Gresik, kota yang masuk ke dalam wilayah Jawa Timur ini memang memiliki keindahannya sendiri. Tidak banyak yang mengetahui kalau kota Gresik memiliki satu pulau dengan deretan pemandangan cantik. Mulai dari pantai, danau hingga pulau-pulau sekitarnya bisa menjadi tujuan wisata yang bisa RedTraveler kunjungi. Keindahan alamnya yang masih asri pun juga menjadikan Pulau Bawean Gresik memiliki daya tarik. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Pulau Bawean Gresik yang bisa Anda jadikan destinasi wisata berikutnya.

Tentang Pulau Bawean

eksotika-pulau-mungil-pulau-lulubi

Nama Bawean sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti sinar matahari atau terang. Sejarah tentang Pulau Bawean bahkan berawal dari masa kerajaan Majapahit. Pada masa peperangan dulu, para prajurit Majapahit pernah terombang-ambing dan mereka menuju pulau Bawean sebagai pelabuhan. Saat para prajurit Majapahit sampai kemudian terucap kata Ba-we-an sebagai wujud rasa kagum kecantikan dari pulau ini. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal dari nama Bawean.

Pulau Gili

IMG_5227

Hampir semua pantai yang ada di Pulau Bawean Gresik masih jarang dikunjungi. Meski belum terlalu dikenal seperti Pantai di Pulau Bali, Pulau Bawean Gresik menyimpan kecantikan yang tidak kalah cantik. Karena masih belum banyak dikunjungi, kebersihan di Pantai Gili masih sangat terjaga. Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Gili untuk menikmati matahari terbit sekaligus matahari terbenam. Pulau Gili sendiri ditinggali sebanyak 700 kepala keluarga.

Penangkaran Rusa Bawean

penangkaran

Di Pulau Bawean Gresik Anda juga akan menemukan penangkaran Rusa Bawean. Rusa-rusa yang ada di sini merupakan satwa asli dan termasuk ke dalam jenis rusa langka. Penangkaran Rusa yang ada di sini memiliki luas kurang lebih 4 hektar. Meski masuk ke dalam kawasan penangkarang, para wisatawan yang datang ke sini dilarang untuk memberi makan karena rusa yang ada di sini merupakan rusa liar.

Tanjung Gaang

Panorama-Tanjung-Gaang-Dilihat-dari-Laut

Jika Anda ingin melihat kecantikan Pulau Bawean yang lebih eksotis cobalah berkunjung ke Tanjung Gaang. Lokasi dari Tanjung Gaang tidak jauh dari Sangkapura yaitu sekitar 8 kilometer. Ada 3 tempat yang menarik di sini, seperti; Tebing karang yang menjulang, hamparan batu karang hingga cantiknya air laut adalah deretan eksotisme di lokasi wisata ini. Untuk sampai ke sini, Anda bisa menjangkaunya melalui dua perjalanan yang pertama yaitu dengan menggunakan perahu carteran dan yang kedua adalah dengan trekking atau jalan kaki. Pasti akan sangat seru sekali bukan?

Pantai Ria

IMG_2097

Agak berbeda dengan pantai di Pulau Gili yang mungkin cenderung lebih sepi, Pantai Ria Bawean lebih ramai meski pada hari biasa. Sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang, Pantai Ria Bawena merupakan tempat berlabuh bagi para nelayan. Inilah mengapa hingga sekarang Anda akan melihat banyak perahu nelayan berlalu lalang di sekitar pantai. Kecantikan Pantai Ria juga dilengkapi dengan banyaknya bebatuan besar yang berada di pinggir pantai.

Danau Kastoba

DSCF1463

Selain pantai, Pulau Bawean Gresik juga memiliki keindahan lain yang harus Anda tengok yakni Danau Kastoba. Tempat wisata di pulau Bawean ini merupakan danau alami. Untuk Anda yang ingin melihat keindahannya secara langsung bisa melakukan trekking sekitar 500 meter. Danau Kastoba ini memiliki pemandangan yang cantik dan pastinya masih asri.

(Baca Juga: Liburan ke Semarang, Lebih Murah dengan Nginep di RedDoorz near Universitas Diponegoro)

Rute Menuju Pulau Bawean

dsc054701

Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa menjangkaunya dengan kapal laut. Ada satu pelabuhan yang bisa menjadi akses untuk menuju ke pulau Bawean. Untuk Anda yang posisinya jauh dari Gresik bisa pergi ke Surabaya dahulu.  Sedangkan, bila Anda dari Jakarta bisa naik pesawat untuk nantinya mendarat di Bandara Juanda. Kemudian untuk Anda yang naik kereta api bisa turun di Pasar Turi atau Gubeng.

Aktivitas Seru di Pulau Bawean

pexels-photo-878352

Ada banyak kegiatan seru yang bisa RedTraveler lakukan di Pulau Bawean Gresik. Dengan hamparan pantai pasir putih yang indah, Anda bisa memilih berbagai aktivitas misalnya berjemur. Perairan di sini juga sangat cantik jadi jangan sampai kehilangan kesempatan untuk melihat pemandangan bawah lautnya dengan berenang, snorkeling atau menyelam sekaligus. Anda bahkan dapat menjelajahi pulau ini dengan berkeliling menggunakan perahu. Bagaimana seru sekali bukan?

Itulah beberapa informasi mengenai Pulau Bawean Gresik yang bisa Anda kunjungi. Apa Anda pernah berkunjung ke sini? Spot mana yang paling menarik menurut Anda? Spot apa yang paling menjadi favorit RedTraveler di sini? Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s