Tahukan kamu kalau setiap negara memiliki waktu berpuasa yang berbeda-beda? Kalau kita di Indonesia berpuasa selama 13 jam, ada negara lain yang juga  tidak berbeda jauh loh.  Negara tersebut memiliki waktu berpuasa yang termasuk cepat dibandingkan dengan yang lain. Tempat-tempat ini juga cukup direkomendasikan untuk menjadi tujuan traveling kamu di bulan Ramadan ini. Nah, berikut ulasan RedDoorz mengenai negara dengan waktu puasa tercepat. Yuk simak!

Australia

Sydney Opera House

Berlokasi tidak terlalu jauh dari Indonesia, Negeri Kangguru Australia termasuk ke dalam negara dengan waktu puasa tercepat. Karena lokasi geografisnya ini umat muslim di Australia hanya perlu berpuasa selama 11 jam saja. Waktu yang singkat tersebut karena sekarang sedang musim dingin sehingga waktu siang harinya akan lebih cepat dibandingkan dengan malamnya. Selain itu, kamu yang jalan-jalan ke Australia tidak perlu khawatir karena di daerah Perth dan Sydney ada banyak restoran halal, seperti Batavia Corner, Café Karache, Cicerello’s Fish & Chips.

Malaysia

KryptoMoney.com-Malaysia-may-ban-Bitcoin

Berikutnya ada Malaysia yang masuk ke dalam kawasan Asia Tenggara. Karena posisinya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, waktu puasa di Negri Jiran juga tidak terlalu berbeda jauh yakni sekitar 12 jam. Rata-rata waktu imsak di sana mulai dari 05.30 dan waktu berbuka sekitar pukul 19.30. Untuk makanan, tentunya tidak akan sulit menemukan yang halal karena mayoritas warna negara Malaysia merupakan muslim. Beberapa tempat dan area kulineran menarik di Malaysia yang bisa kamu kunjungi untuk mencari makanan saat berbuka adalah daerah seperti Food Court Suria KLCC, Food Street Alor, hingga Petaling Street Night Market.
Maroko
Koutoubia-MAROKO

Negara yang terkenal dengan gurun Saharanya ini bisa kamu jadikan tujuan traveling selama Ramadan. Di sini umat muslim melaksanakan waktu puasa mereka selama 14 jam setiap harinya. Para penduduk Maroko memiliki menu berbuka sendiri yang menjadi favorit seperti harirah dan sup Maroko. Harirah sendiri merupakan sajian berupa roti yang berisikan daging serta sayur mayur. Setelahnya, mereka akan melanjutkan makanan manis seperti kurma, baghir, hingga halawiyat.

Arab Saudi

wisata_arab_saudi

Sebagai salah satu negara yang di dalamnya terdapat pusat Kiblat umat Islam, Arab Saudi memiliki waktu puasa tercepat yaitu sekitar 14 jam 30 menit. Mungkin jika dibandingkan dengan Indonesia waktu puasa tersebut termasuk lama, tetapi bila kamu bandingkan dengan negara lain di Eropa waktu tersebut termasuk cukup cepat. Menjadi tempat awal bertumbuhnya Islam, suasana Ramadan di sini sangat kondusif dan menarik jika kamu mau mencoba untuk umroh sekaligus traveling.
Indonesia

o-INDONESIA-facebook

Berikutnya tentu Indonesia! Negara kita tercinta ini temasuk salah satu yang memiliki waktu puasa tercepat di dunia. Kamu bisa menemukan banyak tempat wisata menarik mulai dari yang bertema alam hingga tempat rekreasi. Dengan lama waktu berpuasa sekitar 13 jam 3 menit, biasanya orang Indonesia akan mulai berpuasa dari pukul 04.30 pagi hingga 18.00 sore. Sedangkan, untuk makanannya sendiri, kamu bisa menemukan dengan mudah makanan halal, mulai dari sajian western, asian hingga tradisional Indonesia. Bagaimana apa kamu tertarik traveling keliling Indonesia selama bulan puasa?

Afrika Selatan

wisata_afrika_selatan

Berpuasa di Afrika Selatan menjadi tantangan tersendiri karena cuaca di sini panas bahkan bisa mencapai hingga 30 derajat celcius. Meski begitu, jangka waktu puasa di sini hanya selama 12 jam saja. Saat Ramadan ada tradisi bertukar kue yang sering dilakukan oleh para penduduk. Biasanya mereka akan menata meja-meja dengan masakan tradisional. Suasana Ramadhan di Afrika Selatan juga cukup kental karena populasi muslim di sini cukup besar.
Brazil

153087223

Jalan-jalan ke negara ini saat Ramadan kamu hanya perlu berpuasa selama 13 jam. Jumlah penduduk muslim di Brazil sendiri tercatat sekitar 56.000 hingga 70.000. Kebanyakan muslim yang tinggal di sini merupakan orang Afrika yang dulu berkelana dan kemudian tinggal di Brazil. Setiap Ramadan, biasanya Muslim di sini shalat di Islamic Centre of Brazilia. Kamu juga bisa mencicipi takjil yang memang disediakan oleh pengurus masjid untuk para jamaah yang datang ke sini.

Argentina

9089998_orig

Negara yang terkenal dengan sepak bolanya ini juga termasuk ke dalam negara dengan waktu puasa tercepat. Di sini jumlah penduduk muslimnya sendiri ada sekitar 400 jiwa saja. Tetapi, saat liburan di sini selama bulan Ramadan, kamu hanya perlu berpuasa selama 10 jam saja karena malam hari di Argentina lebih singkat dibandingkan dengan siang harinya. Posisinya yang dekat dengan Kutub Selatan juga membuat negara ini jarang dikunjungi oleh matahari.

Itulah beberapa informasi mengenai negara dengan waktu puasa tercepat di dunia. Dengan traveling di bulan Ramadhan kamu akan merasakan suasana berbeda saat berpuasa di negara lain. Kalau kamu sendiri apa pernah traveling saat bulan puasa? Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s