Filipina merupakan sebuah Negara kepulauan  dan terbagi menjadi tiga kelompok pulau besar, yaitu Luzon, Visayas dan Mindanao. Ketiganya terbagi lagi menjadi 18 daerah, 81 provinsi, 144 kota dan 1.490 kotamadya. Sama seperti Indonesia yang merupakan Negara kepulauan, Filipina pun memiliki banyak sekali pemandangan alam yang indah, terutama pantai. Sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak terlalu mengenal Negara ini. Nah, jika Anda berencana mengunjungi Filipina dalam waktu dekat, berikut ini RedDoorz akan merekomendasi berbagai pantai dan pulau terindah di Filipina yang bisa Anda kunjungi.

Palawan

pantai dan pulau terindah di filipina 1

Palawan merupakan sebuah provinsi yang berbentuk kepulauan dengan ibu kota Puerto Princessa. Palawan memiliki dua Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Tubbataha Reef National Marine Park dan Puerto Princessa Underground River, di mana yang terakhir juga menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia Baru. Selain Puerto Princessa, Palawan memiliki dua kota atau pulau lainnya yang terkenal yaitu El Nido dan Coron.

El Nido tadinya hanya populer di kalangan wisatawan lokal saja, namun kini El Nido mulai ramai dikunjungi oleh turis mancanegara. Dengan karakter bebatuan kapur seperti di Halong Bay, Krabi dan Guilin, serta resort di atas air di Maldives dan Ora Beach, El Nido juga terkenal sebagai salah satu destinasi honeymoon terfavorit warga Filipina.

Sementara Coron terkenal oleh situs diving-nya yang kaya akan terumbu karang dan bangkai kapal. Selain itu, Coron juga memiliki banyak laguna, danau, pulau dan pantai yag cocok untuk island hopping, snorkeling, maupun sekedar berenang. Ada Twin Lagoon yang warna airnya bisa berubah tergantung musim. Terdapat pula Kayangan Lake, salah satu danau terbersih se-Asia. Lalu Barracuda Lake yang menjadi favorit para penyelam karena situs diving-nya yang unik, yaitu bisa berubah suhu tergantung kedalaman air. Selain itu, Coron juga memiliki Malcapuya Island, Banana Islad Dan Bulog Beach yang cocok sebagai tempat bersantai karena pantainya yang sepi dan berpasir putih.

Samal, Davao

pantai terindah di filipina

Samal adalah sebuah pulau di kawasan Davao, Filipina. Kawasan tersebut memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih bersih dan lembut. Para wisatawan yang berkunjung ke Samal cenderung lebih menikmati untuk berjemur di pesisir pantai atau hanya sekedar duduk-duduk santai menikmati pemandangan. Pulau Samal juga memiliki legenda danau yang melahirkan kisah The Legend of White Rock, dimana legenda tersebut menceritakan kisah The Legend of White Rock, dimana legenda tersebut menceritakan sepasang kekasih yang hilang saat jalan-jalan ke lokasi ini. Bahkan ada juga beberapa tempat menarik seperti Gua Baga dan Poion Balete yang misterius.

Boracay

pantai dan pulau terindah di filipina 2

Jika Anda sering mencari informasi tentang Filipina, pasti sudah tidak asing lagi dengan Boracay. Bisa dibilang boracay adalah “Bali” nya Filipina. Dengan pantai berpasir putih dan laut berwarna biru cemerlang, tak heran Boracay selalu dipenuhi pengunjung ketika musim liburan tiba. Tempat wisata Filipina ini memiliki empat pantai yang cukup terkenal, yaitu White Beach, Puka Beach, Baling Hai Beach dan Bulabog Beach. Di antara keempat pantai tersebut, White Beach adalah pantai yang paling terkendal dan ramai pengunjung. Pantai tersebut juga berperan sebagai pusat komersial di Boracay. Sementaa Puka Beach adalah gambaran sempura dari sebuah pulau tropis, yaitu berpasir putih, memiliki air jernih dan sepi. Pantai ini cocok sekali untuk berpiknik sambil bersantai. Sementara Baling Hai Beach dan Bulabog Beach sesuai untuk Anda yang ingin bermain olahraga air, seperti; berenang, snorkeling dan juga kiteboarding.

Siargao Islands, Surugao del Norte

pantai dan pulau terindah di filipina 3

Kepulauan Siargao bagi masyarakat atau penduduk Filipina sudah sejak lama menjadi spot terbaik untuk berolahraga selancar. Tak hanya peselancar dari Filipina saja yang mengunjungi kawasan tersebut, bahkan turis asing serta peselancar luar negeri juga turut mencoba ombak laut di pantai yang ada di Kepulauan Siargao. Waktu terbaik untuk berselancar adalah antara bulan Agustus hingga September. Namun bagi para pemula sebaiknya datang pada bulan April hingga Mei karena ombaknya tidak akan terlalu tinggi. Bagi wisatawan yang tidak bisa berselancar, Anda bisa duduk santai atau berjembur dan bermain air di bibir pantai.

Caramoan, Camarine Sur

pantai dan pulau terindah di filipina 5

Pulau Caramoan di Camarine Sur sebenarnya masih belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Namun jika Anda mencoba berwisata di kawasan tersebut, Anda tidak akan rugi karena Caramoan menyimpan pesona keindahan yang sangat eksotis, tedapat laguna cantik, sungai bawah tanah, air terjunhinga gua-gua. Biasanya para traveler yang sudah mengetahui keberadaan Caramoan ini akan lebih sering melakukan aktivitas scuba diving untuk menikmati keindahan kehidupan bawah lautnya. Pasir pantai di kawasan Caramoan ini sangat bersi dan air lautnya juga jernih.

Pagudpud

pantai dan pulau terindah di filipina 6

Pagudpud adalah pulau yang berada di jarak 350 mil sebelah utara kota Manila. Kawasan tersebut memiliki pantai dengan pasirnya berwarna putih dan bersih. Pantai Pagudpun ini sering disamakan dengan pantai yang ada di Hawai. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan para wisatawan jika berkunjung ke sini, seperti berenang, bermain air, surfing atau boating. Bahkan juga bisa duduk santai menikmati keindahan kawasan pantai. Untuk Anda yang tertarik menginap di daerah ini, ada banyak resort yang disewakan dengan harga mulai dari Rp 400.000-an per malamnya.

Panglao, Bohol

pantai dan pulau terindah di filipina 7

Kawasan Panglao saat ini sudah cukup populer dan menjadi sasaran destinasi wisata bagi para traveler. Hal ini dikarenakan kawasan pantainya sangat cantik dan seru untuk di eksplore. Selain itu para wisatawan juga dapat menoton lumba-lumba dan melihat paus, snorkeling atau scuba diving bersama barakuda serta ular laut, hingga menikmati pemandangan dari formasi koral eksotis di bawah laut. Di sekitar kawasan pantai juga terdapat banyak tempat penginapan berjajar di sepanjang pantai, lengkap dengan layanan memuaskan yang ditawarkan oleh resort tersebut. Pantai Panglao juga teremasuk spot terbaik untuk menikmati indahnya panorama matahari terbenam.

Cebu

pantai dan pulau terindah di filipina 8

Ada yang bilang, ketika ke Cebu, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di pusat kotanya. Tetapi pergilah ke utara atau selatan di mana keindahannya berada dan nikmati lebih banyak waktu di sana. Anda perlu menyiapkan diri karena jarak antara pusat kota Cebu ke Utara maupun Selatan bisa memakan waktu 5 jam sekali jalan dengan menggunakan bus. Meskipun jauh tapi perlu diingat bahwa pengalaman yang akan Anda kenang tidak akan terlupakan ketika sudah sampai di tujuan.

Di Utara Cebu, terletak Malapascua Island, Bantayan Island dan Camotes Island. Malapascua Island adalah sebuah pulau kecil yang terkenal dengan situs diving dan juga pantai yang indah. Pulaunya yang masih sangat sepi membuatnya cocok untuk Anda yang lebih suka ketenangan dan menghabiskan waktu dengan bersantai saja mengelilingi pulau. Selain itu, Malapascua Island cocok untuk karena akomodasi murah yang tersedia sangat banyak.

Tidak terlalu jauh dari Malapascua Island, ada Bantayan Island yang berukuran lebih besar dan memiliki jenis wisata yang lebih banyak. Sementara Camotes Island memiliki karakteristik yang kurang lebih sama dengan Malapascua Island, hanya saja ukurannya lebih besar dan teridi atas empat pulau lainnya yang saling terhubung.

Di sebelah Selatan, ada Moalboal yang juga terkenal akan situs penyelamannya dan dua pantai indahnya, yakni Panangsama Beach dan White Beach. Di samping itu terdapat Oslob, yang terkenal akan whale-shark swimming-nya. Selatan Cebu memiliki Kawasan Falls, sebuah area yangdengan beberapa air terjut cantik di dalamnya.

Itulah tadi informasi singkat mengenai pantai dan pulau terindah di Filipina. Untuk Anda yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s