Skip to content

Kota Wisata Kuliner Nasional yang Sajikan Banyak Makanan Lezat!

Selain melihat pemandangan yang indah selama traveling tentunya Anda juga akan mencicipi berbagai menu khas di  tempat yang Anda kunjungi. Setiap daerah di Indonesia sendiri memiliki berbagai macam kuliner tradisionalnya sendiri. Daerah yang memiliki kuliner tradisional atau kota wisata kuliner nasional pun akhirnya ditetapkan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada beberapa waktu yang lalu.  Sebut saja kota-kota seperti Bandung, Bali, Jogja, Semarang dan Solo dipilih untuk masuk ke dalam daftar kota wisata kuliner ini. Meski begitu juga banyak kota di Indonesia yang memiliki banyak kuliner lezat. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Kota Wisata Kuliner Nasional.

Bandung

batagor-1

Berbicara tentang Bandung nampaknya Anda tidak akan bisa melewatkan kelezatan kuliner yang ada di sini. Bandung mungkin bisa dibilang menjadi salah satu kota wisata kuliner nasional yang memiliki banyak pilihan kuliner yang sangat variatif. Belum lagi banyaknya inovasi dari para pemudanya untuk membuat kuliner tradisional  yang ada di sini menjadi lebih unik. Inilah mengapa banyak wisatawan yang datang ke sini untuk tidak hanya mengunjungi tempat wisatanya saja tetapi juga wisata  kulinernya. Sekarang ini RedTraveler bisa mengunjungi berbagai tempat makan seperti café atau restoran yang menyajikan makanan khas Bandung. Sebut saja menu-menu tradisional seperti mi kocok, siomay, batagor, hingga karedok bisa Anda coba di sini.

Jogja   

gudeg-via-sereleaungu.blogspot

Selain Bandung, Yogyakarta juga masuk ke dalam kota wisata kuliner nasional yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata. Tentunya tidak ada yang protes kalau Yogyakarta merupakan kota wisata kuliner nasional yang memiliki banyak pilihan kuliner tradisional yang lezat. Sebut saja beberapa tempat seperti Malioboro dan sekitarnya Anda bisa menemukan banyak angkringan. Selain itu ada banyak tempat wisata kuliner lainnya yang memang terkenal seperti sate Klatak pak Pong, Gudeg Pawon, The House of Raminten dan masih banyak lagi yang lainnya. Lebih menyenangkannya lagi makanan yang ada di Jogja  dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan di daerah lainnya.

Semarang

maxresdefault

Masih berada di Pulau Jawa, yaitu tepatnya di Semarang, RedTraveler bisa menjajal banyak kuliner tradisional yang ada di sini. Di Semarang sendiri Anda bisa menemukan banyak kuliner legendaris yang lezat. Beberapa kuliner lezat tradisional yang bisa Anda coba diantaranya tahu gimbal, lumpia, bandeng presto, wingko babad dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, karena masih berdekatan dengan Solo dan Yogyakarta, Semarang juga memiliki kuliner berupa gudeg meski rasanya berbeda dengan Gudeg yang ada di Jogja atau pun Solo. Jangan sampai juga melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner kaki limanya.

Bali

bebek-tepi-sawah-restaurant-bali

Tidak hanya keindahan pantai, budaya dan keramahan masyarakatnya yang menjadi daya tarik dari Bali. Selain bisa menjadi tepat untuk menenangkan diri dari hiruk pikuknya kota, Bali juga dijadikan salah satu kota wisata kuliner nasional yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata. Di Bali sendiri Anda bisa menemukan banyak kuliner legendaris seperti Bebek Bengil, Warung Mina, Sanur Night Market, Nasi Ayam Kedewatan Mangku. Makanan yang ada di Bali juga sangat variatif mulai dari makanan akulturasi dengan suasana fine dining hingga makanan lezat dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong. Kapan lagi menikmati kuliner lezat dengan menikmati pemandangan seperti pantai atau pegunungan bersama teman dan keluarga?

 Solo

selat-solo-50321547

Kota di Indonesia satu ini juga masuk ke dalam salah satu kota wisata kuliner nasional yang juga ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata. Sebut saja beberapa kuliner seperti Selat Solo Mbak Lies, Timo Sastri, Srabi Notosuman hingga Tahu kupa Sholinin menjadi bisa Anda coba di Solo.Hampir sama dengan Yogyakarta, kuliner di solo juga dikenal memiliki harga yang sangat terjangkau. Beberapa tempat seperti alun-alun selatan Keraton Solo, sekitar stadion Manahan Solo, Pasar Gede hingga Pasar Kelewer menyajikan beberapa makanan tradisional yang lezat.

Malang

resep kuah bakso Malang

Berikutnya ada Malang sebagai salah satu kota wisata kuliner. Meski tidak masuk secara resmi sebagai salah satu kota wisata kuliner nusantara, Malang juga memiliki banyak sekali tempat wisata kuliner yang patut di perhitungkan. Sebut saja beberapa makanan asal Malang seperti Bakso Malang menjadi salah satu kuliner tradisional yang cukup populer. Sebenarnya tidak hanya bakso kuah seperti halnya bakso malang RedTraveler juga bisa mencoba banyak kuliner malang lainnya yang berbahan dasar bakso seperti halnya bakso bakar. Selain itu, RedTraveler juga bisa mencoba komoditi buah lokalnya Apel Malang yang juga banyak diolah menjadi berbagai kuliner lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai Kota Wisata Kuliner Nasional yang bisa Anda kunjungi. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: