Bali memang penuh dengan keindahan alam dan budaya. Inilah mengapa saat berlibur ke sini, jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Taman Nusa Bali yang berlokasi di Banjarangkan. Di tempat ini, Anda bisa melihat keindahan beragam keunikan rumah adat Indonesia dalam satu paket lengkap dengan atraksi budayanya. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai Taman Nusa Bali. Yuk simak bersama!

Tentang Taman Nusa Bali

Image04

Taman Nusa Bali sendiri merupakan sebuah taman budaya yang menawarkan berbagai informasi tentang grup etnik di Indonesia. Bisa dibilang tempat wisata ini memiliki kemiripan dengan Taman Mini di Jakarta. Yang membedakannya adalah taman ini  dikemas dengan gaya khas Bali. Memiliki luas sekitar 1 hektar, para pengunjung berkesempatan untuk berkeliling dan mempelajari mulai dari masa prasejarah, masa kerajaan, masa kemerdekaan hingga gambaran mengenai Indonesia di masa depan.

Baru dibangun sekitar 2 tahun lalu, rumah adat tersebut dirancang dan dari daerah asalnya. Selain menyajikan keindahan arsitektur daerah masing-masing,  rumah adat di sini juga ditinggali  beberapa orang. Mereka tidak hanya akan menjelaskan tentang rumah adat tersebut, tetapi juga mempertunjukan penampilan menarik mulai dari tarian, seni lukis, hingga seni musik.

Taman-taman Di Taman Nusa Bali

taman-nusa

Seperti yang sempat sedikit disinggung di atas kalau Taman Nusa Bali terbagi dalam beberapa konsep, seperti taman pra sejarah, taman budaya, taman awal Indonesia, dll. berikat penjelasan lengkapnya:

Taman Prasejarah

Taman ini dibangun dengan tujuan untuk memperkenalkan masa prasejarah kepada para wisatawan . Salah satu replika tempat wisata Indonesia yang bisa Anda lihat di sini adalah Candi Borobudur.

Taman Budaya

Setelah taman prasejarah, ada Taman Budaya yang menyajikan kurang lebih sekitar 60 rumah adat yang beberapa diantaranya telah berusia sekitar ratusan tahun. Di sana, para wisatawan diberikan kesempatan untuk merasakan kehidupan desa sederhana yang berasal dari berbagai etnik budaya. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan banyak penampilan menarik hingga cindera mata khas rumah adat masing-masing.

Taman Indonesia Awal

Berbeda dengan taman budaya yang menyajikan keindahan dari segi budayanya, di Taman Awal Indonesia, Anda bisa melihat patung Gajah Mada, Candi Trowulan hingga Gerbang Sumpah pemuda. Semua bangunan ikonik ini dibuat sebagai bagian dari cerita bersatunya daerah-daerah di Indonesia sejak awal terbentuk.

Taman Kemerdekaan Indonesia

Siapa yang tidak ingat dengan perjuangan Presiden Soekarno dan wakil Presiden Bung Hatta? Di taman ini Anda bisa mengenang kembali perjuangan mereka dari patung replika keduanya.

Taman Indonesia Sekarang

Taman ini sendiri memiliki miniatur kereta yang merupakan bagian dari diorama kota-kota di Indonesia. Pada pameran tersebut, Anda akan melihat sekitar 50 lokomotif dengan 300 penumpang  membawa barang-barang bawaan mereka.

Taman Indonesia di Masa Depan

Di Indonesia masa depan, Anda bisa menambah pengetahuan dengan mengunjungi sebuah perpustakaan dan tiga museum yang menunjukan berbagai warisan budaya  seperti wayang, batik, tenun hingga sulam.

 Fasilitas  

taman nusa

Tidak hanya sekedar rumah adat saja yang bisa Anda lihat di sini, tetapi juga replika dari berbagai tempat wisata populer. Sebut saja beberapa tempat wisata seperti replika Candi Borobudur, museum batik, museum wayang, replika patung gajah mada, sanggar seni, perpustakaan, auditorium hingga pusat penelitian budaya. Setelah lelah berkeliling, Anda bisa mengisi perut dengan masakan khas Indonesia hingga masakan Internasional di restoran yang ada di sini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Minangkabau

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Taman Nusa Bali, datanglah mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA. Anda bisa sepuasnya berkeliling taman tersebut hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 85.000 untuk dewasa dan Rp 70.000 untuk anak-anak. Sedangkan, untuk Anda yang membawa anak-anak dibawah dua tahun tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Rute Menuju Taman Nusa Bali

8tamannusa

Untuk Anda yang ingin menjangkau Taman  ini dari kota Denpasar hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja. Ada dua rute utama yang bisa Anda lalui yaitu By Pass Ida Bagus Mantra dan satunya lagi melalui Kota Gianyar dengan melewati pasar Seni Sukawati. Berbeda  halnya untuk Anda yang ke sini dari Nusa Dua dan Jimbaran. Anda bisa menjangkau Taman Nusa Bali hanya sekitar 1,5 jam saja. Untuk rutenya sendiri, Anda bisa melalui Jalan Tol Bali Mandara untuk kemudian berbelok ke kanan untuk kemudian menuju By Pass Ngurah Rai.

Itulah beberapa informasi mengenai Taman Nusa Bali.  Apa Anda pernah berkunjung ke sini? Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s