Hendak kemana jika RedTraveler memiliki kesempatan untuk berlibur ke Bali? Selain Pantai, Bali menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi loh. Keindahan alam yang dipadukan dengan kebudayaan khas setempat yang masih terasa kental menjadikan Bali menjadi destinasi wisata budaya yang sangat potensial. Ada banyak tempat di Bali yang memiliki nilai kultur yang tinggi dan harus sekali RedTraveler kunjungi saat berlibur ke sana. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Wisata Budaya di Bali yang bisa Anda kunjungi.

Pura Tanah Lot

pura tanah lot

Tanah Lot mungkin menjadi salah satu tempat wisata budaya di Bali yang memang cukup ikonik. Wisata budaya ini merupakan sebuah pura yang terletak di atas batu raksasa yang juga dihiasi dengan tebing-tebing tinggi. Di atas pulau berbatu ini terdapat dua buah pura utama yang masih digunakan untuk sembahyang bagi umat Hindu hingga sekarang. RedTraveler yang ingin berkunjung ke Pura Tanah Lot bisa menjangkaunnya dari Kota Tabanan yang berjarak 13 kilometer dari sini. Tidak jauh dari lokasi, RedTraveler juga bisa melihat keindahan pura lainnya yaitu Pura Karang Bolong yang tidak kalah menarik.

Bedugul

8ygGi0Jw6z

Keindahan Bali kurang lengkap Anda eksplore lebih jauh tanpa mengunjungi Bedugul. Wisata budaya di Bali ini berlokasi di dataran tinggi yang diperindah dengan danau yang bernama Danau Beratan. Karena lokasinya ini, Anda pun bisa merasakan kesejukan udara di Bedugul ini. Di dalam Bedugul, RedTraveler bisa melihat sebuah pura yang bernama Pura Ulun Danu. Uniknya lagi tidak hanya pura saja yang ada di dalam Bedugul ini tetapi juga Mesjid yang diberi nama Al Hidayah. Menarik sekali bukan, dalam satu tempat Anda bisa menemukan dua tempat ibadah berbeda? Hingga sekarang kedua tempat ibadah ini masih digunakan dengan baik, RedTraveler pun bisa melihat bagaimana harmoninya kedamaian dua umat beragama di sini.

Museum Semara Jaya

semaraTidak hanya Pura dengan pemandangan alam yang Indah saja. RedTraveler juga harus mengunjungi Museum Semara Jaya selama berlibur di Bali. Siapa yang menyangka kalau bangunan dari museum ini dulunya merupakan sebuah gedung sekolah yang digunakan pada masa penjajahan Belanda. Di dalam Museum Semara Jaya RedTraveler bisa menemukan bebagai benda produk kebudayaan Bali seperti benda-benda peninggalan prasejarahnya. Di resmikan oleh Menteri Dalam Negeri RI pada tahun 1992, tempat wisata budaya berlokasi masih dalam satu kompleks dengan  Taman Gili. Di dalam Museum ini Anda bisa menelusuri tiga ruangan utama yang menghadirkan berbagai benda sejarah yang berbeda. RedTraveler bisa merelaksasi diri dengan bersantai di pelataran museum yang memiliki pemandangan indah.

 

Desa Truyan

kintamani

Jika Anda sudah sering melihat pemandangan pantai di Bali, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat wisata yang bertema pedesaan. Wisata budaya di Bali bertema pedesaan yang bisa Anda kunjungi adalah Desa Trunyan. Selama berlibur di sini Anda akan disuguhkan pemandangan Gunung Batur lengkap dengan danaunya yang berwarna hijau tosca. Desa Trunyan sendiri berlokasi di daerah Kintamani yang masih memiliki kultur budaya yang kental. Jadilah RedTraveler bisa merasakan eksotisnya suasana di Desa Trunyan ini.

Desa Tenganan

desa tenganan

Selanjutnya suasana pedesaan yang asri juga bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Desa Tenganan. Wisata budaya di Bali ini berlokasi tidak terlalu jauh dari kota Denpasar yang hanya berjarak 60 km. Desa Tenganan ini masih tergolong Bali Aga karena masyarakatnya masih memegang teguh tradisi yang ada di sini. Jadi jangan heran selama berlibur di sini Anda harus mematuhi peraturan yang ada ya. Ada baiknya untuk RedTraveler berkunjung ke Desa Tenganan ini pada bulan Januari, Februari, Juni hingga Desember.

Desa Penglipuran

penglipuran3

Berikutnya ada Desa Penglipuran yang menjadi wisata budaya di Bali yang cukup dikenal. Berlokasi di Gunung Batur Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung dan Danau Batur dari sini.  Di Desa Panglipuran Anda bisa melihat indahnya pedesaan yang tertata rapi. Udara yang ada di sini  juga masih terasa sejuk dan bersih karena adanya peraturan kendaraan dilarang untuk masuk ke areal pedesaan.  Untuk masuk ke wisata budaya di Bali ini Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Taman Air Sukasada

Taman_Sukasada_Ujung_2

Keindahan Taman Air Sukasada ini diperindah dengan pemandangan laut. Taman yang satu ini merupakan sebuah taman klasik dengan arsitektur yang unik. Desain taman Taman Air Sukasada merupakan kombinasi dari kebun khas Eropa dengan reruntuhan bangunan. Dulunya Taman air Sukasada ini merupakan  pemandian para Raja dan tempat peristirahata bagi delegasi dari kerajaan Karang Asem. Tidak jarang karena keindahannya Taman ini sering digunakan sebagai tempat foto prewedding.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata budaya di Bali yang bisa Anda kunjungi. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s