Bepergian memang menjadi momen yang menyenangkan apa lagi kalau kita pergi ke tujuan yang cukup jauh dan harus menggunakan transportasi selain darat, naik kapal misalnya. Untuk Anda yang belum terbiasa untuk naik kapal lain ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelumnya agar tidak terkena mabuk laut. Jangan biarkan liburan Anda terganggu karena mabuk laut. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tata cara atasi mabuk laut saat naik kapal laut.

Istirahat yang Cukup

pexels-photo-296817 ini

Sebenarnya mau ke mana pun dan naik apa pun sangat penting untuk Anda istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Kondisi badan yang fit akan memungkinkan Anda untuk menghadapi berbagai macam kemungkinan selama perjalanan Anda nantinya. Kondisi badan yang tidak fit akan membuat Anda mudah terserang gejala pusing dan mual.

Makan 30 Menit Hingga 1 Jam Sebelum Berangkat

pexels-photo-390403 - Copy ini

Selain itu, juga sangat penting untuk Anda mengisi perut 30 menit hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Tetapi perlu Anda ingat, isilah perut Anda secukupnya jangan terlalu banyak atau tidak makan sama sekali. Terlalu banyak makan bisa membuat Anda mual karena kekenyangan. Selain sebelum berangkat, juga penting untuk Anda membawa makanan selama perjalanan. Selama perjalanan naik kapal yang cukup lama ini jangan biarkan perut Anda kosong.

Minum Obat Anti Mual

pexels-photo-860378 (1)

Sebagai tindakan preventif juga sangat penting untuk Anda mempersiapkan atau minum obat anti mabuk. Minumlah obat anti mabuk 15 menit sebelum berangkat. Obat anti mabuk ini juga mengandung obat tidur sehingga Anda bisa beristirahat selama perjalanan. Untuk berjaga-jaga Anda bisa menyimpan obat anti mabuk di dalam tas jinjing yang Anda bawa agar lebih mudah untuk dijangkau saat diperlukan.

Duduk Di Dek Luar

pexels-photo-130998

Terkadang rasa mual terpicu dari terlalu lamanya Anda berada di dalam ruangan tertutup. Untuk mengatasi ini ada baiknya untuk Anda duduk di dek luar. Meski ada pilihan ruangan ber-AC RedTraveler bisa sesekali duduk di dek luar untuk mencari suasana baru. Di dek kapal RedTraveler juga bisa bersantai sambil membeli makanan dan minuman di kantin kapal. Berkeliling kapal juga bisa menjadi cara atasi mabuk laut selama perjalan naik kapal.

(Baca Juga: Kunjungi Lombok dan Nginep di RedDoorz Plus @ Airlangga Mataram yang Memiliki Fasilitas Lengkap)

Lihat Pemandangan Di Luar Kapal

pexels-photo-850310

Melihat pemandangan menjadi cara atasi mabuk laut lainnya yang bisa Anda coba. Hal ini tentunya memungkinkan jika Anda duduk di dek luar. RedTraveler bisa duduk-duduk di dek kapal sambil menikmati angin semilir dan pemandangan sekitar kapal yang pastinya akan mencegah Anda dari mabuk laut.

Duduk Searah Dengan Laju Kapal

home-image

Cara atasi mabuk laut berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan duduk searah dengan laju kapal. Pusing sering muncul saat Anda duduk berlawanan arah laju kapal. Posisi duduk dengan arah selaju dengan arah kapal akan mengurangi kemungkinan Anda untuk pusing dan kemudian mual dan muntah.

Hindari Aroma Menyengat

pexels-photo-446596

Sama halnya seperti transportasi umumnya, ada berbagai macam orang yang akan naik. Orang-orang ini tentunya membawa berbagai macam barang bawaan. Inilah yang menjadikan keadaan di dalam kapal sering memiliki aroma yang beraneka ragam. Untuk Anda yang tidak terbiasa dengan ini, cara atasi mabuk laut berikutnya dengan berpindah ke ruangan ber-AC untuk meminimalisir aroma-aroma yang menyengat tersebut. Selain itu, untuk berjaga-jaga juga sangat penting untuk Anda membawa minyak angin jika Anda mencium aroma yang agak menyengat tersebut.

Hindari Tempat yang Pengap dan Banyak Orang

itscrowded

Biasanya pusing dan mual sering timbul karena Anda duduk di tempat yang pengap dan banyak orang. Ruangan yang tertutup dan penuh orang bisa membuat persediaan oksigen di dalam ruangan menipis. Jika Anda memiliki kecenderungan untuk mudah mabuk laut hindari hal tersebut atau pindah ke ruangan ber-AC. Buat diri Anda senyaman mungkin selama perjalanan menggunakan kapal laut.

Pilihlah Tempat Dengan Sirkulasi yang Baik

pexels-photo-462075 (1)

Perjalanan menggunakan kapal laut akan memakan waktu yang tidak sebentar yakni bisa 45 menit hingga satu jam. Jadi, cukup penting juga untuk Anda memilih tempat duduk dengan sirkulasi udara yang baik. Jika Anda ingin menikmati pemandangan dan semilir angin, RedTraveler bisa duduk di dek kapal. RedTraveler bisa menikmati perjalanan Anda dengan duduk-duduk santai dan pastinya tidak akan pengap seperti di dalam ruangan.

Itulah beberapa informasi mengenai tata cara atasi mabuk laut yang bisa Anda coba. Apa Anda memiliki tips lain yang bisa dipraktikan? Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s