Skip to content

Pulau Peucang Banten, Serunya Bersafari di Taman Nasional Ujung Kulon

Banten memang memiliki banyak keindahan alam salah satunya adalah Pulau Peucang. Jika Anda berkunjung ke sini suasana seperti hutan amazon, padang savana hingga pantainya menjadi spot-spot menarik yang bisa Anda kunjungi. Selain itu, Pulau Peucang  sendiri memang dikenal sebagai tempat penangkaran Badak bercula satu. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Pulau Peucang Banten.

Sekilas Tentang Pulau Peucang 

mdh.1427705950

Nama Pulau Peucang sendiri berasal dari nama satwa langka sejenis rusa yang jumlahnya banyak sekali di Pantai Peucang. Dalam bahasa Sunda nama Peucang sendiri berarti kancil. Karena banyaknya rusa atau kancil di pulau ini, jadilah pulau ini dinamakan Peucang. Pulau yang tidak terlalu jauh dari pesisir Banten ini, hanya memiliki luas sekitar 450 hektar. Hal yang menakjubkannya lagi keindahan Pulau Peucang ini telah terdaftar sebagai warisa dunia yang kemudian disahkan oleh UNESCO. Karena objek wisata di Banten ini tidak berpenghuni, RedTraveler akan merasa seperti sedang berlibur di pulau pribadi. Uniknya lagi, lokasinya yang masih masuk ke dalam Taman Nasional Ujung Kulon, Anda bisa melihat banyak hewan liar berkeliaran di Pulau ini.

 Tempat Penangkaran Rusa 

IMG_7901

Seperti yang sedikit disinggung di atas, Pulau Peucang juga dijadikan sebagai penangkaran Rusa. Di Pulau Peucang sendiri terdapat 49 ekor rusa yang dijaga kelestariannya. Terlebih lagi, fungsi dari penangkaran rusa ini sendiri diantaranya untuk penelitian, obyek wisata alam serta untuk objek foto hunting. Meski rusa-rusa tersebut masuk ke dalam tempat penangkaran, Anda harus tetap berhati-hati karena rusa ini adalah rusa liar.

(Baca Juga: RedDoorz @ Boulevard Residence BSD, Menawarkan Kenyamanan dan Lokasi Strategis di Tangerang)

Memiliki Padang Rumput yang Luas

Padang-Savana-Cidaon

Pemandangan lain yang akan Anda dapatkan saat berlibur di Pulau Peucang Banten  adalah padang savanna Cidaon. Objek wisata di Banten ini terletak di bagain barat Taman Nasional Ujung Kulon. Selama berkeliling Padang Savana Cidaon Anda juga akan melihat banyak hewan berkeliaran seperti merak hijau, sapi dan juga satwa-satwa lainnya. Jika beruntung, RedTraveler akan melihat badak bercula satu datang sesekali ke sini. RedTraveler yang ingin berkunjung ke Padang Savanna Cidaon bisa menempuh perjalanan sekitar 20 menit menggunakan perahu. RedTraveler juga bisa datang ke sini pada pagi hari untuk bisa melihat banteng, rusa hingga merak hijau.

Perairan di Sekitar Pulau Peucang Banten 

mengintip-bidadari-di-pulau-peucang-ujung-kulon-pandeglang-banten-2

Selain melihat hijaunya padang savanna yang ada di sini, RedTraveler juga bisa melihat menyelami bawah air Pulau Peucang. Perairan di Pulau Peucang Banten memiliki kecantikan berupa karang berwarna warna warni yang juga  dihiasi dengan ikan cantik berbagai jenis. Selain menyelam untuk melihat keindahan perairan bawah lautnya, Anda pun juga bisa berkeliling Pulau Peucang Banten dengan menggunakan perahu kano. Selama berkano, Anda akan disuguhkan pemandangan indah berupa hutan hujan tropis. Sesekali Anda bahkan bisa melihat buaya yang munjukan diri dari permukaan air dan ular phyton yang meliuk-liuk di atas pohon.

Tips Liburan ke Pulau Peucang Banten

aa54d41b1d1282bf05c70170b07e0080

Selama Anda berlibur ke Pulau Peucang Banten cobalah untuk menggunakan celana panjang dan sepatu tertutup. Anda juga harus berhati-hati kerena di sekeliling Pulau Peucang Banten, Anda akan melihat banyak monyet berkeliaran. Jadi, barang-barang seperti kacamata hitam, topi hingga kamera harus disimpan agar tidak diambil oleh kera-kera tersebut. Selain itu, selama berkeliling Anda juga harus membawa makanan dan minuman karena tidak ada warung atau satu pun rumah penduduk.

Kegiatan seru di Pulau Peucang

divers-scuba-reef-underwater-37542

Ada berbagai macam kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Pulau Peucang Banten diantaranya seperti:

  • Berkemah

Jika Anda ingin menjajal bagaimana rasanya bermalam di alam bebas, cobalah untuk berkemah di sini. Tetapi, perlu diingat kalau Anda memang ingin berkemah di sini, cobalah untuk memilih lokasi yang aman. Hal ini cukup penting untuk Anda pertimbangkan agar jangan sampai Anda diganggu hewan liar selama di sini.

  • Surfing

Ombak di sekitar Pulau Peucang cukup besar jadi akan cocok untuk RedTraveler yang suka surfing. Ada banyak spot menyelam menarik yang bisa RedTraveler jajal selama Anda berlibur di sini.

  • Diving atau Menyelam

RedTraveler yang ingin melihat keindahan bawah laut lebih dalam lagi bisa menyelam di sekitar perairan Pulau Peucang Banten. Karang-karang yang indah serta ikan-ikan yang cantik akan menjadi pemandangan indah yang bisa Anda lihat nantinya.

Itulah informasi mengenari Pulau Peucang Banten yang bisa Anda kunjungi. Apa RedTraveler pernah berkunjung ke sini? Spot mana menurut RedTraveler yang paling menarik? Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: