan menakjubkan di dasar lautnya yaitu Mutiara. Oleh-oleh khas Lombok ini memiliki karakteristik yang agak berbeda dengan mutiara jenis lain seperti bentuknya yang besar-besar dan warnanya yang berkilau sempurna.  Inilah yang menjadikan mutiara Lombok ini menjadi pilihan favorit tidak hanya bagi para kolektor perhiasan dalam negeri tetapi juga luar negeri. Tidak jarang Mutiara Lombok ini juga dibalut dengan emas sehingga membuat tampilannya menjadi semakin elegan. Tidak heran, mutiara Lombok bisa menembus angka yang fantastis.

Susu Kuda Sumbawa

1

Saat   berkunjung ke Lombok pasti Anda akan melihat pemandangan menarik seperti banyaknya kuda yang berlarian di bukit-bukit. Banyaknya jumlah kuda yang ada di sini pun diternak dengan baik oleh para penduduk yaitu dengan menghasilkan susu kuda.  Awalnya susu kuda ini populer pada tahun 1999 yaitu saat susu kuda  digunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti leukemia, paru-paru basah, tifus, kanker hingga bronchitis. Selain itu, penduduk di Lombok juga percaya kalau susu Lombok  juga akan menambah tenaga. Anda bisa membeli susu kuda ini dengan harga yang relatif terjangkau yakni Rp 15.000 hingga Rp 20.000 saja per botolnya.

Kerajinan Tangan Khas Lombok

DSC03073-copy

Ada lagi oleh-oleh khas Lombok yang bisa Anda bawa pulang saat berkunjung ke Lombok yaitu Kerajinan Tangannya. Lombok sendiri memang sudah lama dikenal dengan kerajinan tangannya salah satunya gerabah. Di Lombok sendiri keahlian mengrajin gerabah  diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Salah satu daerah penghasil gerabah yang sangat terkenal di Lombok adalah Desa Banyumulek. Di sini Anda tidak hanya akan membeli kerajinan gerabahnya saja tetapi juga cara pembuatannya dari awal hingga jadi.

Permen Susu Kerbau

Berburu-Permen-Susu-Kerbau-yang-Manis-Gurih-di-Sumbawa

Tidak hanya kuda, di Lombok para penduduknya juga banyak yang berternak Kerbau. Ternak-ternak para penduduk ini pun menghasilkan susu yang banyak sehingga penduduknya mengolah susu tersebut menjadi permen agar lebih tahan lama. Orang-orang di Lombok menyebut permen ini sebagai permen susu. Hingga sekarang pembuatan permen susu ini masih dilakukan secara tradisional. Menarik sekali bukan untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Itulah beberapa informasi mengenai oleh-oleh khas Lombok yang bisa Anda bawa pulang.  Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: