Indonesia memang penuh dengan berbagai macam keindahan alam yang luar biasa. Salah satu tempat wisata yang sedang populer sekarang adalah Taman Nasional Komodo. Selain menjadi tempat  untuk penangkaran komodo, tempat wisata ini juga memiliki hal menarik yang bisa Anda datangi. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan membahas tentang Wisata Taman Nasional Komodo yang bisa Anda kunjungi. Yuk simak bersama!

Sejarah Tentang Pulau Komodo

Komodo

 

Dahulu kala dikisahkan ada seorang putri yang bernama Naga yang kemudian menikah dengan seorang pemuda bernama Moja. Kemudian mereka pun dikaruniai sepasang anak kembar laki-laki, tetapi dengan bentuk yang  berbeda. Satu manusia dan satunya lagi berbentuk kadal. Bayi Kadal yang diberi nama Orah tersebut pun mereka asingkan ke sebuah pulau, sedangkan bayi manusia yang diberi nama Gerong mereka asuh.

Bertahun-tahun keduanya pun tumbuh besar. Gerong yang tidak mengetahui kalau dirinya memiliki saudara kembar seekor kadal pun tidak sengaja memburu saudaranya sendiri. Namun, akhirnya sang putri Naga menjegahnya dan memberi tahu Goreng hal yang sebenarnya. Semenjak saat itu, Komodo diperlakukan dengan baik di Pulau tersebut.

Kampung Wisata Komodo

Sailing-Komodo-3

Tidak hanya pemandangan Indah yang ada di Taman Nasional Komodo, Anda juga bisa melihat aktivitas para penduduk yang tinggal di sini. Desa ini sendiri memiliki nama Desa Komodo yang letaknya diluar Kabupaten Manggarai Barat dengan jumlah penduduk sebanyak 1.700 orang. Di Kampung Komodo, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti halnya membuat patung komodo untuk ke para wisatawan. Di sini RedTraveler juga bisa melihat secara langsung komodo yang ada di alam liar.

Pulau Kelor

l1100296

Meski hanya bukit, Pulau Kelor juga cukup menantang untuk Anda jelajahi keindahannya. Selain memiliki perbukitan dengan pemandangan indah, Pulau Kelor juga terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya. Di sini, Anda bisa melihat air laut yang jernih, perairan yang tenang hingga terumbu karangnya yang cantik. Anda bisa snorkeling atau sekedar berenang. Garis pantai yang panjang di Pulau Kelor juga menjadi tempat yang menarik untuk melakukan aktivitas seperti bola pantai atau voli pantai.

Gili Laba

Padar-Island-Komodo-Flores

Destinasi wisata di Taman Nasional Komodo lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Gili Laba. Tempat wisata di Taman Nasional Komodo ini menyajikan pengalaman seru berupa hiking ke puncak bukit. Anda bisa melihat keindahan laut dan pantai yang terbentang luas dari atas sini. Saat hiking di Gili Laba jangan lupa untuk membawa perbekalan seperti makanan dan minuman.  Pemandangan alam tersebut juga diperindah dengan banyaknya burung-burung yang merupakan hewan endemik di Taman Nasional.

Loh Buaya

dsc02626

Berikutnya, ada Loh Buaya yang menjadi pusat persebaran komodo. Jadi, Anda tidak perlu kaget kalau saat berkeliling tempat ini, Anda akan menemukan banyak Komodo berkeliaran. Meski masuk ke dalam kawasan Taman Nasional, wisatawan harus menjaga jarak aman dengan komodo-komodo tersebut karena mereka tetap termasuk hewan liar yang berbahaya. Anda bisa menjangkau Loh Buaya dengan menggunakan kapal laut dengan lama perjalanan selama 2 jam.

Pantai Pink

pink_11

Hal yang membuat tempat ini berbeda dengan yang lainnya adalah keunikan pasir pantai berwarna pink. Warna tersebut berasal dari adanya hewan miskrokopik bernama foraminifera yang tersebar di sepanjang pantai, begitu juga dengan terumbu karang berwarna pink terang yang ada di sini. Tidak hanya keindahan pantai saja, Pantai Pink juga memiliki keindahan alam berupa bawah laut yang menjadi tempat bagi berbagai jenis ikan dan ratusan terumbu karang dan biota laut.

Cara Ke Taman Nasional Komodo

DCIM100MEDIADJI_0208.JPG

Untuk sampai ke Taman Nasional Komodo, Anda bisa menggunakan pesawat terbang dengan turun di bandara Labuan Bajo. Ada beberapa penerbangan dari Jakarta yang menuju langsung ke sini. Sedangkan, untuk Anda yang tinggal di kota lain memang harus melakukan penerbangan ke Bali terlebih dahulu untuk nantinya melanjutkannya   ke Labuan Bajo.

Biaya penerbangan untuk sampai langsung  dari Jakarta ke Labuan Bajo sekitar Rp 1.170.000. Sedangkan, jika Anda dari kota lain seperti halnya Surabaya dan Yogyakarta, harga tiketnya akan berkisar Rp 1.100.000 hingga Rp 1.500.000. Untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan dengan kapal laut dari Tanjung Benoa bisa membeli tiket kapal seharga Rp 228.000.

Peraturan Saat Berkunjung ke Pulau Komodo

Pulau-Komodo-2

Ada beberapa hal  penting untuk Anda perhatikan saat berkunjung ke Pulau Komodo seperti:

  • Dilarang untuk memisahkan diri saat berkeliling Pulau.
  • Orang yang sedang menstruasi harus berhati-hati karena komodo peka dengan bau darah.
  • Jika dikejar komodo, lari ke rumah panggung terdekat.
  • Jangan menggunakan parfum karena penciuman komodo tajam.
  • Jangan berisik karena pendengaran komodo tajam.

Biaya Kepulauan Komodo

tiket masuk

Untuk masuk ke dalam Taman Nasional Komodo, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 7.500 hingga Rp 10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 200.000 hingga Rp 250.000 untuk wisatawan asing. Biaya tersebut belum termasuk pemandu wisatawan sebesar Rp 80.000.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung  

bajoimg-0106

Sebenarnya Anda bisa kapan saja liburan ke tempat wisata ini. Tetapi, untuk kenyamanan serta momen terbaik, ada waktu-waktu tertentu yang kami rekomendasikan. Untuk Anda yang ke sini dengan menggunakan kapal laut akan lebih baik melakukan perjalanan pada bulan Juni hingga Agustus karena pada bulan-bulan tersebut kondisi ombak sedang tenang. Selain itu, pada bulan Juni hingga Juli juga merupakan musim kawin para komodo.

Tetapi, untuk Anda yang ingin suasana lebih sepi, perjalanan pada bulan Maret hingga Mei juga bisa menjadi pertimbangan. Pada bulan-bulan tersebut, tanaman yang ada di sini akan berwarna hijau. Tidak seperti bulan Juni hingga Agustus yang berwarna kuning. Pada bulan Maret hingga Mei, jumlah komodo yang bisa Anda lihat juga lebih banyak karena bukan merupakan musim kawin.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Taman Nasional Komodo yang bisa Anda kunjungi. Apa Anda pernah datang ke sini? Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s