Kepulauan di Indonesia memang menghadirkan banyak sekali keindahan alam, salah satunya seperti Pulau Labengki yang ada di Sulawesi Tenggara. Saking indahnya, tempat ini bahkan dijuluki sebagai replika dari Kepulauan Raja Ampat. Mulai dari laguna yang indah hingga deretan karang menjadi keeksotisan alam yang bisa Anda lihat di sini. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke tempat Pulau Labengki, berikut RedDoorz akan bahas lebih lanjut.

Tentang Labengki

a6

Banyak yang mengatakan kalau keindahan Pulau Labengki tidak kalah cantik dengan Raja Ampat Papua. Hal ini tidak berlebihan karena Pulau cantik di Sulawesi Tenggara ini terdiri dari karang-karang besar yang menghadap ke Samudera. Semua deretan karang tersebut dipersatukan menjadi kepulauan Labengki.

Selain keindahan alam berupa deretan karang, Pulau Labengki juga menyajikan indahnya perairan biru yang jernih. Tidak heran, Pulau Labengki juga dikenal sebagai lokasi diving. Uniknya lagi, ada satu spot menarik yang menjadi lokasi ikonik di sini yaitu Teluk Cinta. Dikatakan demikian karena memang di Teluk Cinta Anda akan melihat keindahan teluk berbentuk hati. Biasanya para traveler yang ingin melihat pemandangan cantik tersebut bisa melihatnya dengan trekking ke puncak bukit yang ada di sekitar pulau.

Laguna Mahahumalang

commonswikimedia

 

Labengki sendiri memiliki banyak keindahan alam berupa teluk dan laguna. Salah satu laguna yang bisa Anda lihat keindahannya adalah Laguna Mahumalalang. Laguna tersebut memiliki keindahan berupa air lautnya berwarna hijau toska dilengkapi dengan deretan karang tajam disekitarnya. Inilah mengapa banyak wisatawan juga menyebutnya sebagai Blue Lagoon atau Green Lagoon. Kecantikan Laguna Mahumalalang bahkan tidak jarang sering dijadikan tempat berfoto karena lokasinya instagenik.

Untuk sampai ke sini Anda harus menggunakan speedboat terlebih dahulu untuk merapat ke pantai berbatu yang berada di sekitar laguna. Kemudian, Anda harus menaiki karang-karang tajam untuk melihat pemandangan di sini. Anda tidak perlu khawatir karena untuk naik ke karang-karang tersebut Anda hanya memerlukan waktu sekitar 2 menit saja. Perlu diperhatikan, Anda harus berhati-hati saat memanjat karang di sini karena kondisinya terjal dan pijakannya tidak rata.

Pantai Pasir Panjang  

800-Labengki-&-Sombori-716

Saat ke Labengki jangan lewatkan juga kesempatan untuk berkunjung ke Pantai Pasir Panjang. Disebut demikian karena pantai ini memiliki garis pantai yang panjang sekali. Saat mencapai ke Pantai Pasir Panjang Anda akan melihat kecantikan berupa deretan pohon kelapa dan bongkahan batu besar. Lebih dari itu, keindahan Pantai Pasir Panjang juga menawarkan pemandangan berupa air laut biru yang jernih. Selama di sini Anda bisa berenang atau sekedari bermain air di sekitar pantai.

Teluk Cinta

teluk-cinta-labengki

Dinamakan demikinan karena memang teluk yang satu ini memiliki bentuk hati. Hal tersebut tentunya bisa Anda lihat dari atas tebing di sekitar pulau atau melihatnya dengan menggunakan drone. Untuk mencapai ke teluk Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan perahu nelayan selama 20 menit dari perkampungan Bajo. Anda akan dikenakan biaya sewa perahu sebesar Rp 150.000.

Laguna Poros Kampali

 

Labengki_official-12-FILEminimizer

Laguna Poros Kampali memang memiliki kesamaan dengan Laguna Mahumalalang. Dua laguna tersebut bahkan sering dikatakan sebagai dua laguna kembar. Keduanya hanya dipisahkan dengan deretan karang yang juga bersebelahan dengan laut. Di Laguna Poros Kampali Anda bisa melihat keindahan peairan berwarna hijau toska kebiruan.

Tempat Tinggal Suku Bajo

DJI_0262

Pulau Labengki sendiri memang lokasinya masih cukup tersembunyi. Di Labengki se ndiri ada sekitar 100 keluarga yang tinggal di sini. Tidak heran saat ke sini Anda akan disambut oleh anak-anak yang berenang dan mencari koin sambil berenang. Di sini Anda akan melihat rumah-rumah penduduk berjajar rapi di sekitar pulau tersebut.

Cara Menuju Pulau Labengki

Pulau-Labengki-2

Ada beberapa jalur yang bisa Anda tempuh untuk mencapai Pulau Labengki, seperti:

Kendari-Labengki

Untuk Anda yang ingin menjangkau Pulau Labengki dari Kendari bisa naik kapal besar berkapasitas 70 orang. Dengan menaiki transportasi tersebut, Anda juga akan menghemat biaya karena sewa kapal akan dibagi dengan 70 orang lainnya. Biasanya, Anda akan menempuh perjalanan untuk mencapai Labengki sekitar 5 jam dengan jarak sekitar 70 KM.

Lasolo – Labengki

Selain dari Kendari, Anda juga bisa mencapai Labengki dari Lasolo tepatnya dari pelabuhan POLIARUT.  Dari sini Anda akan menempuh perjalanan selama 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 34 KM. Namun, jika Anda ingin menjangkau Lasolo dari Kendari bisa harus menempuh perjalanan terlebih dahulu selama 1,5 jam hingga 2 jam.

Itulah informasi mengenai Pulau Labengki yang bisa Anda kunjungi di Sulawesi Tenggara. Apa Anda pernah mengunjungi Pulau Labengki?  Apa kesan Anda saat ke sini?Untuk Anda yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s