Keindahan alam di Indonesia memang tidak ada bandingannya. Terletak dari Sabang sampai Marauke keindahan alam ini bahkan tersebar hingga ke bagian terluarnya. Pantai yang indah, air laut yang jernih, hingga biota lautnya yang cantik menjadi daya tarik utama dari beberapa pulau terpencil di Indonesia ini. Agar tidak diakui negara lain ada baiknya kita tetap menjaga kelestarian dan keindahannya. Selain itu, pariwisata juga bisa meningkatkan ekonomi di pulau tersebut. Nah untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai pulau terpencil di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.

Pulau Maratua

wisata-bahari-pulau-maratua-kaltim-by-ncharissa

Berlokasi di Berau, Kalimantan Timur, pulau yang satu ini berbentuk seperti huruf V yang terbalik. Posisinya ini bahkan menjadikan Pulau Maratua berbatasan langsung dengan Filipina dan Malaysia. Keindahan pulau terpencil di Indonesia ini tidak diragukan lagi lengkap dengan air lautnya yang jernih berwarna biru dan pantai pasir putihnya. Selama di sini ada berbagai kegiatan seru yang bisa Anda lakukan yaitu seperti snorkeling hingga menikmati keindahan pulau ini sendiri. Meski letaknya terluar dari Indonesia, Pulau Maratua sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. RedTraveler bisa menjangkau Pulau Maratua   dengan menggunakan penerbangan dengan tujuan Balikpapan untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke Berau Tarakan.

Pulau Nusa Barong

pantai nusa barong

Berbeda dengan Pulau Maratua yang menjadi tempat tinggal bagi suku Bajo, Pulau Nusa Barong  merupakan pulau tidak berpenghuni. Pulau terpencil di Indonesia ini memiliki potensi bahari yang sangat menarik. Selain itu, Pulau Nusa Barong   juga memiliki cagar alam berisi flora dan fauna yang cantik. Di dalam cagar alam ini Anda bisa menemukan empat ekosistem utama yang bisa anda lihat seperti hutan payau, hutan rawa, dataran rendah dan pantai.  Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai 16 spesies tumbuhan dan 20 spesies hewan. Untuk sampai ke sini, Anda bisa menjangkaunya dengan melakukan perjalanan darat dengan tujuan Jember yang kemudian Anda lanjutkan ke Tanjung Papuma. Dari sini Anda tinggal  menyebrang ke Pulau Nusa Barong.

Pulau Berhala

DSC_0595

Berikutnya, ada Pulau Berhala yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Dengan luas kurang lebih mencapai 2,5 hektar Anda bisa melihat pulau ini rimbun lengkap dengan berbagai flora dan faunanya. Pulau terpencil di Indonesia ini juga semakin indah dengan adanya batu cadas dan pasir putih yang membuatnya semakin terlihat eksotis. Jika Anda ingin melihat keindahan Pulau Berhala naiklah ke mercusuar yang ada di sini. Dari situ Anda juga bisa berkemah hingga melihat penyu bertelur. Selain itu, juga jangan melewatkan kesempatan untuk snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang yang ada di sini.

Pulau Asu

DSC_1253

Untuk Anda yang suka surfing atau berselancar bisa berkunjung Pulau Asu. Di sini Adna bisa melihat ombak-ombak besar setinggi 4 hingga 7 meter dan panjang hingga 200 meter. Tidak heran mengapa Pulau terpencil di Indonesia sering menjadi langganan bagi para peselancar lokal maupun internasional. Untuk Anda yang tidak suka berselancar, ada berbagai kegiatan lainnya yang tidak kalah seru seperti trekking keliling pulau, berjemur di pantai hingga berenang. Pulau Asu  sendiri juga termasuk sepi dan nyaman karena hanya di huni oleh 20 kepala keluarga saja.

Pulau Rondo

weh-island

Secara administrative Pulau Rondo  masuk ke dalam wilayah Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Bisa dibilang Pulau Rondo  merupakan titik territorial indonesia yang berbatasan langsung dengan ZEE. Dengan luas hanya sekitar 3 kilometer pulau ini tidak berpenghuni tetapi hanya dijaga oleh TNI AD. Keindahan alam yang ada Pulau Rondo memiliki karakteristik seperti pantai berpasir putih dan hutan yang lebat. Di sini RedTraveler bisa snorkeling, memancing hingga mengeksplore hutannya. Perairan yang ada di sini merupakan pertemuan antara arus selatan dan utara. Tidak heran Anda bisa menemukan banyak karang cantik dan ikan yang beraneka ragam di sekitar perairan Pulau Rondo . Untuk sampai ke pulau terpencil di Indonesia ini Anda bisa menjangkaunya dengan naik kapal motor dari kota Sabang.

Pulau Enggano

enggano-120Berlokasi di Kabupaten Bengkulu Utara, Pulau Enggano dihuni oleh enam desa tradisional. Keindahan pantai  di sini dilengkapi dengan air laut yang biru dan camping ground yang tidak kalah menarik. Sayangnya, karena posisinya yang terlalu luar ini, membuat kondisi Pulau Enggano  menjadi sedikit tidak terurus.  Semoga untuk meningkatkan pariwisata yang ada di sini pemerintah lebih memperhatikan fasilitas penunjang dan kondisinya ya.

Itulah beberapa informasi mengenai pulau terpencil di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s