Berlokasi di pesisir selatan Pulau Jawa, tepatnya sekitar 48 km dari pusat kota Yogyakarta, Gunung Kidul adalah daerah wisata yang sedang naik daun. Meskipun daerahnya tergolong kering dan tandus, tapi deretan pantai pasir putih yang eksotis siap menyambut Anda. Bukan hanya terkenal oleh pantainya saja, Gunung Kidul memiliki berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk para pencinta kegiatan yang memacu adrenalin, seperti pegunungan api purba, air terjun dengan aliran deras dan paling terkenal adalah gua dengan sungai bawah tanahnya. Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak rekomendasi tempat wisata Gunung Kidul berikut ini!

Goa Pindul

tempat wisata gunung kidul 1

Goa Pindul yang berlokasi di Desa Bejiharjo ini memiliki aliran sungai bawah tanah sepanjang 300 meter. Di sini, Anda bisa menyusuri aliran sungai yang mengalir di dalam gua dengan menggunakan ban dan kegiatan ini dikenal dengan istilah “cave tubing”. Anda bisa menyusuri aliran sungai ini hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 40.000,  sudah termasuk fasilitas ban, pelampung, helm, sepatu, asuran dan guide. Aliran sungainya yang dingin dan tenang bisa Anda nikmati selama lebih kurang 50-60 menit.

Pantai Indrayanti

tempat wisata gunung kidul 2

Gunung Kidul memang merupakan kawasan yang sangat terkenal dengan pantai pasir putih nya. Salah satu pantai indah yang ada di Gunung Kidul adalah Pantai Indrayanti atau dikenal dengan nama Pantai Pulang Sawal. Di sepanjang bibir pantai, Anda dapat menemukan deretan restoran yang menyajikan menu khas laut dan juga kelapa muda. Selain itu ada banyak juga penginapan murah yang bisa Anda sewa dengan harga sekitar Rp 100.000-400.000 saja.

Pantai Nglambor

tempat wisata gunung kidul 3

Tempat wisata Gunung Kidul selanjutnya adalah Pantai Nglambor. Jika biasanya pantai di Yogyakarta terkenal dengan ombaknya yang ganas, pemandangan berbeda justru akan Anda temukan di destinasi satu ini. Berlokasi di Desa Purwodadi, Pantai Nglambor menawarkan eksotisnya pemandangan pantai dengan ombak cukup tenang. Hal ini disebabkan oleh hadirnya dua buah bukit karang raksasa menyerupai kura-kura yang jadi penahan dan pemecah gelombang yang datang. Selain panorama menarik, ragam biota laut cantik juga jadi alasan mengapa wisatawan senang datang ke sana. Biasanya, mereka akan menghabiskan waktu untuk bermain air, snorkeling atau foto underwater ketika berada di Pantai Nglambor.

Pantai Timang

tempat wisata gunung kidul 4

Jika Anda mengaku pemberani dan gemar menguji nyali, cobalah berkunjung ke Pantai Timang. Di pantai ini, ada sebuah batu besar yang terletak di tengah laut dan bernama Batu Panjang. Untuk menuju ke batu ini, Anda bisa menyebrangi lautan sejauh lebih kurang 100 meter dari pinggir pantai dengan menggunakan kereta gantung tradisional yang terbuat dari bambu, kayu dan tali plastik. Untuk menyebrangkan Anda, beberapa orang akan menarik kereta itu. Selama beberapa menit Anda akan terombang-ambing di tengah kencangnya angina dan deburan ombak. Berani mencobanya?

Gunung Api Purba Nglanggeran

tempat wisata gunung kidul 5

Satu-satunya gunung purba yang berlokasi di Yogyakarta ini terbentuk karena pembekuan magma yang terjadi sekitar 60 juta tahun lalu. Memiliki tinggi hanya 700 mdpl, Anda tidak butuh waktu terlalu lama untuk mendakinya, hanya sekitar satu jam. Gunung ini memiliki dua puncak, yaitu puncak timur yang cocok untuk menikmati matahari terbit dan puncak barat untuk menikmati matahari tenggelam. Dari puncak, Anda juga bisa menikmati pemandangan Embung Nglanggeran atau kolam kecil yang sangat menawan. Anda yang suka dengan kegiatan fotografi pun pasti akan menyukai tempat ini. Pemandangan hijau asri dan meneduhkan membuat hasil bidikan terlihat semagin bagus. Apalagi saat malam datang tempat yang berada di Nglanggeran, Patuk ini akan menjadi spot bukit bintang yang romantis.

Goa Jomblang

tempat wisata gunung kidul 8

Goa Jomblang adalah satu dari sekian banyak goa yang berada di Gunung Kidul. Terletak di Desa Pacarejo, Goa Jomblang terkenal akan “cahaya surga” nya. Tapi bukan itu saja, tempat wisata Gunung Kidul ini juga terkenal karena cara masuknya yang berbeda dari goa pada umumnya. Anda harus masuk secara vertikal dan akan mendarat di area Hutan Purba yang memiliki vegerasi unik. Anda pun tidak bisa memasukinya secara sembarangan, karena membutuhkan peralatan khusus dan juga pendamping untuk menjelajahinya. Seditik tips, untuk mendapatkan pengalaman “cahaya surga” ini, datanglah sekitar pukul 10-12 siang.

Curug Luweng Sampang

tempat wisata gunung kidul 7

Tempat wisata Gunung Kidul ini jarang didatangi wisatawan karena lokasinya yang masih agak sulit ditemukan. Tapi, karena ini juga lah berarti Anda masih bisa bebas berenang di sungai yang berair sejuk, serta menjelajah berbagai terowongan dan ceruk tersembunyi di balik curug ini. Bukan itu saja, keunikan pola bebatuannya terlihat sangat cantik dan bisa membuat Anda seolah-olah berenang di antaran ngarai.

Itulah tadi informasi singkat mengenai tempat wisata Gunung Kidul. Untuk Anda yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s