Banyak yang mengatakan bahwa kuliner khas Thailand termasuk sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Wisatawan dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia, seringkali sengaja datang ke Thailand hanya demi mencicipi berbagai macam hidangan yang enak-enak ini langsung di tempat asalnya. Selain lezat dan kaya rasa, berbagai makanan tersebut juga dijual dengan harga yang murah dan dapat Anda temukan dengan mudah di setiap sudut kota Thailand.  Nah, sebelum datang ke negara Gajah Putih ini, yuk intip rekomendasi kuliner khas Thailand yang bisa menggoyang lidah Anda !

Phad Thai

kuliner khas thailand 1

Makanan ini pertama kali dikenal di Thailand pada masa kerajaan Ayutthaya. Pad Thai sendiri diyakini berasal dari Cina atau dari Vietnam. Terdiri dari mie yang terbuat dari beras, telur, tahu, asam jawa, saus ikan, bawang putih, cabai, gula palem dan kacang kedelai, Pad Thai juga biasa diberikan topping berupa potongan ayam, udang, ataupun kepiting. Di Thailand, makanan ini bisa ditemukan di berbagai restoran hingga warung kaki lima.

Guay Theow Reua

kuliner khas thailand 2

Guay theow reua berarti mie perahu dalam Bahasa Indonesia atau lebih dikenal sebagai Thai boat noodle. Mie ini diberi nama demikian karena jaman dulu para penjual mie ini berjualan di atas perahu. Tapi sekarang, mie ini bisa Anda temukan dengan mudah di jalan-jalan kota Bangkok. Guay teow reua adalah mie kuah yang disajikan dengan ayam, babi, atau sapi dan ditambahkan dengan tauge dan daun bawang. Tapi biasanya, mie lezat ini disajikan dengan porsi sedikit, dengan menggunakan mangkuk kecil. Makanya, banyak orang yang akhirnya membeli lebih dari satu porsi supaya perut terisi penuh.

Tom Yum

kuliner khas thailand 3

Sup khas Thailand ini begitu populer dan bahkan telah mendunia. Tom yum memiliki rasa yang kuat karena dibumbui dengan berbagai rempah-rempah seperti serai, laos, jeruk nipis, saus ikan, daun jeruk dan juga cabai. Kuah yang kental dan berbumbu ini, semakin lengkap dengan potonga cumi, udang dan jamur. Tom yum asli Thailand biasanya memiliki rasa pedas dan sedikit asam. Anda memang bisa menemukan banyak restoran yang menjual kuliner ini di Indonesia, tapi akan berbeda sensasinya kalau makan tom yum langsung di Negara asalnya.

Nai Mong Hoy Tod

kuliner khas thailand 4

Kalau dilihat, makanan satu ini memang mirip telur dadar atau omlet biasa. Tapi yang membuatnya berbeda adalah tambahan daging kerang yang kenyal. Maka dari itu, banyak yang menyebuat nai mong hoy tod  dengan oyster omelette atau shellfish omelette. Kuliner khas Thailand ini lebih cocok dijadikan sebagai camilan, jadi kalau Anda belum begitu lapar tapi tetap ingin makan sesuatu, ini adalah pilihan tepat. Biasanya nai mong hoy tod disajikan dengan saus untuk dicocol sebagai pelengkap.

Khao Pad Poo

kuliner khas thailand 5

Dilihat dari wujudnya, makanan ini memang terlihat  seperti nasi goreng pada umumnya. Tapi jangan salah, soalnya khao pad poo bukan nasi goreng biasa. Nasi ini beraroma bunga melati karena memang dimasak menggunakan campuran bunga melati, ditambah dengan perasan jeruk nipis, telur, garam, gula, saus tiram, kecap dan saus ikan. Beberapa variasi kuliner khas Thailand ini ditambahkan dengan potongan ayam, daging babi, kepiting, udang ataupun ikan.

Som Tam

kuliner khas thailand 6

Som tam adalah salad khas Thailand terbuat dari serutan papaya muda yang diberi bumbu. Bumbu untuk salad ini antara lain cabai, gula palem, saus ikan dan perasan jeruk nipis. Selain serutan papaya muda sebagai bahan utama, bahan pelengkap lainnya yang ditambahkan, terdiri dari udang kering, tomat, kacang panjang, terong bulat dan kacang sangrai yang ditumbuk kasar. Makanan populer di kalangan masyarakat dan wisatawan ini cocok sekali untuk dijadikan makanan ringan saat berlibur di Thailand yang udaranya panas. Rasanya pasti bikin Anda ketagihan.

Kanom Krok

kuliner khas thailand 7

Kanom krok merupakan kue kelapa yang dimasak dengan penggorengan bulat yang memiliki bolongan-bolongan kecil seperti penggorengan untuk memasak Takoyaki. Kue ini terdiri dari bahan-bahan sederhana seperti tepung, santan, gulan, garam, dan gula aren. Biasanya ditambah juga dengan taburan daun bawang di atasnya. Biasanya Anda akan dengan mudah menemukannya di berbagai pasar kuliner Bangkok.

Serangga Goreng

kuliner khas thailand 8

Ingin kuliner yang lebih ekstrim? Cobalah untuk makan serangga goreng! Kalau ke Thailand, pasti Anda akan menemukan kudapan unik ini di pasar-pasar atau warung kaki lima yang biasanya ditempatkan di atas nampan-nampan. Ada berbagai jenis serangga goreng yang dijual, seperti jangkrik, ulat kayu, ulat bamboo, belalang sampai kecoa. Kalau Anda tidak jijik dan penasaran dengan rasa serangga-serangga ini setelah digoreng, makan wajib untuk mencobanya! Rasanya gurih dan juga renyah loh.

Kha Niew Ma Muang

kuliner khas thailand 9

Pengen makan dessert setelah melahap hidangan-hidangan lezat? Khao niew ma muang ini juaranya. Ketan yang disajikan bersama potongan mangga segar dan krim santan yang manis ini termasuk kuliner khas Thailand yang tidak boleh Anda lewatkan. Dikenal dengan nama mango sticky rice, Anda dapat dengan mudah menemukannya disetiap sudut jalan kota Bangkok, terlebih jika sedang musim mangga.

Cha Yen

kuliner khas thailand 10

Kalau sedang wisata kuliner, tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba juga minuman-minuman khas di tempat kita liburan. Nah, jika di Thailand, tidak lengkap kalau belum mencoba teh yang satu ini. Cha yen, atau biasa disebut dengan thai tea adalah minuman yang terbuat dari teh riyam dicampur dengan adas, biji asam dan susu. Akan segar sekali kalau diminum dengan ditambah es batu. Cuaca di Thailand yang panas akan terlupakan kalau Andasudah minum teh dingin ini.

Itulah tadi informasi singkat mengenai kuliner khas Thailand yang bisa Anda coba ketika liburan. Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s