Skip to content

Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera

Selain memiliki pemandangan yang Indah dan pantai yang cantik, Lombok juga memiliki kuliner yang tidak lezat. Di sini Ada banyak sekali makanan tradisional dengan cita rasa yang serupa dengan makanan dari daerah Jawa atau pun Bali. Untuk Anda yang sedang jalan-jalan di Lombok jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan yang ada di sini. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai makanan khas Lombok yang bisa Anda coba.

Ayam Taliwang

maxresdefault

Makanan khas Lombok pertama yang bisa Anda coba adalah Ayam Taliwang.  Zaman dulu makanan yang satu ini merupakan makanan Sultan Sumbawa dari Kerajaan Karangasem. Ayam Taliwang sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi dikuping para pecinta kuliner karena sudah banyak restoran yang menjualnya. Nama Taliwang sendiri diambil dari salah satu tempat di Mataram, Karang Taliwang. Anda bisa dengan mudah menemukan ayam Taliwang diberbagai tempat di Pulau Lombok mulai dari restoran besar hingga rumah makan kaki lima.

Plecing Kangkung

plecing-kangkung

Satu lagi makanan khas Lombok yang sudah terkenal tidak hanya di kawasan Lombok saja tetapi juga di daerah lain yaitu Plecing Kangkung. Hal yang membedakan antara plecing kangkung di Lombok dengan plecing kangkung di daerah lain adalah kangkungnya sendiri. Kangkung Lombok memiliki tekstur yang lebih besar dibandingkan dengan kangkung lainnya. Selain itu, bumbu Plecing Kangkung juga termasuk sederhana yaitu cabai, tomat dan rempah-rempah lainnya. Setelahnya kangkung pun ditambah dengan kecambah atau tauge yang direbus setengah matang.

Sate Bulayak

sate-bulayak

Berikutnya ada Sate Bulayak yang masuk ke dalam makanan khas Lombok yang harus Anda coba. Sate Bulayak sendiri terbuat dari daging sapi yang penyajiannya dilumuri oleh bumbu khas sasak. Cara memakannya sebenarnya bisa menggunakan nasi tetapi masyarakat Lombok memakan sate ini dengan menggunakan lontong yang dibungkus spiral dengan menggunakan daun arena atau enau sehingga menimbulkan wangi yang khas. Uniknya lagi cara makan sate Bulayak ini berbeda dari cara makan sate yang lainnya. Di rumah makan nantinya Anda akan disuguhkan sendok dan garpu untuk mencocol bulayak ke dalam bumbu.

Kelaq Batih

kelq

Makanan khas Lombok ini berbahan dasar biji buncis yang dicampur dengan singkong muda. Unsur yang membuat Kelaq Betaih adalah bumbu rempah-rempahnya yang menggunakan regi beleq. Rempah-rempah ragi beleq ini merupakan campuran dari ketumbar, jahe, lengkuas, ketumbar, cengkeh, bawang merah, bawang putih, terasi, garam dan merica. Semuanya kemudian ditumis bersamaan dengan minyak kelapa dan daun singkong. Setelahnya, Anda pun bisa menikmati Kelaq Batih ini dengan menggunakan nasi hangat.

Sate Rembiga

lombok-classic-sate-rembiga1-1170x780

Nama Rembiga berasal dari nama sebuah daerah yaitu Rembiga dimana keluarga Raja Pejanggik yang ahli membuat sate. Keahliannya membuat sate ini diajarkan dari satu generasi ke genari lainnya. Dengan keahlian inilah banyak penduduk Lombok yang membuka usaha berjualan sate. Sate Rembiga sendiri terbuat dari daging sapi yang empuk. Biasanya sate ini disajikan dengan daun pisang yang semakin membuatnya terasa lebih sedap. Nikmatilah sate Rembiga saat masih hangat dengan lontong atau nasi putih.

Beberuk Terong

beberuk-snow

Selain daging dan ayam, makanan khas Lombok juga banyak yang terbuat dari terong. Sayuran yang satu ini memang cukup terkenal di Lombok. Banyak masyarakat sana yang memakan terong sebagai lalapan atau diolah seperti halnya menjadi Beberuk terong ini. Kuliner khas Lombok ini terdiri dari irisan terong, kacang panjang yang dicampur dengan sambal tomat. Sedangkan, untuk cita rasanya sendiri cenderung manis, asin dan pedas. Semua sayuran yang dicampurkan di sini merupakan sayuran mentah. Anda bisa menikmati Beberuk Terong ini dengan Ayam Taliwang.

Nasi Balap Puyung

KULINER KHAS LOMBOK Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung merupakan makanan khas Lombok yang berasal dari desa kecil bernama puyung. Sebenarnya Nasi Balap Puyung merupakan nasi campur yang terdiri dari suwiran daging ayam yang dimasak dengan cabai kacang kedelai dan taburan udang kering serta abon dan belut goreng. Bumbu dari kuliner lombok ini juga cukup sederhana dan terasa sedikit pedas. Anda bisa memenukan dengan mudah Nasi Balap Puyung ini di banyak lokasi di pinggir jalan, mulai dari warung biasa hingga rumah makan.

Ares Lombok

SAM_0183

Ares merupakan kuliner khas Lombok yang bahan dasarnya terbuat dari pohon pisang muda. Bahan dasar ini kemudian diolah dengan bumbu khasnya sendiri. RedTraveler bisa menemukan Ares Lombok di acara-acara adat. Selain itu, Anda juga bisa mencarinya di warung makan yang ada di Pulau Lombok.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Lombok yang bisa Anda coba. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: