Bisa dibilang Lombok menjadi tempat wisata yang favorit di kalangan traveler. Di daerah ini, Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menarik mulai dari pantai, air terjun hingga gunung, seperti Rinjani. Dengan ketinggian lebih dari 3700 meter di atas permukaan laut, Gunung Rinjani menjadi tempat wisata primadona di Lombok sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai Gunung Rinjani yang bisa Anda kunjungi.

Tentang Gunung Rinjani

0-22

Gunung  Rinjani memiliki banyak keindahan  yang bisa Anda nikmati selama perjalanan. Sama seperti gunung pada umumnya, Rinjani memiliki suhu yang cukup dingin yaitu sekitar 20 derajat Celsius, bahkan bisa mencapai 10 derajat celcius. Karena itu, sangat penting  menggunakan jaket untuk mengatisipasinya.

Jika Anda belum memiliki pengalaman untuk mendaki Rinjani Lombok bisa menyewa paket tur yang terbagi menjadi paket pemula, profesional hingga setengah jalan saja. Paket ini sendiri menyediakan beberapa jasa seperti peminjaman tenda, alat masak hingga pembawaan barang.

Selama pendakian Anda akan melihat banyak pemandangan indah berupa hijaunya Rinjani Lombok. Flora dan Fauna yang ada di Gunung Rinjani sendiri berbeda-beda tiap ketinggian. Misalnya saja pada ketinggian 2000 meter Anda akan melihat cemara gunung dan pada ketinggian 3000 meter Anda akan menemukan banyak bunga edelweis. Selain itu, di gunung ini Anda juga akan melihat banyak fauna lainnya seperti ratusan jenis burung, rusa, landak hingga kera.

Desa Adat Senaru

Desa-Senaru-Lombok

Berkunjung ke sini, Anda akan menemui sebuah desa adat bernama Senaru. Desa ini sendiri terletak di jalur pendakian Gunung Rinjani. Jadi, tentu saja siapa pun yang ingin mendaki Rinjani Lombok akan melewati tempat wisata lombok ini. Masyarakat di desa Senaru masih sangat menjaga kelestarian dan budaya . Hal ini terlihat dari pembangunan rumah i yang masih menggunakan penanggalan atas bawah. Tidak hanya itu, kuliner yang ada di desa adat Senaru juga masih tradisional.

Air Terjun Tiu Kelep

img_02431

Selain desa Adat, keindahan Rinjani Lombok juga dilengkapi dengan Air Terjun Tiu Kelep yang indah. Tempat wisata Lombok satu ini semakin populer pada tahun 2016 setelah banyak pendaki  datang ke sini. Untuk mencapai Air Terjun Tiu Kelep, Anda harus melakukan trekking dengan melalui hutan berpemandangan cantik. Air terjun Tiu kelep ini semakin indah dengan bentuknya yang berundak-undak. Biasanya para pendaki yang melewati air terjun ini memanfaatkannya untuk mengisi perbekalan air. Untuk Anda yang ingin melihat air terjun tersebut harus mempersiapkan kondisi prima karena medan menuju air terjun cukup sulit.
Pusuk Sembalun

Foto8473

Saat mendaki Rinjani Lombok, Anda juga akan melewati Senaru Sembalun yang merupakan salah satu gerbang pendakian menuju puncak. Pusuk Sembalun sendiri berada diketinggian 1250 mdpl yang disekelilingnya terbentang perbukitan hijau dan lembah. Di sini juga terdapat sebuah gardu pandang yang memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan. Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk menjangkau Pusuk Sembalun yaitu melalui jalur utara dan timur. Anda bisa berangkat dari Mataram untuk rute yang lebih dekat. Tetapi, dari rute ini tidak banyak yang bisa Anda lihat. Berbeda halnya jika anda berangkat dari utara dengan melewati pantai utara seperti Kerakas dan Tampes.
Bukit Pergasingan

7de99121833dcd85cd91145e8a712b5a

Untuk Anda yang sudah cukup sering ke Rinjani Lombok pasti tidak asing lagi dengan Bukit Pergasingan. Biasanya para pendaki yang ingin ke Rinjani Lombok melalui trek ini sebagai pemanasan. Dengan ketinggian 1700 mdpl, tempat wisata di Lombok ini menawarkan pemandangan berupa lanskap hijau dan sering dijadikan tempat untuk melihat matahari terbit. Dari Mataram, Anda bisa menuju ke bukit ini dengan lama perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam. Meski hanya sebuah bukit, Anda harus berhati-hati karena medan Bukit Pergasingan memiliki ketinggian hingga 60-70 derajat. Bukit Pergasingan cukup menantang untuk Anda para pendaki pemula yang mencoba untuk trekking atau hiking.

Rute Menuju Gunung Rinjani

Rinjani

Untuk sampai ke  Rinjani Lombok Anda bisa menggunakan beberapa moda transportasi darat atau pun laut. Anda yang datang ke sini dengan menggunakan pesawat terbang bisa mendarat di Bandara Internasional Lombok. Setelahnya, Anda bisa melalui jalur darat atau pun laut untuk sampai ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

Itulah beberapa informasi mengenai Gunung rinjani yang bisa Anda kunjungi. Apa Anda pernah ke Gunung Rinjani? tempat wisata mana yang paling sering Anda kunjungi di Rinjani Lombok?  Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s