Bandung memang gudangnya orang-orang kreatif, karena itu tidak heran di Kota Kembang ini kamu bisa menemukan banyak distro, tempat makan, tempat wisata hingga art space yang menarik untuk dikunjungi. Berbicara tentang art space, Bandung sendiri memiliki beberapa galeri yang bisa kamu kunjungi sebagai alternatif tempat wisata. Kamu mau tahu apa saja? Yuk simak bersama!

Salian Art

art space di Bandung
art space di Bandung : Salian Art

Dibangun dengan menggabungkan antara galeri seni, eatery n coffee dan spacelab menjadikan Salian Art sebagai paket lengkap yang bisa dikunjungi. Di sini kamu bisa secara rutin melihat pameran seni yang diselenggarakan secara indoor juga outdoor. Karya-karya yang ditampilkan di Salian Art tidak hanya berasal dari dalam negeri saja tetapi juga mancanegara. Ada juga berbagai macam sajian yang bisa kamu coba di Cafe Salian Art, mulai dari menu indonesia hingga western. Kamu yang tertarik untuk berkunjung bisa datang  mulai dari pukul 11.00 hingga 22.00 pada hari kerja dan 11.00 hingga 23.00 pada akhir pekan.

Alamat: Jalan Sersan Bajuri No.86, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

NuArt Sclupture Park

art space di Bandung
art space di Bandung : NuArt Sclupture Park

Art Space di Bandung berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah NuArt Sclupture Park. Dulu untuk masuk para pengunjung tidak dikenakan biaya, tapi sekarang para pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 50.000 per-orang dan Rp 25.000 untuk anak-anak. NuArt Sclupture Park merupakan galeri seni milik Nyoman Nuarta. Pada awalnya, banyak yang sungkan mengunjungi galeri seni ini, tetapi sejak diadakannya pelatihan dan pertunjukan setiap tahun para pengunjung pun mulai berdatangan. Selain itu, NuArt Sclupture Park juga rutin mengadakan kegiatan seru, seperti membuat kerajinan dari tanah liat, melukis alas kaki tradisional hingga membuat payung.

Lawangwangi Creative Space

art space di Bandung
art space di Bandung : Lawangiwangi Creative Space

Berkunjung ke Lawangi Creative Space kamu akan melihat beberapa karya seni ikonik yang fotonya sudah hilir mudik di dunia maya, seperti deretan 9 buah patung yang bertransformasi. Tidak hanya area outdoor-nya saja yang memiliki spot ikonik, Lawangwangi Creative Space juga memiliki sebuah ruangan yang sering digunakan sebagai tempat pameran. Sama seperti Salian Art, tempat ini punya area café yang memiliki pemandangan menakjubkan. Meski sebuah galeri seni, makanan di Lawangi Creative Space banyak digemari pengunjung. Kamu bisa mencicipi berbagai sajian, seperti pizza, pasta hingga steak.

Alamat: Jalan Dago Giri No. 99A, Mekarwangi, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Selasar Sunaryo Art Space

art space di Bandung
art space di Bandung : Selasar Sunaryo Art Space

Dibangun oleh seorang seniman kontemporer, Selasar Sunaryo Art Space merupakan sebuah galeri seni nirlaba yang menampilkan karya seni instalasi. Ada tiga bagian galeri yang bisa kamu eksplor ,seperti; religius, sosial dan pengolahan bahan lokal. Tidak hanya menampilkan berbagai karya seni saja, art space di Bandung ini juga sering menyelenggarakan kegiatan seru, seperti konser musik, pemutaran film, pementasan teater, pembacaan karya sastra hingga program anak-anak. Setelah melihat uniknya karya seni dan berbagai aktivitas, kamu bisa bersantai dengan mengunjungi café dan coffee shop-nya.

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. 

Roemah Seni Sarasvati

art space di Bandung
art space di Bandung : Roemah Seni Sarasvati

Dibangun dengan tujuan untuk memperkenalkan berbagai seni budaya berkualitas, Roemah Seni Sarasvati wajib masuk ke dalam daftar art space di Bandung yang akan kamu kunjungi berikutnya. Tidak hanya sekedar galeri seni, Roemah Seni Sarasvati juga menjadi ruang diskusi dan workshop bagi para pecinta seni. Masuk ke art space di Bandung ini kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Karya seni di Roemah Seni Sarasvati sendiri merupakan koleksi pribadi milik Lin Che Wei. Selain itu, Dibagian belakang galeri, kamu akan menemukan sebuah kafe yang menyajikan menu lokal khas Bandung, seperti nasi sangrai, nasi bambu hingga sop ikan gurame. Anda bisa berkunjung ke Roemah Seni Sarasvati mulai setiap hari kecuali hari Senin.

Alamat: Jalan Jend. Sudirman No.137, Karanganyar, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Galeri Soemardja

art space di Bandung
art space di Bandung : Galeri Soemardja

Galeri Soemardja bisa dibilang sebagai salah satu art space tertua di Indonesia. Berlokasi di dalam area kompus ITB, art space di Bandung ini diresmikan langsung oleh Presiden Soekarno pada tahun 1959 silam. Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) menggunakan Galeri Soemardja untuk pengelolaan pameran dan program seni. Selain itu, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat diskusi, seminar hingga loka karya seniman mulai dari skala regional, nasional hingga internasional. Kamu yang ingin melihat karya seni di sini bisa datang langsung ke kampus Institut Teknologi Bandung.

Alamat: Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha No. 10, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Galeri Seni Popo Iskandar

art space di Bandung
art space di Bandung : Galeri Seni Popo Iskandar

Tidak hanya ITB saja yang memiliki galeri seni, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung juga memiliki sebuah galeri seni bernama Galeri Seni Popo Iskandar. Art space di Bandung ini sendiri berlokasi di dalam komplek UPI. Nama Popo Iskandar sendiri digunakan karena geleri tersebut menggunakan kediaman Popo Iskandar. Tidak hanya karya seni dari Popo Iskandar saja yang dipamerkan di sini, sebut saja beberapa nama seniman legendari seperti Affandi, Mochtar Lubis hingga Rusli bisa kamu lihat.

Alamat: Jalan Setiabudi No.235 B, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan art space di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri pernah berkunjung ke art space di Bandung yang mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s