Setiap bulan Ramadhan, biasanya beberapa tempat di sebuah kota akan menjadi lebih ramai karena menggelar ‘pasar kaget’ yang menjual berbagai menu untuk berbuka puasa. Tempat tersebut akan sangat ramai didatangi masyarakat, baik saat weekday ataupun weekend. Jika berkunjung ke sini, kamu akan menemukan mulai dari baragam kolak, gorengan, kue tradisional, hingga lauk pauk yang lebih berat. Jika kamu kebetulan ingin traveling saat puasa, yuk simak kota-kota besar di Indonesia yang punya pusat kuliner Ramadhan.

Banda Aceh

pasar kuliner puasa 9

Sebagai daerah yang menganut syariat Islam, suasana Ramadhan sangat terasa di Banda Aceh. Setelah shalat Ashar, warga setempat langsung bergerak menuju beberapa titik kuliner buka puasa untuk ngabuburit sekaligus ‘hunting’ makanan yang ingin dibeli. Pusat kuliner Ramadhan di Banda Aceh bisa ditemukan di Jalan Lampisang, Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Simpang Lima, Darussalam dan Pasar Aceh yang terletak di sebelah Masjid Raya Baiturrahman. Di tempat-tempat ini, kamu bisa menemukan berbagai makanan khas Aceh, seperti kue boi, meuseukat halua breuh, timpan, boh rom-rom, dan rujak Aceh.

Medan

pasar kuliner puasa 2

Kamu bisa menemukan pusat kuliner buka puasa hampir di seluruh kota Medan. Salah satu yang paling populer adalah di sekitar kampus Universitas Sumatera Utara (USU) yang menyediakan berbagai macam ta’jil. Ada pula Kampoeng Ramadhan di Kecamatan Medan Johor yang menyediakan berbagai makanan khas Melayu. Selain itu, jangan lewatkan juga kesempatan untuk mencicipi bubur sop kesultanan deli yang sudah menjadi makanan wajib buka puasa di Istana Maimun sejak tahun 1909, tepatnya di Masjid Raya Al-Mahsum di Jalan Sisingamangaraja.

Jakarta

pasar kuliner puasa 3

Ada dua tempat yang sudah terkenal dengan pusatnya jajanan buka puasa setiap bulan Ramadhan di Jakarta, yaitu Pasar Benhil dan Kramat Raya. Ketika bulan puasa tiba, daerah ini selalu ramai oleh penjual dan pembeli makanan di sepanjang jalan setiap harinya. Kamu bisa menemukan semua makanan khas yang berasal dari Sabang sampai Marauke. Bahkan kamu pasti bingung mau beli yang mana.

Bogor

pasar kuliner puasa 8

Setiap bulan Ramadhan, sebuah pasar kaget akan buka di daerah Bantarjati, Bogor. Kamu bisa menemukan berbagai ta’jil seperti es buah, kolak dan kurma. Datanglah ke sini sekitar pukul 4 sore karena jajanan di sini biasanya akan habis terjual ketika Maghrib. Selain Bantarjati, tempat buka puasa populer lainnya di Bogor bisa kamu temukan di Jalan Pajajaran dan Taman Kencana.

Bandung

pasar kuliner puasa 5

Jajanan khas Bandung bisa ditemukan di hampir seluruh Kota Kembang ini, mulai dari cireng, brownies, surabi, hingga batagor. Namun ketika bulan Ramadhan tiba, Lapangan Gasibu dan Gedung Sate akan menjadi pusatnya jajanan untuk berbuka. Selain jajanan, kamu bisa bertemu dengan banyak warga Bandung yang memadati area ini untuk ngabuburit.

Yogyakarta

Processed with VSCOcam with hb2 preset

Jika kamu bertanya pada orang Yogyakarta, dimana tempat paling populer untuk ngabuburit sambil membeli jajanan untuk berbuka, mereka pasti akan serempak menjawab Kampung Kauman. Kenapa? Karena kawasan ini memang sudah lama populer sebagai kampung Islam, sehingga tak heran jika area tersebut dipenuhi oleh warga setempat yang mencari hidangan untuk berbuka selama bulan puasa. Kamu bisa menemukan berbagai jajanan tradsional, seperti botok, kicak, kipo dan  juga berbagai jenis pepes.

Bali

pasar kuliner puasa 7

Meskipun mayoritas warga Bali beragama Hindu, tapi bulan Ramadhan, tetap disambut dengan cukup meriah. Salah satu agenda rutin dari Ramadhan setiap tahunnya adalah kemunculan ‘pasar kaget’ di sepanjang Jalan Ayani, Denpasar Barat, tepatnya di wilayah Kampung Jawa. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai makanan untuk berbuka, seperti gorengan, kolak pisang, cendol, kacang ijo, serta makanan berat seperti lontong sayur.

Makassar

pasar kuliner puasa 10

Bukan hanya terkenal sebagai ikon Kota Makassar, Pantai Losari juga menjadi pusat keramaian untuk berbuka ketika bulan Ramadhan tiba. Kamu bisa menemukan berbagai makanan khas Makassar, seperti es palu butung, pisang epe, dan es pisang hijau di sini. Selain itu, kamu dapat menemukan berbagai makanan yang agak lebih berat, seperti jalangkote, lumpia, dan barongko. Datanglah mulai pukul 14.00 WITA sambil menunggu matahari terbenam dan adzan Maghrib menggema.

Itulah tadi informasi singkat mengenai pasar Ramadhan di berbagai kota di Indonesia. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s