Membahas soal kuliner memang tidak ada habisnya. Jika mengunjungi satu Negara atau daerah pasti ada list makanan dan minuman khas yang harus kita coba, termasuk jajanan pengganjal perut. Salah satu yang paling digemari oleh traveler adalah menikmati cita rasa khas lokal melalui jajanan street food. Biasanya, street food banyak ditemukan di gerobak-gerobak makanan, troli, kios, kedai dan bentu-bentuk warung lainnya. Selain murah meriah, makanan-makanan tersebut juga punya rasa yang lezat dan unik. Nah, untuk itu RedDoorz akan membahas street food yang populer di berbargai Negara. Yuk simak selengkapnya!

Stroopwafels, Belanda

street food populer di dunia 1

Kudapan yang satu ini awalnya ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang tukang roti. Si pembuat roti menggunakan bahan sisa untuk membuat adonan stroopwafels kemudian memanggangnya menjadi dua adonan tipis. Biasanya sajian ini dilengkapi dengan kucuran sirup caramel yang membuatnya semakin lezat. Sampai sekarang, street food populer asal Belanda ini sudah terkenal di segala penjuru dunia.

Bahn Mi, Vietnam

street food populer di dunia 2

Bahn Mi sebenarnya adalah istilah yang dipakai untuk menyebut roti di Vietnam. Namun, seiring perkembangan zaman bahn mi menjadi lekat maknanya dengan salah satu menu makanan roti isi ala Vietnam. Street food populer ini tercipta dari kolonisasi Perancis ke wilayah Asia Tenggara, jadi bisa dibilang sebagai perpaduan cita rasa Barat dan Timur. Isian dari bahn mi bisa dibilang cukup beragam mulai dari daging, irisan timun, irisan wortel, daun ketumber dan diberi mayonnaise.

Ceviche, Peru                                             

street food populer di dunia 3

Masyarakat Peru sangat bangga pada jajanan yang satu ini. Bahkan ada hari libur yang khusus didedikasikan untuk ceviche. Resepnya sangat sederhana, potongan ikan mentah segar yang sudah direndam dalam jus jeruk disajikan dengan potongan bawang, cabe, garam dan lada. Karena kesegaran adalah kuncinya, makanan ini harus segera disantap begitu disajikan. Ceviche juga sering disajikan dengan kentang manis, selada, jagung dan alpukat.

Tteokbokki, Korea

street food populer di dunia 9

Bentuknya yang menyerupai sosis merupakan jajanan wajib yang harus Anda cicipi jika berkunjung ke Korea Selatan. Bahan dasar dari tteokbokki adalah kue beras yang potong-potong dan disajikan dalam saus pedas yang sudah dibumbui. Selain kue beras, bahan lain yang sering ditambahkan adalah telur rebus dan lembaran fish cake. Untuk rasanya sendiri dominan pedas, manis dan kenyal ketika masuk ke mulut. Biasanya, Anda akan dengan mudah menemukan penjual tteokbokki di dekat stasiun maupun pasar yang mengkhususkan menjual street food populer di Korea.

Poutine, Kanada

street food populer di dunia 5

Street food populer asal Kanada ini berasal dari provinsi Quebec. Poutine ditemukan di daerah Centre-du-Quebec pada akhir 1950-an. Beberapa restoran dari daerah tersebut mengatakan bahwa mereka adalah penemunya, tapi tidak ada bukti yang pasti. Sajian ini terbuat dari kentang goreng yang disiram kuah daging dan keju kental. Selain kuah daging, ada juga poutine dengan kuah ayam maupun kuah ala vegetarian yang terbuat dari berbagai campuran sayur. Poutine menjadi sajian tradisional dan yang paling disukan di seluruh Kanada.

Arancini, Italia

street food populer di dunia 6

Meskipun arti dari nama arancini adalah jeruk kecil, makanan yang satu ini sama sekali tidak ada hubungan dengan jeruk. Ternyata nama tersebut diambil dari bentuk dan warnanya yang menyerupa jeruk. Street food populer ini merupakan bola-bola nasi isi yang dilapis dengan tepung roti dan digoreng. Biasanya arancini diisi dengan daging dalam saus timat, keju mozzarella dan kacang polong.

Takoyaki, Jepang

street food populer di dunia 7

Siapa yang tidak tahu takoyaki? Street food populer khas Jepang ini sudah akrab di beragai kalangan masyarakat lokal dan juga wisatawan. Berbentuk seperti bola-bola kecil, takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi potongan gurita di dalamnya. Namun, beberapa tahun terakhir, para penjual takoyaki memberikan alternatif isian lain seperti keju, kepiting, smoke beef dan juga bacon. Kuliner ini biasanya dijual dalam satu set atau satu kotak yang berisi 6-12 takoyaki. Harga satu kotak biasanya berkisar JPY 300-500 atau sekitar Rp 35.000-55.000.

Nasi Goreng, Indonesia

street food populer di dunia 8

Nah, yang terakhir adalah nasi goreng! Tentu diantara Anda pasti pernah makan street food populer ini. Nasi goreng terbuat dari nasi yang digoreng dengan sedikit minyak yang kemudian dicampur dengan bawang merah, bawang putih, kecap dan sambal. Telur, daging ayam, udang, serta daging sapi atau kambing juga dapat dicampurkan ke dalam masakan ini. Dalam sebuah polling online yang diikuti oleh 35.000 orang yang dilakukakn pada tahun 2011 oleh CNN International, nasi goreng meraih juara kedua dalam daftar ’50 Makanan Paling Lezat di Dunia’.

Itulah tadi informasi singkat mengenai street food populer di dunia. Untuk Anda yang akan berlibur di Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s