Bila sebelumnya RedDoorz pernah membahas tentang Taman Nasional Komodo, pulau-pulau lain di Nusa Tenggara Timur lainnya juga tidak kalah menarik, seperti salah satunya Pulau Padar. Keindahan pulau ini tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal saja tetapi juga di wisatawan asing. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas lebih jelas mengenai Pulau Padar.

Tentang Pulau Padar

9_-Komodo-Indonesia

Posisi Pulau Padar sendiri terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Tempat wisata ini juga termasuk salah satu pulau terbesar yang ada di gugusan kepulauan NTT. Berbeda dengan Taman Nasional Komodo, di pulau ini kamu tidak akan menemukan komodo karena rantai makanan terputus dan mereka gugur satu per satu. Untuk itu, kamu akan aman selama berkeliling. Tempat wisata ini juga memiliki kontur yang berbukit sehingga sangat memungkinkan untuk melihat keindahan pemandangan dari atas bukit.

Aktivitas di Pulau Padar

Komodo

Dengan kontur berbukit, cuaca di sini cenderung cerah sepanjang tahun. inilah mengapa trekking menjadi aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan. Dibandingkan dengan pulau-pulau lain, Pulau Padar memiliki bukit yang lebih tinggi. Faktor tersebut yang menjadikannya sangat populer di kalangan trekker. Biasanya para penjelajah akan menempuh perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam. Selama trekking juga disarankan untuk  menggunakan sunblock karena cuaca di sini cenderung panas dan tidak ada pohon untuk berteduh.

Cara Menuju ke Pulau Padar

maxresdefault

Untuk sampai ke Pulau ini kamu harus menempuh perjalanan selama 3,5 jam. Dijamin selama perjalanan, kamu tidak akan bosan karena banyaknya pemandangan hijau serta laut biru sejauh mata memandang. Setelah sampai di Labuan Bajo biasanya banyak wisatawan yang mengawali perjalanan mereka dengan berkeliling Taman Nasional Komodo terlebih dahulu. Sedangkan, rute alternatif lainnya yang bisa kamu tempuh adalah dengan melalui Lombok dan Bali.

Biaya Untuk Ke Pulau Padar

Pulau_Padar

Sebenarnya untuk biaya ke pulau ini bergantung dari lamanya kamu berlibur di sana. Tetapi, kebanyakan wisatawan akan menghabiskan waktu berlibur sekitar 3  hingga 1 minggu. Kita mulai dari harga tiket pesawat dari Jakarta ke Labuan Bajo yang berkisar Rp 1.300.000 hingga Rp 2.400.000 tergantung dari maskapai apa yang kamu gunakan. Kemudian, untuk penginapannya sendiri kamu bisa menginap di dengan biaya sekitar Rp 200.000 per malamnya.

Selain trekking, kamu juga bisa berkeliling pulau menggunakan perahu dengan harga sewa sekitar Rp 1.500.000 untuk kapasitas 5 hingga 15 orang. Hal yang penting dan jangan dilupakan juga adalah biaya makan. Di Pulau Padar, untuk urusan makan memang tidak terlalu mahal seperti tempat lain di Indonesia Timur. Kamu bisa menyiapkan dana sebesar Rp 40.000 untuk sekali makan di sini. Biaya tersebut semuanya tentu tergantung dari pilihan yang diambil. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

Tips Ke Pulau Padar

danau-sentani

Jalan-jalan ke tempat wisata ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti:

  • Jika ingin melihat keindahan lokasi secara keseluruhan ada baiknya untuk datang lebih pagi. Hal tersebut karena cuaca di sini akan semakin panas dan terik pada siang hari. Tentunya akan membuat kamu yang ingin trekking lelah jika ingin menjangkau puncak bukit.
  • Selama mendaki atau trekking jangan lupa untuk membawa air minum. Kamu akan melewati jalur yang panjang dan curam sehingga bisa menghabiskan energi untuk mendaki. Selain itu, di jalur perjalanan nanti kamu tidak akan menemukan warung dan toko makanan.
  • Gunakanlah alas kaki tertutup seperti sepatu atau sepatu sandal dengan kaos kaki. Akan ada banyak bebatuan yang selama perjalanan, jangan sampai kaki kamu cedera karena tidak menggunakan pelindung kaki yang tepat ya.
  • Perlu diingat selama melakukan pendakian jangan membawa terlalu banyak barang. Selain jalurnya pendakian yang cukup sulit, kamu pasti tidak ingin tambah kelelahan dengan memikul barang bawaan.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata Pulau Padar. Apa kamu pernah berkunjung ke Pulau ini sebelumnya? Hal apa yang paling berkesan untuk kamu? Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s