Magelang yang berlokasi tidak jauh dari Yogyakarta juga memiliki banyak sekali tempat wisata menarik. Mulai dari candi-candi yang menjadi bukti sejarah, tempat wisata alam berupa dataran tinggi hingga pegunungan dengan pemandangan indah bisa kamu temukan di Magelang. Karena itu, akan sayang sekali jika kamu ke Magelang tetapi tidak mengeksplore lebih jauh tentang tempat wisata di sini. Nah, sebagai rekomendasi untuk kamu, berikut RedDoorz akan membahas tentang tempat wisata di Magelang. Yuk simak bersama!

Candi Borobudur

HOTEL-DEKAT-CANDI-BOROBUDUR-CANDI-BOROBUDUR

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata satu ini? Candi Borobudur. Dinobatkan sebagai candi terbesar di Dunia, Borobudur memang menjadi tempat wisata di Magelang yang wajib kamu kunjungi selama liburan. Di sini kamu bisa melihat keindahan berupa ribuan panel relief yang terukir di seluruh dinding candi. Borobudur sendiri terdiri dari tiga tingkatan juga memiliki arti filosofis kehidupan Budha yaitu Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.

Hal lain yang membuat Candi Borobudur menakjubkan karena tempat ini dibangun hanya menggunakan batu saja dan tetap berdiri kokoh hingga sekarang. Untuk kamu yang tertarik untuk melihat kemegahan dari Candi Borobudur bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 12.500 untuk anak-anak. Wisatawan diperbolehkan berkeliling di area Candi Borobudur mulai dari pukul 06.00 hingga 17.00.

Omah Pring

omah pring

Untuk kamu yang ingin mempelajari kebudayaan indonesia khususnya membatik, bisa berkunjung ke Omah Pring. Berlokasi di lereng Gunung Merapi,  wisatawan bisa melihat pemandangan indah  berupa Gunung Merbabu dari atas gardu pandang di sini. Selain itu, wisatawan yang datang ke sini juga bisa mencoba banyak kegiatan outdoor seperti river tube. Harga tiket masuk ke Omah Pring tersebut juga termasuk terjangkau yakni hanya sekitar Rp 10.000 saja.

Candi Mendut

210575-Candi-Mendut-Java

Borobudur tidak menjadi satu-satunya Candi yang bisa kamu kunjungi di kawasan Magelang. Candi Mendut bisa menjadi alternatif tujuan wisata lainnya di daerah tersebut. Tempat wisata di Magelang ini sendiri memiliki tiga arca Budha yang hingga sekarang masih berdiri kokoh. Selain bentuknya yang unik, Candi Mendut juga diperindah dengan relief-relief di sekeliling dinding candi. Ditemukan pada tahun 1836, Candi Mendut pernah mengalami pemugaran pada  tahun 1897 dan 1904. Kemudian, pada tahun 1908 tempat wisata di Magelang ini kembali direnovasi pada tahun 1908 oleh seorang arkeolog Belanda. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Candi Mendut hanya perlu membeli tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Bukit Tidar

tidar2

Berlokasi di kompleks akademi militer, Bukit Tidar menjadi tempat wisata di Magelang berikutnya yang harus kamu kunjungi. Keindahan alam di Bukit Tidar memang menarik karena kamu bisa melihat deretan hutan pinus serta tanaman buah yang telah ada sejak tahun 1960. Jika kamu berjalan sendiri ke atas bukit, di sana kamu akan menemukan sebuah makam dari Syaikh Subakir. Ada legenda yang menceritakan kalau Syaikh Subakit datang ke Gunung Tidar bersama dengan Syaikh Jangkung untuk menyebarkan agama islam.

Selain itu, Bukit Tidar juga sering digunakan sebagai tempat latihan militer. Jadi, kamu tidak perlu kaget kalau saat mengunjungi tempat wisata di Magelang ini, kamu akan menemukan banyak anggota militer sedang latihan. Kamu bisa menggunakan akses dari belakang terminal angkutan kota Magelang untuk mencapai ke tempat ini. Ada jalan setapak berupa anak tangga yang menjadi jalur trekking menuju puncak bukit.

Punthuk Mongkron

YDXJ4370

Kawasan Magelang memang memiliki banyak sekali bukit dengan pemandangan indah. Dengan ketinggian 624 mdpl, kamu akan melihat pemandangan berupa lautan awan dari atas puncak bukit. Selain hamparan awan, pemandangan menakjubkan lainnya yang bisa kamu lihat di sini adalah Gunung Merapi, Candi Borobudur, hingga Gunung Merbabu. Jangan lupa untuk mengabadikan momen jalan-jalan saat ke Punthuk Mongkron dengan berfoto di jembatan V. Jembatan tersebut berada dekat jurang sehingga memiliki pemandangan indah berupa latar gunung yang megah. Tetapi, kamu harus berhati-hati karena jembatan ini terbuat dari bambu dan kapasitas maksimalnya hanya untuk dua orang saja.

Air Terjun Sekar Langit

Legenda-Nawang-Wulan-dan-Air-Terjun-Sekar-Langit

Tidak hanya perbukitan dan candi saja yang bisa kamu lihat di Magelang. Di sini kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan di Air Terjun Sekar Langit. Di kanan dan kiri air terjun sekar langit, kamu akan melihat pemandangan berupa pepohonan hijau sepanjang 400 meter dari pintu masuk jalan besar. Meski sempat mengalami kerusakan karena bencana longsor, tetapi, akhirnya Pemda setempat menata ulang tempat wisata ini sehingga bisa dikunjungi oleh para wisatawan kembali.

Candi Pawon

Plaosan_Temple

Selain Borobudur dan Mendut, ada candi lain yang bisa kamu kunjungi di Magelang yaitu Candi Pawon. Lokasi dari Candi Pawon bahkan masuk ke dalam desa Borobudur sehingga lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur. Zaman dahulu, Candi Pawon digunakan sebagai tempat untuk penimpaan abu jenazah Raja Indra, ayah dari Raja Samarrattungga dari dinasti Syailendra. Tempat wisata di Megelang ini memiliki tinggi sekitar 1,5 m dengan dasar berbentuk persegi empat. Di bagian dinding candi kamu akan melihat pahatan berupa bunga dan sulur-suluran. Wisatawan bisa menjangkau Candi Pawon dari Yogyakarta dengan mobil selama 1 jam.

Punthuk Setumbu

fixedw_large_4x

Untuk kamu yang ingin melihat indahnya matahari terbit di Magelang, bisa menuju ke Punthuk Setumbu. Dengan latar belakang Gunung Merapi,  saat di sini wisatawan bahkan bisa melihat megahnya pemandangan Candi Borobudur. Punthuk Setumbuk sendiri merupakan sebuah bukit dengan tinggi kurang lebih 400 mdpl dan masuk ke dalam gugusan Pegunungan Menoreh. Untuk mencapai puncak bukit, kamu bisa trekking selama 15 menit dengan melalui jalan tanah. Para wisatawan bisa memarkirkan kendaraan mereka di gazebo yang ada di tempat wisata ini.

Itulah informasi mengenai tempat wisata di Magelang yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri pernah mengunjungi objek wisata yang mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s