Selain Bandung, kawasan Jawa Barat juga memiliki daerah wisata lain yang tidak kalah menarik yaitu Cirebon. Tidak hanya menyajikan banyak tempat wisata yang indah, Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata kuliner terutama untuk Anda yang ingin membawa pulang makanan atau buah tangan untuk keluarga dan teman. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh  yang bisa Anda bawa pulang setelah liburan di Cirebon. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai oleh-oleh khas Cirebon yang bisa Anda beli.

Batik Cirebon

Batik-Trusmi-Metland-Hotel-Cirebon-4

Salah satu daerah di kawasan Jawa Barat ini juga cukup terkenal dengan kesenian salah satu hasil kesenian Cirebon sendiri adalah Batik Cirebon. Ada berbagai macam motif dan model dari Batik Cirebon mulai dari yang cetak hingga yang tulis. Ciri khas dari Batik Cirebon ini juga memiliki warna-warna yang cenderung cerah dibandingkan dengan batik dari daerah lainnya. Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk memperoleh oleh-oleh khas Cirebon ini seperti Trusmi. Di sini RedTraveler tidak hanya bisa membeli batik Cirebon saja tetapi juga belajar langsung bagaimana cara membuat batik.

Sirup Tjampolay

IMG_20160430_134409

Sirup yang satu ini mungkin sudah cukup dikenal sehingga sangat mudah ditemukan di pasar swalayan. Sirup Tjampolay sendiri merupkan oleh-oleh khas Cirebon memiliki rasa yang manis dan legit. Salah satu rasa yang paling autentik dari sirup Tjampolay ini adalah rasa pisang susunya. Tetapi, sirup Tjampolay juga tersedia dalam rasa lainnya seperti jeruk, mangga, nanas hingga frozen rose. Meski sudah memasuki era modern seperti sekarang, sirup Tjampolay masih bertahan dan kemasannya pun tidak berubah sama sekali.

Terasi Cirebon

Terasi-udang

Cirebon sendiri juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil udang. Inilah mengapa Anda bisa menemukan makanan olahan terbuat dari udang di toko oleh-oleh seperti terasi udang Cirebon. Biasanya satu kemasan terasi udang ini  dijual dengan harga Rp 15.000 untuk ukuran 3 ons. Selain itu, Terasi udang juga sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh karena cukup tahan lama untuk bisa Anda simpan atau bawa ke luar kota.

Tape Ketan Daun Jambu

001

Berikutnya ada Tape Ketan Daun Jambu yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Cirebon. Makanan yang satu ini terbuat dari ketan putih yang sudah difermentasi dengan menggunakan ragi. Untuk rasanya sendiri Tape ketan daun jambu cenderung manis dan asam. Alasan tape ketan dibungkus dengan menggunakan daun jambu karena daun jenis ini bisa membantu proses fermentasi dari tape itu sendiri. Tape Ketan Daun Jambu sendiri bisa Anda temukan di  Cibeureum, Jawa Barat.

Serabi Cirebon

IMG_0632

Cirebon memang terkenal dengan berbagai kuliner khasnya salah satunya serabi Cirebon. Meski sebenarnya oleh-oleh khas Cirebon ini juga bisa Anda temukan di daerah lain, serabi Cirebon memiliki cita rasanya sendiri. Makanan yang terbuat dari santan dan tepung beras serta parutan kelapa ini memang cocok untuk Anda yang suka dengan makanan manis. Cara memasak serabi Cirebon juga masih tradisional yaitu menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat dan cara membakarnya juga menggunakan kayu bakar. Ada berbagai topping dari Surabi Cirebon ini, untuk RedTraveler yang suka dengan makanan manis bisa mencoba topping kinca dengan campuran gula merah. Sedangkan, untuk Anda yang suka makanan asin bisa mencoba serabi dengan topping dage oncom dan oreg tempe. Unik sekali bukan? Anda bisa menemukan Serabi Cirebon  di dekat Karaton Kasepuhan dan di Jalan Pulaseran.

Kerupuk Udang  

H1-Kerupuk-Udang

Ada berbagai macam olahan udang yang bisa Anda temukan di Cirebon salah satunya adalah Kerupuk Udang. Oleh-oleh khas Cirebon ini memang menjadi pilihan yang oke untuk Anda yang akan bepergian jarak jauh. Berbeda dengan kerupuk udang produksi daerah lain, kerupuk udang khas Cirebon memiliki cita rasa udang yang lebih kuat. RedTraveler bisa membelinya dalam keadaan mentah agar lebih awet untuk Anda bawa pulang.

Rengginang

cara-membuat-rangginang-gurih

Selain kerupuk udang ada kudapan pendamping makanan lainnya dengan cita rasa gurih seperti rengginang. Oleh-oleh khas Cirebon ini terbuat dari nasi yang dikeringkan hingga menjadi kerak yang kemudian digoreng.  Ada berbagai pilihan rasa rengginang yang bisa Anda coba seperti rasa keju, terasi dan keju. Anda bisa memakan rengginang ini sebagai camilan atau pendamping makanan Anda.

Kue Gapit

2014-10-28 10.56.58

Untuk Anda yang suka dengan camilan bisa mencoba kue Gapit. Jika Anda suka dengan camilan khas Jawa Barat, makanan yang satu ini mirip dengan kue samping. Tekstur dari kue ini cenderung tipis dan renyah. Ada berbagai varian rasa yang bisa Anda coba dari Kue Gapit ini seperti rasa udang  rasa manis, rasa keju, rasa bawang , rasa balado hingga rasa keju. Cara pembuatan kue Gapit juga masih tradisional yaitu menggunakan lempengan besi yang telah dipanaskan.

Itulah beberapa informasi mengenai oleh-oleh khas Cirebon yang bisa Anda bawa pulang. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

2 thoughts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s