Keindahan pemandangan bawah laut dari Indonesia memang tidak usah dipertanyakan lagi, salah satunya seperti Wakatobi. Tempat ini memiliki banyak keberagaman hayati dan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Jadi, tidak heran mengapa lokasi tersebut harus menjadi tujuan wisata Anda berikutnya. Untuk lebih jelasnya, RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata Wakatobi yang bisa Anda kunjungi.

Taman Nasional Wakatobi

sumber-google

Jika Anda jalan-jalan ke sini, tempat pertama yang harus Anda kunjungi adalah Taman Nasional Wakatobi. Keindahannya sendiri terdiri dari 25 gugusan terumbu karang  dan berbagai jenis ikan-ikan cantik. Air laut jernih menjadikan Taman Nasional ini tempat yang sangat pas untuk diving atau bahkan snorkeling. Untuk Anda yang tertarik dengan olahraga air tersebut bisa datang langsung ke karang Pulau Kapota dengan menyebrang sekitar satu jam. Di sini Anda bisa meminta untuk didampingi oleh para pemandu selam profesional. Dari semua tempat, Pulau Hoga menjadi tempat favorit bagi para penyelam baik lokal maupun luar negeri.

Air Terjun Moramo

Air-Terjun-Moramo

Tidak hanya sekedar keindahan bawah laut saja yang dimiliki daerah Wakatobi, di sini Anda juga bisa melihat cantiknya Air Terjun Moramo. Dengan ketinggian 100 meter, Air Terjun Moramo memiliki keindahan berupa 7 buah undakan besar dan 60 undakan kecil dilengkapi dengan beberapa kolam untuk tempat pemandian. Air Terjun Moramo bukan merupakan air terjun biasa karena memiliki kandungan sulfur. Selain itu, batu-batu di sini juga tidak licin sehingga bisa dipanjat oleh wisatawan.

Benteng Keraton Buton

15889566

Dinamakan Benteng Keraton Buton karena memang tempat wisata ini digunakan sebagai tempat pertahanan pada masa Kesultanan Buton. Keunikannya terlihat dari bahan pembuatannya yang terbuat dari kapur. Dengan bentuk melingkar, Benteng  Buton memiliki panjang 2.740 meter. Saking panjangnya,  benteng tersebut masuk ke dalam Guiness Book Record sebagai yang terluas di dunia.

Tempat wisata ini memiliki 12 pintu gerbang yang diberi nama Lawa dan 16 meriam yang dinamakan Baluara. Pada jamannya, tempat wisata ini menjadi tempat pertahanan terbaik karena posisinya terletak di puncak bukit. Dari Benteng tersebut, Anda bisa melihat pemandangan kota Bau-Bau.

Pantai Katembe

ktm 1

Di daerah ini, Anda juga bisa melihat keindahan alam lainnya seperti Pantai Katembe yang memiliki hamparan pasir putih.  Saking luasnya garis pantai di sini, Pantai Katembe pernah hampir dijadikan sebagai bandara pesawat terbang. Lebih dari itu, Anda juga bisa melihat keindahan tanjung yang eksotis sambil beristirahat dan duduk-duduk melihat keindahan air laut di sini.

Pesona Pulau Tomia

DSCF0534

Untuk Anda yang ingin mengeksplorasi lebih jauh tentang Wakatobi bisa berkunjung ke Pulau Tomia. Pulau tersebut merupakan pulau ketiga yang bisa Anda jangkau dengan waktu 3-4 jam. Tempat ini sudah menjadi salah satu tempat menyelam populer selama 10 tahun. Ada sekitar 28 diving spot, seperti, Cornucopia, House Reef, Ali Reef, Roma, Teluk Maya yang bisa Anda kunjungi. Di semua diving spot tersebut, Anda bisa melihat keindahan terumbu karang yang bentuknya mirip dengan tembok vertikal. Spot menyelam di sini rata-rata memiliki kedalaman mulai dari 15 meter hingga 25 meter.

Cara Menuju Ke Wakatobi

01-Aerial-KS-06-24-14

Ada berbagai cara yang bisa Anda tempuh untuk mencapai Wakatobi, diantaranya dengan kapal laut dan penerbangan. Jika Anda ingin menjangkau lokasi tersebut dengan menggunakan kapal laut biayanya akan lebih murah, namun tentu waktu tempuh perjalanan akan lebih lama yaitu sekitar 10 jam dari Makassar ke Wakatobi. Sedangkan, untuk Anda yang ingin perjalanan lebih nyaman dan cepat bisa menggunakan pesawat  terbang. Anda harus terbang ke Makassar terlebih dahulu untuk nantinya menggunakan pesawat dengan ukuran lebih kecil untuk terbang ke  Wangi-Wangi atau Bau-Bau.

Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi  

01_Wakatobi_island-and-surrounding-cover

Selain tempat wisata dan jenis transportasi, ada hal lain yang harus Anda perhatikan yaitu waktu terbaik menuju ke Wakatobi. Pada tahun 2018 sendiri ada event-event seru yang bisa Anda kunjungi saat ke daerah tersebut seperti pada tanggal 18 hinga 20 Juni 2018. Festival ini sebenarnya merupakan sebuah atraksi budaya dimeriahkan dengan pesta kuliner, lomba mancing dan masih banyak lagi. Selain bisa melihat pemandangan disini, Anda juga bisa melihat festival budayanya.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata Wakatobi.  Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s