Beberapa hari lagi puasa akan segera kita sambut loh, RedTraveler. Pasti banyak dari kita yang suka menghabiskan waktu di rumah saat berpuasa. Biasanya karena banyak umat muslim yang nggak pengen traveling di bulan puasa dengan alasan ingin fokus beribadah atau takut tidak kuat. Padahal, traveling bisa jadi salah satu sarana ibadah dan kamu bisa tetap kuat puasa walaupun sedang liburan. Nah, untuk itu RedDoorz akan membagikan tips agar liburan tetap lancar meskipun sedang menjalankan ibadah puasa.

Pilih Lokasi Traveling dan Jadwal Perjalanan

diary and calendar with passport and map

Jika punya rencana traveling pas puasa, sebaiknya kamu pilih destinasi yang Muslim-friendly. Soalnya, suasana Ramadan akan lebih terasa di sana. Makanan halal dan tempat ibadah pun akan mudah ditemukan. Jadi, nggak perlu bingung lagi kan mencari tempat untuk Salat ataupun buka puasa.

Untuk jadwal perjalanannya nanti, perhatikan waktu-waktu krusial saat iftar, siang hari dan sahur. Supaya nggak lemas saat berpuasa, sebaiknya jangan lakukan perjalanan yang menguras tenaga di siang hari. Lebih seru kalau kamu mulai jelajah tempat wisata menjelang sore hari sekalian ngabuburit.

Waktu Sahur dan Berbuka di Tempat Liburan

traveling saat puasa 2

Tidak semua destinasi traveling punya waktu sahur dan berbuka yang sama. Sebelum pergi liburan, sebaiknya kamu mencari tahu dulu waktu sahur dan berbuka di tempat liburan melalui internet. Selain dapat browsing mengenai hal tersebut, banyak juga loh aplikasi untuk mengingatkan jam sahur dan buka puasa.

Memilih Tempat Wisata

traveling saat puasa 3

Meski puasa tidak menghentikan traveling, ini bukan berarti aktivitas yang dilakukan sama persis ketika kamu tidak puasa. Semua tetap harus dibatasi, salah satunya dengan mengurangi jumlah destinasi yang dikunjungi. Kalau tidak puasa kamu bisa mendatangi 4 tempat wisata, ketika puasa coba batasi hanya 2 tempat saja. Tujuannya agar tidak banyak tenaga yang dikeluarkan dan puasa tetap terjaga.

Pastikan Tempat Wisata Punya Fasilitas Tempat Ibadah

traveling saat puasa 4

Jangan sampai kamu tidak menjalankan kewajiban Salat selama berada di tempat wisata. Oleh karena itu, sebelum berangkat, coba laukan research terlebih dahulu mengenai fasilitas tempat ibadah yang ada di sana jadi kamu pun nggak perlu repot mencari Masjid terdekat. Jika tujuan yang kamu pilih ternyata tidak memiliki sarana untuk traveler Muslim, carilah spot bersih untuk kamu beribadah. Jadi, jangan lupa membawa peralatan Salat pribadi yang mudah dibawa ya.

Tidak Melakukan Aktivitas Berlebihan

traveling saat puasa 5

Olahraga memang baik dan dianjurkan ketika berpuasa, tapi olahraga yang disarankan saat puasa hanya yang ringan, seperti jalan santai. Jadi, lupakan dulu yang namanya naik gunung, trekking, atau main arung jeram. Pilihlah aktivitas traveling  yang ringan dan santai, seperti contohnya mengunjungi museum atau tempat ibadah bersejarah, hunting foto di galeri seni, atau belanja di factory outlet.

Jangan Bawa Barang Terlalu Berat

traveling saat puasa 6

Salah satu hal yang biasanya terlupakan, tanpa kamu sadari adalah melakukan packing. Usahakan untuk packing barang yang sewajarnya saja, dan tinggalkan barang-barang yang tidak terlalu diperlukan dalam perjalanan. Sebagai tips, jika kamu harus bepergian selama beberapa hari, pilihlah baju yang nyaman, ringan dan bila dikenakan dapat menyerap keringat. Tidak perlu membawa yang berat-berat karena tubuh kamu akan kewalahan sebelum menghabiskan waktu liburan di destinasi tujuan.

Siapkan Kebutuhan Pribadi

traveling saat puasa 7

Tips wisata saat puasa berikutnya adalah siapkan kebutuhan pribadi yang sekitarnya dibutuhkan. Seperti peralatan mandi, obat-obatan ataupun suplemen vitamin. Namun, tidak hanya itu saja, jangan lupa membawa perlengkapan salat, Al Qur’an dan juga tasbih. Meskipun berlibur, ibadah tentu saja menjadi hal utama yang tetap harus dilaksanakan.

Mengkonsumsi Makanan yang Bernutrisi saat Sahur

traveling saat puasa 8

Dimulai dari saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi, kurangi teh yang bisa membuat kamu merasa haus, gantilah dengan madu yang akan memeberikan energi. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin, tujuannya untuk menjaga stamina kamu selama menjalankan ibadah puasa di perjalanan. Jadi kamu tetap sehat dan bugar selama mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah dijadwalkan.

Perbanyak Minum Air Putih

Health trend

Setelah asupan gizi dan nutrisi terpenuhi, kamu juga harus mencukupi cairan dalam tubuh. Ketika buka puasa, kamu bisa meminum 4 gelas air putih dan 4 gelas sisanya kamu bisa meminumnya ketika sahur. Memperbanyak minum air putih ketika sahur sangatlah penting, karena untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Destinasi Wisata di Malam Hari

traveling saat puasa 10

Traveling saat puasa nggak harus dilakukan pada siang hari loh. Di berbagai daerah atau bahkan jika kamu kebetulan berlibur ke luar negeri. Justru malam hari suasananya makin hidup dan disitulah keseruan berlibur ketika puasa. Biasanya selepas Salat Tarawih, masyarakat berduyun-duyun ke satu lokasi dan saat itulah acara dimulai. Dalam kesempatan tersebut, kamu bisa sekalian berwisata kuliner lokal sambil nikmatin suasana malam hari saat bulan Ramadan.

Mencari Komunitas Muslim di Destinasi Traveling

traveling saat puasa 11

Pasti akan lebih nyaman dan menyenangkan saat mengetahui kamu nggak sendirian menjalani ibadah puasa di luar negeri saat bulan Ramadan. Oleh karena itu, mencari komunitas Muslim lokal di destinasi traveling adalah ide yang sangat bagus. Kamu bisa menambah jalinan pertemanan di sana. Manfaat lain kalau kamu berkenalan dengan komunitas tersebut, kamu juga pasti bisa tahu dimana restoran halal dan Masjid besar yang bisa bikin lebih nyaman beribadah saat berada di sana.

Istirahat yang Cukup

woman sleeping

Sebelum melakukan aktivitas dan kegiatan liburan pada saat puasa, ada baiknya kamu memastikan diri untuk beristirahat dengan baik dan cukup. Karena hal ini dapat membantu daya tahan tubuh. Ktika kamu bangun, tubuh akan terasa lebih segar dan ringan sehingga siap untuk melakukan aktivitas liburan di saat puasa.

Itulah tadi informasi singkat mengenai traveling saat puasa. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s