Malang kini telah berkembang menjadi sebuah destinasi wisata dengan banyak tempat menarik. Udaranya yang sejuk, pemandangan dataran tinggi yang indah, serta tempat rekreasi yang beraneka ragam menjadikan Malang sebagai destinasi favorit banyak wisatawan lokal maupun luar negeri. Setelah sebelumnya terkenal dengan tempat wisata, seperti Jatim Park dan Museum Angkut, Malang juga memiliki taman bunga yang tidak kalah cantik yaitu Taman Selecta Malang. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas lebih lanjut.

Sejarah 

taman selecta

Taman Selecta Malang akhir-akhir ini memang terkenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit di daerah Malang. Meski begitu, sebenarnya taman ini sudah dibangun puluhan tahun lalu, yaitu tepatnya pada 1920 hingga 1928. Nama Selecta Malang sendiri berasal dari kala “Selectie” yang bermakna pilihan.

Pada zaman penjajahan Belanda, tempat wisata di Malang ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsa Belanda yang tinggal di Malang. Namun, saat Indonesia merdeka, tempat wisata ini kemudian dikelola oleh bangsa Indonesia dan menjadi tempat favorit bagi Moh Hatta dan Presiden Soekarno.

Kondisi politik Indonesia yang tidak menentu sempat menjadikan Selecta Malang mengalami kerusakan akibat kerusuhan. Namun setelahnya tempat ini dibangun kembali pada tahun 1950. Sejak saat itulah, tempat wisata di Malang ini dibuka untuk masyarakat umum.

Tentang Taman Selecta Malang

12401897_10204044439191412_4826194986395290225_o

Karena memang sudah dibangun sejak zaman Belanda, Selecta Malang menjadi tempat wisata legendaris yang memiliki banyak fasilitas lengkap. Untuk lebih jelasnya, berikut tentang wahana apa saja yang ada di sini.

Taman Bunga

Di kawasan wisata ini Anda akan melihat keindahan taman bunga yang telah ditata rapih. Ada ratusan jenis bunga di Selecta Malang, seperti krisan, ajisai, bunga kana dan lainnya.  Tetapi, perlu diingat kalau bunga di sini tidak boleh dipetik sembarangan. Untuk masuk ke sini, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan lagi karena sudah termasuk dengan tiket awal.

Sepeda Air

Tidak hanya melihat keindahan alam berupa taman bunga, Anda juga bisa mencoba wahana lainnya seperti sepeda air dan berkeliling di wahana permainan ini. Untuk mencobanya, Anda hanya akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 15.000 per lima belas menit saja. Biaya tersebut tidak termasuk dengan harga tiket masuk yang sudah Anda beli sebelumnya.

Sky Bike

Bersepeda-udara-di-Selecta

Wahana lainnya yang bisa Anda coba adalah bersepeda di udara menggunakan Sky Bike. Anda bisa mengayuh sky bike di atas rute trek yang ada sambil melihat keindahan taman bunga. Anda hanya perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000 saja untuk mencoba satu sepeda.

Family Coaster

Hanya dengan membayar tamban sebesar Rp 10.000, Anda bisa memacu adrenalin menaiki family coaster. Tidak seperti banyak roller coaster yang ada di taman bermain lainnya, family coaster yang ada di sini didesain dengan kecepatan rendah sehingga para wisatawan tetap bisa menikmati keindahan bunga-bunga sambil naik wahana ini.

Waterboom

Anda yang datang ke sini bersama keluarga jangan lupa mengajak mereka seru-seruan di wahana Waterboom. Anda bisa mencoba berbagai permainan air, seperti ember tumpah raksasa, kolam landai, hingga papan seluncur dengan berbagai ukuran. Selain itu, air di water park ini juga berasal dari pegunungan jadi Anda dan keluarga bisa berenang tanpa khawatir kandungan kaporit.

Flying Fox

Tidak hanya taman bunga dan water park saja, Taman Selecta Malang juga memiliki fasilitas outbond, seperti flying fox. Anda bisa berseluncur di atas taman bunga dari satu tiang ke tiang lainnya. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 per orangnya.

Bioskop 4D

Wahana lainnya yang tidak kalah menarik adalah Bioskop 4D. Di sini Anda dan anak-anak bisa belajar sambil bermain dengan menonton berbagai tayangan edukatif.  Semua film tersebut memiliki visualisasi serupa dengan aslinya, seperti suara ledakan dari sound system hingga efek berupa kursi bergoyang. Bioskop 4D bisa muat hingga 26 orang dalam sekali penayangan film. Anda juga tidak perlu mengantri lama untuk menonton 4D ini.

Harga Tiket

20130507_121118

Untuk masuk ke Taman Selecta Malang Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orangnya. Harga tersebut berlaku pada hari biasa, weekend, hingga hari libur nasional. Sedangkan,  Anda yang ingin mencoba wahana lainnya bisa mengeluarkan biaya tambahan sesuai dengan wahana masing-masing. Anda bisa berkunjung ke sini mulai dari pukul 06.00 hinggga 18.00.

Fasilitas

Jpeg

Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati di Selecta Malang seperti halnya Rumah Makan. Anda tidak perlu bingung mencari tempat makan diluar karena tempat wisata di Malang ini menyajikan food court dengan suasana yang romantis. Area Parkirnya juga luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan hingga bus. Tidak lupa, taman ini juga dilengkapi dengan tempat ibadah, seperti mushola serta toilet umum yang bersih.

Tips Liburan ke Selecta Malang

taman-selecta-2

Agar liburan Anda nyaman dan menyenangkan, ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan, sebagai berikut:

  • Perlu diingat kalau tempat wisata ini akan ramai saat akhir pekan atau liburan sekolah. Maka akan lebih baik jika Anda berkunjung ke Taman Selecta pada pagi hari karena para pengunjung akan datang mulai dari pukul 11.00 hingga 15.00.
  • Jika Anda ingin bermain di Waterboom Selecta bawalah perlengkapan seperti handuk, baju ganti, hingga peralatan mandi lainnya. Air yang ada di taman air ini cukup dingin jadi sebaiknya anak-anak jangan terlalu lama berenang agar tidak kedinginan.
  • Di sekitar Taman Selecta Malang terdapat banyak tempat wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi. Jadi, akan lebih baik memperhitungkan waktu untuk mengunjungi tempat ini agar bisa mampir ke tempat wisata lainnya.

Rute menuju Taman Selecta Malang

taman-selecta-3

Anda yang ingin datang ke tempat ini dengan menggunakan pesawat bisa mendarat di Bandara Abdulrahman Saleh untuk nantinya naik taksi. Sedangkan,  Anda yang menggunakan transportasi berupa kereta api bisa turun di stasiun Malang dan naik angkutan umum arah ke Batu Selecta. Kemudian,  Anda yang datang ke sini menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju alun-alun kota Batu dengan melewati Jalan Gajahmada, kemudian mengambil jalur ke Jl. Brantas. Dari situ nantinya Anda akan menemukan sebuah papan bertuliskan Wisata Selecta.

Itulah beberapa informasi mengenai taman selecta Malang yang bisa Anda kunjungi. Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s