Berbicara tentang Lebaran memang tidak lepas dari libur panjang yang selalu menjadi rutinitas tahunan di Indonesia. Baik libur panjang untuk para pekerja, maupun bagi mereka yang masih mengeyam pendidikan di bangku sekolah. Kesempatan seperti ini biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang setiap hari sibuk dengan berbagai aktivitas yang dijalankannya. Akan tetapi mahalnya tiket menjelang Lebaran, menjadi sebuah dilema tersindiri bagi mereka yang tidak mempunyai waktu libur panjang selain di hari Lebaran. Berburu tiket pesawat murah menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat berlibur tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Nah, kali ini RedDoorz akan merekomendasikan tips mendapatkan tiket pesawat murah untuk libur Lebaran. Yuk simak selengkapnya!

Berburu Tiket Lebih Awal

tiket pesawat murah untuk lebaran 1

Menurut data Kementerian Perhubungan, sekitar 55% pemesanan tiket pesawat terjadi pada rentang waktu 30-60 hari sebelum Lebaran. Namun, tidak kurang dari 90% tiket penerbangan promo ludes dalam hitungan menit. Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkannya?

Salah satu tips-nya adalah memesan tiket lebih awal. Minimal, Anda memulai perburuan sekitar 50-60 hari sebelum hari raya. Saat itu, masih banyak tiket promo Lebaran dari berbagai maskapai. Biasanya. Anda akan mendapatkan tiket dengan harga 10-30% lebih murah, atau jika ingin lebih murah lagi, pakailah kode-kode diskon yang biasa terdapat di website yang Anda pilih.

Memilih Maskapai yang Tepat

tiket pesawat murah untuk lebaran 2

Selain jadwal keberangkatan, jenis maskapai pun mempengaruhi harga tiket. Anda bisa mendapatkan tarif murah pada maskapai low-cost carrier (LCC) jika membeli lebih awal. Sebaiknya, ketika mendekati hari raya, harga tiket penerbangan LCC cenderung lebih mahal. Beberapa maskapai LCC di Indonesia, yaitu Lion Air, Citilink, , NAM Air dan Indonesia AirAsia. Jika ingin menjajal maskapai full service, Anda bisa membelinya tepat di hari Lebaran. Penerbangan ini justru memberikan harga tiket lebih murah daripada maskapai LCC. Contoh maskapai full service, antara lain Garuda Indonesia dan Batik Air.

Mencari Tiket Online

tiket pesawat murah untuk lebaran 3

Kini, pembelian tiket tidak hanya dilakukan lewat situs maskapai, tetapi juga agen travel online (OTA). Biasanya  agen-agen tersebut menawarkan berbagai promo tiket murah, terutama menjelang Lebaran. Selain itu, masih ada potongan harga yang diberikan jika Anda menggunakan aplikasi smart phone dari OTA tersebut. Untuk Anda pemegang kartu kredit, biasanya OTA selalu bekerja sama dengan beberapa bank dan memberikan tambahan potongan harga, maupun cicilan 0%. Di Indonesia sendiri, ada banyak OTA yang aman dan selalu memberikan harga tiket pesawat murah.

Gunakan Mode Invisible

tiket pesawat murah untuk lebaran 4

Pernah melihat harga tiket yang semakin mahal ketika dibuka website-nya? Itu karena tiap web menggunakan cookie pada browser yang membuat kita harus segera membelinya. Jadi ketika kita mengecek tiket, akan selalu lebih mahal dari pertama kali melihatnya. Untuk menangkalnya kita bisa menggunakan mode tidak terlihat (private browsing) atau incognito. Caranya ketika menggunakan Chrome; Cmd (ctrl) + Shift + N, Mozilla Firefox; Cmd (ctrl) + Shift + P, Safari; Cmd + Shift + N.

Berlangganan News Letter

tiket pesawat murah untuk lebaran 5

Untuk yang sering berpergian menggunakan pesawat. Hal ini wajib Anda lakukan, buatlah akun di setiap situs maskapai penerbangan dan daftarkan email Anda. Pasalnya beberapa maskapai melakukan promosi melalui cara ini. Mereka akan mengirim berbagai promo atau produk serta paket terbaru kepada Anda. Walaupun sedikit mengganggu karena ada banyak email yang masuk, namun cara ini tidak membutuhkan waktu atau tenaga cukup banyak. Anda hanya perlu mengecek email yang masuk secara berkala.

Memakai Google Flights

tiket pesawat murah untuk lebaran 6

Jika di atas tadi RedDoorz sudah menyarankan untuk beli tiket pesawat murah melalui OTA, namun salah satu kelemahannya adalah Anda harus membuka websitenya satu persatu. Cara yang lebih mudah adalah memakai Google Flights untuk mengetahui perbandingan harga di setiap OTA maupun direct website. Pertama, Anda harus melengkapi data pencarian yang diinginkan, kemudian Google akan membantu mebandingkan harga tiket pesawat hingga yang paling murah bahkan hingga mencari lokasi tempat duduk. Sekedar saran, Anda bisa mengaktifkan notifikasi Google Flights untuk nantinya jika harga pesawat di tanggal yang Anda pilih sedang turun, Anda akan diberikan email pemberitahuan.

Memilih Penerbangan Dini Hari

tiket pesawat murah untuk lebaran 10

Sebagian besar pemudik lebih menyukai penerbangan pada siang atau sore hari. Padahal, beberapa maskapai kerap memberangkatkan pesawat jelang dini hari. Karena peminat penerbangan saat itu sedikit, tiketnya dijual dengan harga murah. Nah, inilah kesempatan Anda untuk menghemat biaya mudik. Jadi, jangan sungkan memilih keberangkatan paling awal di musim mudik Lebaran.

Melakukan Pemesanan Tiket di Malam Hari

tiket pesawat murah untuk lebaran 6

Menurut survei dari beberapa sumber, sekitar lebih dari 60% calon penumpang pesawat melakukan pemesanan tiket online. Separuh dari jumlah tersebut kerap memesan mulai pagi hingga menjelang malam. Jadi, sangat sedikit yang berburu tiket sangat tengah malam. Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Beberapa LCC biasanya membuka penjualan promo tiket pada pukul 23.00.

Pesan Tiket dalam Jumlah Sedikit

tiket pesawat murah untuk lebaran 7

Biasanya, maskapai menyediakan promo tiket murah untuk pasangan dan penumpang tunggal. Ketika Anda memilih pemesanan dalam jumlah banyak, nominal harga akan berubah atau tertulis keterangan, sold out. Sebaliknya, saat pembelian satu atau dua tiket, munculah penerbangan yang sama. Mulai dari maskapai, jadwal keberangkatan, hingga rute.

Menggunakan Rute Alternatif

Image:

Satu maskapai biasanya menyediakan dua jenis rute penerbangan untuk tujuan yang sama; connecting dan direct flight. Nah, jika sulit menemukan tiket pesawat murah pada penerbangan langsung, pilihlah jalur alternatif (connecting flight). Misalnya, Anda ingin mudik ke Lombok, berarti gunakan penerbangan alternatif ke Surabaya atau Bali. Biasanya Anda akan transit sekitar 2-4 jam, baru kemudian naik pesawat lagi ke Lombok.

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara mendapatkan tiket pesawat murah untuk Lebaran. Untuk Anda yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s