Salah satu kawasan di bagian timur yang menyimpan keindahan alam di Indonesia adalah Papua. Bila selama ini Anda mengetahui Raja Ampat sebagai tujuan wisata di Papua, sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata menarik lainya yang bisa Anda kunjungi. Pantai, gunung hingga danau merupakan paket keindahan yang bisa Anda temui di sini. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Papua yang bisa Anda kunjungi.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Berkunjung ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Anda akan menemukan 196 jenis moluska dan juga  209 jenis ikan. Jika beruntung, saat menyelam di sini Anda bisa melihat hewan-hewan, seperti lumba-lumba, hiu hingga penyu. Selain itu, di area Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga terdapat beberapa pulau yang bisa Anda kunjungi, seperti Pulau Mioswaar, Pulau Numfor, Pulau Yoop, dan Pulau Nusrowoi yang memiliki kecantikannya masing-masing.

Danau Sentani

img_7429-copy-copy

Danau yang berlokasi di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops ini, memiliki luas sekitar 245.000 meter persegi.  Air Danau Sentani berasal dari 14 sungai yang bermuara di Jaifur Puay. Saking besarnya, di dalam Danau Sentani bahkan terdapat 22 pulau yang bisa Anda kunjungi. Salah satu pulau yang paling populer di sekitar danau ini adalah Pulau Asei. Di pulau tersebut, Anda bisa berbelanja berbagai kerajinanan khas Papua, seperti kain kulit kayu yang merupakan hasil kerajinan warga setempat. Anda yang berencana untuk berkunjung ke tempat wisata di Papua ini bisa datang pada bulan Agustus karena pada bulan tersebut rutin diadakan Festival Danau Sentani setiap tahun.

Lembah Baliem

SONY DSC

Berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, Lembah Baliem memiliki pemandangan indah berupa pegunungan Jayawijaya. Dengan panjang sebesar 20 km dan lebar 80 km, Lembah Baliem dihuni oleh populasi sebanyak 100.000 jiwa. Hampir sama dengan Danau Sentani, Lembah Baliem juga sering mengadakan festival. Festival Lembah Baliem sendiri merupakan ajang adu kekuatan antar suku yang tinggal di sini. Untuk melihatnya, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata di Papua ini setiap bulan Agustus.

Teluk Triton

Untitled-6

Tempat wisata di Papua berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Teluk Triton. Air di Telur Triton sangat jernih meski perairannya merupakan perairan dangkal. Saat menyelam di sini, Anda bahkan bisa menemukan karang berwarna-warni yang semakin mempercantik keindahan bawah lautnya. Teluk Triton  juga menjadi tempat tinggal dari beberapa suku, seperti Suku Yali dan Suku Lani. Uniknya lagi, saat berkunjung ke sini Anda akan menemukann mumi yang berusia 300 tahun.

Pulau Mansinam

mansinam

Jika Anda berbicara tentang sejarah Papua, pasti tidak akan lepas dari Pulau Mansinam. Dulunya, Pulau Mansinam menjadi tempat bagi para misionaris untuk menyebarkan ajaran Kristiani di tanah Papua. Hingga sekarang, Pulau Mansinam pun dikenal sebagai tonggak penting dari munculnya peradaban modern di Papua. Tempat wisata di Papua ini didiami oleh kurang lebih sekitar 800 jiwa. Salah satu hal yang paling ikonik dari Pulau Mansinam adalah Patung Yesus yang mirip dengan patung yang berada di Rio de Janiero Brazil.

Taman Nasional Lorentz

Taman-Nasional-Lorentz-2

Agak berbeda dengan Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Taman Nasional Lorentz  belum banyak dipetakan dan dijelajahi. Saking indahnya, tempat ini telah terdaftar sebagai salah satu situs Warisan Dunia UNESCO. Keindahan Taman Nasional Lorentz, juga dilengkapi dengan gletser yang berada di Puncak Jaya. Di sini Anda juga akan menemukan 34 vegetasi yang di dalamnya termasuk hutan gambut, hutan tepi sungai, hutan rawa, hutan hujan hingga pantai pasir karangnya. Dengan semua keindahan tersebut, diperkirakan taman nasional ini berusia sekitar 30.000 tahun.

Danau Painai

DANAU-PANIAI-PAPUA-3-humas.paniai.go_.id_

Selain Sentani, ada danau indah lainnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Danau Painai. Tempat wisata di Papua ini terkenal dengan panorama alamnya yang indah. Keindahan danau Painai bahkan masuk ke dalam konferensi danau se-dunia. Dengan luas 14.500 hektar, wisatawan bisa dengan bebas melakukan banyak kegiatan mulai dari bekeliling danau dengan perahu hingga kegiatan air lainnya. Ada berbagai jenis ikan yang bisa Anda temukan di Danau Painai diantaranya ikan pelangi yang sering menjadi incaran para nelayan karena memiliki nilai ekonomis tinggi.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Papua yang bisa Anda kunjungi. Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s