Keindahan alam di Indonesia memang terdiri dari berbagai macam bentuk mulai dari pantai, air terjun, pegunungan hingga danau. Salah satu lokasi yang memiliki keindahan alam yang patut Anda lihat adalah Danau Sentani. Keunikan tempat wisata satu ini adalah ukuran yang sangat luas hingga memiliki 22 Pulau di dalamnya. Lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan membahas mengenai Danau Sentani yang bisa Anda kunjungi.

Tentang Danau Sentani

danau-sentani

Papua memang terdiri dari banyak keindahan alam luar biasa. Mungkin bagi para wisatawan destinasi wisata yang paling terkenal di sini adalah Raja Ampat. Tetapi, ada keindahan alam lain yang bisa Anda lihat yaitu Danau Sentani. Dengan luas mencapai 9.360 hektar, danau ini memiliki 22 pulau di dalamnya. Pulau-pulau di Danau Sentani ditinggali oleh para penduduk yang terdiri dari 24 desa.

Selain memiliki luas yang luar biasa, danau tersebut juga memiliki banyak keanekaragaman hayati seperti 33 jenis ikan. Anda yang ingin melihat keindahan Danau Sentani bisa menggunakan perahu motor untuk nantinya berkunjung dari satu desa ke desa lainnya.

Sejarah Danau Sentani

img_7429-copy-copy

Selain unik karena memiliki ukuran yang sangat luas, Danau Sentani juga memiliki legenda sendiri. Diceritakan kalau pada zaman dahulu kala masyarakat purba melakukan perjalanan dengan menggunakan naga. Namun, pada satu waktu naga yang sedang membawa para penduduk untuk mencari wilayah baru tersebut jatuh ke sebuah danau besar. Naga raksasa tersebut akhirnya mati dan terendam di dalam danau. Akhirnya, para penduduk yang menaiki naga tersebut tetap tinggal di atas tubuh naga hingga sekarang menjadi Danau Sentani.

Festival Danau Sentani

img_7481

Setiap tahunnya para wisatawan yang datang ke sini bisa melihat Festival Danau Sentani. Festival tersebut merupakan sebuah atraksi budaya yang diisi oleh berbagai suku di sekitar Danau. Dalam festival tersebut para wisatawan akan melihat pertunjukan berupa berbagai tarian, lagu daerah, lomba kuliner, bazaar, kerajianan tangan dan acara mengepang rambut yang menjadi ciri budaya lokal masyarakat setempat.

Dari semua pertunjukan di Festival Danau Sentani, jangan sampai ketinggalan menyaksikan Isilo yang merupakan sebuah tarian tradisional. Pada pertunjukan tersebut, Anda akan melihat sebuah tarian kolosal dengan ratusan penari. Isilo sendiri merupakan sebuah tarian perang yang dikemas menjadi sebuah parade budaya. Festival Danau Sentani sendiri merupakan satu dari tiga festival besar di Papua selain Festival Lembah Baliem dan Festival Asmat.

Biaya dan Cara Menuju Danau Sentani

20150702_111124

Untuk mencapai ke danau ini, kamu bisa menempuh beberapa rute. Pertama, kamu bisa melakukan penerbangan dari Jakarta menuju ke Sentani terlebih dahulu. Biasanya tiket penerbangan dari Jakarta ke Sentani dibandrol dengan harga Rp 2.600.000 untuk kelas ekonomi. Setelahnya, kamu bisa menyewa mobil menuju ke Danau Sentani dengan jarak tempuh sekitar 15 menit. Biasanya kamu akan dikenakan biaya sewa mobil Rp 650.000 perharinya. Sedangkan, untuk berkeliling di Danau Sentani, kamu bisa menyewa perahu dengan harga tiket sebesar Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

Kegiatan Seru di Danau Sentani

wisata-ke-Danau-Sentani

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Danau Sentani, salah satunya seperti berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Para penduduk di sekitar Danau Sentani yang berprofesi sebagai nelayan, sering menyewakan perahu mereka untuk para wisatawan yang datang. Kamu bisa menaiki perahu untuk singgah di salah satu pulau. Biasanya, para wisatawan akan naik perahu dari Dermaga Kalkothe untuk nantinya berkeliling danau. Selama di sini, kamu akan diajak berkeliling oleh pemandu untuk mengunjungi pulau di sekitar danau seperti halnya Pulau Asei. Seperti yang disebutkan diatas, datang ke tempat wisata ini kamu bisa menyaksikan sebuah festival danau sentani pada 19-23 Juni 2018 di kawasan Wisata pantai Khalkote, Sentani Timur, Jayapura.

Selain menikmati pemandangan dengan menaiki perahu, kamu bisa belajar mengolah sagu untuk dijadikan Papeda. Olahan sagu tersebut menjadi makanan pokok dari masyarakat di Papua. Biasanya, Papeda disantap dengan mengunakan ikan gabus berkuah kuning. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa kerajinan kulit kayu. Di Pulau Asei, kamu bisa melihat berbagai kerajinan kulit kayu yang dibuat oleh para seniman lokal.

Tips Berlibur ke Danau Sentani

Danau-Sentani

Ada baiknya saat berlibur ke kawasan Papua menggunakan travel atau paket wisata. Dengan begitu akan didampingi oleh seorang pemandu yang akan mengantarkan ke tempat-tempat menarik. Sedangkan, saat kamu jalan-jalan sendirian, sebaiknya menyewa sebuah sepeda motor untuk berkeliling pulau. Tetapi, jangan kaget kalau harga sewa motor di sini cukup mahal dibandingkan dengan harga sewa di daerah lainnya.

Itulah informasi tentang Danau Sentani yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah ke sini? Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s