Masyarakat Indonesia terkenal sering berkunjung ke Singapura sehingga membuat Negara yang terkenal dengan symbol singa ini menjadi salah satu Negara favorit para wisatawan. Hanya perlu kurang lebih 1 jam 40 menit untuk mencapai Singapura dengan menggunakan transportasi udara. Tak heran, perjalanan singkat seperti weekend getaway selalu menjadi opsi menarik bagi traveler dari Indonesia. Tak hanya itu saja, promo tiket pesawat pun sering ditawarkan oleh berbagai maskapai penerbangan. Menariknya, banyak wisatawan dari Indonesia yang tak pernah bosan untuk mengunjungi Singapura. Salah satu alternative yang bisa kami rekomendasikan untuk menghabiskan waktu berlibur Anda dalah dengan mencicipi berbagai kuliner khas Singapura. Nah, apa saja sih yang RedDoorz rekomendasikan? Yuk simak selengkapnya!

Chicken Rice

kuliner khas singapore 1

Sepertinya makanan ini paling banyak ditemukan di seluruh penjuruk hawker centre di Singapore. Menunya sederhana, kebanyakan berupa nasi hainam dan untuk lauk nya ada beberapa pilihan. Kebanyakan menggunakan ayam rebus yang dipotong-potong, tapi ada juga yang menggunakan roasted chicken. Kemudian disiram sedikit saus dan disajikan juga sambal, kecap dan cocolan jahe secara terpisah. Salah satu chicken rice yang terkenal di Singapore adalah Tian Tian Chicken Rice di Maxwell Food Centre.

Laksa Singapore

kuliner khas singapore 2

Laksa memang tersebar di Asia Tenggara khususnya di Malaysia, Singapore dan Indonesia. Tapi tiap daerah memiliki keunikannya masing-masing. Di Singapore ini yang terkenal adalah Laksa Katong yang merupakan kombinasi laksa peranakan dan lokal di daerah Katong. Pada dasarnya laksa yang dimaksut di sini merupakan golongan laksa kari yang biasanya terbuat dari sup berbahan dasar santan dan dipadukan dengan berbagai bumbu tradisional. Rasanya sendiri pedas dengan sedikit asam yang dapat menyegarkan lidah ketika menyantapnya.

Chili Crab

kuliner khas singapore 3

Kalau Anda tidak alergi dengan kepiting, Anda wajib joba kuliner khas Singapura yang satu ini! Chili crab merupakan hidangan kepiting yang disantap dengan saus dan bumbu dasar cabai. Sausnya yang kental dengan citarasa bawang putih dan cuka beras terasa semakin istimewa dengan tambahan telur. Walaupun namanya chili crab, namun citarasa pedasnya tidak sampai menyengan lidah. Kepiting yang digunakan biasanya adalah kepiting lumpur, namun terkadang bisa juga menggunakan kepiting soka. Anda bisa mencelupkan mantau ke dalam saus chili crab atau memakannya dengan nasi putih hangat.

Roti Prata

kuliner khas singapore 1

Makanan yang berasal dari India ini bisa menjadi teman makan setiap waktu. Roti prata sendiri cocok dimakan sebagai menu sarapan ataupun makan malam saat lapar karena biasanya kedai-kedai yang menjajikan makanan India sederhana ini buka 24 jam. Roti prata sebenarnya sangat sederhana, terbuat dari tepung yang diolesi minyak atau ghee. Yang membedakan roti prata ini garing diluar namun masih bisa ditarik seperti karet saat disobek. Roti orate biasa dipadukan dengan kuah kari tapi bisa juga dengan yang isian manis seperti coklat, pisang, gula, dll.

Fried Carrot Cake

kuliner khas singapore 5

Fried carrot cake atau dikenal juga dengan chai tow kway merupakan kuliner khas Singapura berupa potongan tepung beras dan lobak putih yang dikukus lalu digoreng dengan telus dan daun bawang seperti omelet. Meskipun namanya carrot cake, makanan ini sebenarnya tidak menggunakan bahan wortel. Ada dua jenis fried carrot cake, yaitu white fried carrot cake dan black fried carrot cake. Perbedaannya hanya yang ‘black’digoreng  menggunakan kecap manis sedangkan yang putih polos saja.

Claypot Rice

kuliner khas singapore 6

Kuliner khas Singapura ini bisa dibilang adalah nasi yang dibakar menggunakan mangkok tanah liat atau claypot. Untuk toppingnya sendiri Anda bisa memakai ayam, sosis atau daging sapid an telur. Yang paling enak dari claypot rice adalah pinggiran dan bagian bawahnya yang kering seperti kerak nasi. Tekstur unik ini lah yang menjadikan wisatawan mancanegara tertarik untuk mencobanya.

Hokkien Prawn Mee

kuliner khas singapore 12

Hokkien Prawn Mee diciptakan oleh para pelaut Hokkian dari Tiongkok Selatan pada masa setelah perang. Hokkien Prawn Mee ini merupakan mie kuning dan bihun yang ditumis bersama dengan bawang putih, telur, kecap asing, taoge, udang dan cumi. Mie yang dicelupkan ke dalam kuah kaldu, lalu direbus bersama seafood selama beberapa saat, lalu digoreng sampai agak kering dengan sedikit kuah. Untik citarasa yang lebih tajam, biasanya hokian prawn mee ini disantap bersama sambal cabai dan jeruk limau.

Bak Kut Teh

kuliner khas singapore 8

Bak Kut Teh merupakan hidangan yang terbuat dari iga daging babi yang dimasak dalam api kecil dengan kaldu bumbu dan rempah-rempah. Rempah-rempah yang digunakan antara lain adalah cengkeh, kayu manis, adas manis, biji adas dan ketumbar. Bak Kut The enak juga untuk menjadi teman makan nasi atau mie. Selain menyehatkan, kuliner khas Singapore juga nikmat karena mengandung banyak rempah-rempah. Salah satu bak kut the yang terkenal di Singapore adalah Song Fa Bak Kut Teh.

Uncle Ice Cream

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kalau yang satu ini sepertinya sudah jadi ikon jajanan di pinggir jalan Singapura. Disebut Uncle Ice Cream karena kebanyakan penjualnya adalah uncle-uncle (sebutan untuk paman/orang tua di Singapore). Sebenarnya Uncle Ice Cream ini sangat sederhana saja, es potong yang disajikan pakai roti tawar warna-warni atau bisa juga pakai 2 keping wafer tipis, tergantung selera. Ada lumayan banyak pilihan rasa, mulai dari jagung, vanilla, strawberry, coklat, dll. Untuk harga sendiri berkisar dari SGD 1-2 saja!

Itulah tadi informasi singkat mengenai kuliner khas Singapore yang bisa Anda coba ketika liburan. Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s