Jika liburan ke Malang apa yang akan kamu cari? Pemandangan indah, hawa sejuk, arena argowisata edukatif atau tempat wisata yang lengkap? Selain memang terkenal dengan pemandangan alam dan hawa sejuknya, Malang juga berkembang menjadi kota wisata dengan banyak tempat rekreasi. Salah satu tempat rekreasi yang wajib kamu kunjungi selama berlibur ke Malang adalah Museum Angkut. Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan menemukan beraneka ragam bentuk transportasi dari jaman dahulu hingga sekarang. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Museum Angkut Malang lebih rinci lagi. Yuk simak bersama!

Tentang Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang
Museum Angkut Malang : Tentang Museum

Sesuai dengan namanya, tentu saja saat ke sini kamu akan menemukan berbagai macam bentuk angkutan dari masa ke masa. Mulai dari angkutan pertama Presiden RI hingga kendaraan yang digunakan di Istana Buckingham Inggris. Desain dengan tata letak artistik juga menjadikan Museum Angkut Malang  menjadi tempat favorit muda-mudi untuk berfoto. Para pengunjung yang datang juga tidak hanya bisa melihat koleksi angkutan unik, tetapi juga serunya festival dan parade rutin yang digelar pihak museum.

Zona di Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang
Museum Angkut Malang : Zona di Museum

Museum Angkut Malang sendiri memiliki luas kurang lebih sekitar 3 hektar dengan koleksi kendaraan yang dibagi-bagi berdasarkan zona. Berikut beberapa zona di  Museum Angkut Malang:

  • Zona Hall Utama

Masuk pertama kali di Zona Hall Utama kamu akan merasakan kesan mewah dari desain interior nya. Zona Hall Utama sendiri berisikan berbagai macam koleksi kendaraan terpopuler dari masa ke masa yang berasal dari seluruh dunia. Kamu bisa dengan bebas berfoto dengan mobil-mobil antik yang dipajang pada ruangan tersebut.

  • Zona Edukasi

Agak berbeda dengan zona sebelumnya, zona edukasi lebih memamerkan angkutan yang memiliki nilai sejarah di Indonesia maupun di luar negeri. Zona Edukasi sangat cocok nih untuk kamu pencinta sejarah otomotif. Salah satu bagian favorit dari para pengunjung yang datang adalah mobil Chrysler Windsor Duluxe yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno.

  • Zona Sunda

Sedangkan, di Zona Sunda kamu akan menemukan suasana seperti layaknya Jakarta Tempo dulu. Kamu akan menemukan berbagai macam bentuk angkutan dari motor hingga mobil yang sering hilir mudik di jalanan Jakarta pada tahun 70an dan 80an.

  • Zona Gangster Town & Broadway Street

Di Zona Gangster Town & Broadway Street kamu akan melihat pameran museum yang dikemas seperti layaknya dalam fillm gangster Amerika. Oh ya, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto dan mengabadikan momen di zona unik ini.

  • Zona Eropa
Museum Angkut Malang
Museum Angkut Malang : Zona Eropa

Jika kamu ingin melihat berbagai koleksi otomotif dari Benua Eropa, seperti Inggris, Prancis, Jerman hingga Italia berkunjunglah ke Zona Eropa. Tidak hanya koleksi otomotifnya yang berasal dari sana, zona tersebut juga didesain mirip dengan suasana kota aslinya. Kamu akan merasa seperti sedang berjalan-jalan dipinggir kota London atau Hanover Jerman saat berkunjung.

  • Zona Istana Buckingham
Museum Angkut Malang
Museum Angkut Malang: zona istana buckingham

Ternyata meski sudah ada zona Eropa, ada satu zona khusus lagi bernama Zona Istana Buckingham. Hal tersebut karena Inggris sendiri memang dikenal sebagai salah satu negara produsen otomotif kelas dunia, seperti Royal Enfield, Francis Barnett, Austin, Rolls Royce, Triumph, Matchless dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, di zona tersebut kamu juga bisa melihat mobil Land Rover yang dulu pernah digunakan sebagai Ratu Elizabeth saat parade di Australia.

  • Zona Las Vegas

Pindah ke benua lainnya yang juga dikenal sebagai produsen otomotif yaitu Zona Las Vegas. Masuk ke sini kamu akan melihat suasana seru khas Las Vegas, Amerika. Mobil-mobil mewah yang ditata apik menjadi pemandangan yang menarik.

  • Zona Hollywood

Dinamakan demikian karena zona tersebut berisikan berbagai macam kendaraan yang pernah digunakan dalam film-film Hollywood. Selain itu, tata ruangnya juga membuatnya terlihat seperti dalam latar-latar film Hollywood.

  • Zona Flight Training

Berikutnya, ada Zona Flight Training yang bisa menjadi tempat untuk kamu belajar menjadi seorang pilot. Di dalam zona tersebut kamu bisa menjajal sebuah ruang cockpit pesawat yang didesain mirip dengan aslinya. Kamu yang ingin mencoba wahana permainan tersebut harus membeli tiket secara terpisah terlebih dahulu.

  • Zona Pasar Apung

Kalau ingin membeli berbagai macam souvenir untuk dibawa pulang bisa ke bagian Pasar Apung Nusantara. Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan menaiki sebuah perahu untuk berkeliling pasar. Para pengunjung bisa menemukan berbagai macam kerajinan dan lukisan yang merupakan hasil dari seniman di wilayah Batu.

Pertunjukan di Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang
Museum Angkut Malang: pertunjukan di museum

Selain koleksi berbagai macam otomotif yang menarik, di Museum Angkut Malang kamu juga bisa menyaksikan berbagai macam pertunjukan menarik, seperti:

  • Night Divas at Broadway

Jika berkunjung ke Museum Angkut di malam hari, kamu akan menemukan sebuah pertunjukan bertajuk Night Divas at Broadway. Pertunjukan tersebut merupakan sebuah pementasan yang memadukan antara tarian dan nyanyian ala Broadway. Kamu akan melihat sekelompok wanita cantik berkumpul dan menari di area zona Gangster dan Broadway.

  • Special Car and Costume Parade

Agak berbeda dengan Night Divas at Broadway yang menyajikan pertunjukan tari dari wanita-wanita cantik, kamu akan melihat pertunjukan bertajuk Special Car and Costume Parade. Pada pertunjukan tersebut kamu akan melihat parade mobil dan kostum yang diselenggarakan setiap pukul 16.30 sore. Para cosplayer akan berkumpul dan melakukan sebuah pertunjukan yang dilengkapi oleh pertunjukan dari DJ.

  • Cars Round Up

Kamu pecinta otomotif jangan sampai ketinggalan pertunjukan Cars Round Up! Di sini kamu bisa melihat berbagai macam mobil berkeliling area museum. Para pengunjung juga diperbolehkan untuk melihat langsung interior dari mobil-mobil yang berparade.

Harga Tiket Masuk

Museum Angkut Malang
Museum Angkut Malang: harga tiket masuk

Dengan semua fasilitas dan koleksinya yang menarik tidak heran, banyak wisatawan menjadikan Museum Angkut Malang menjadi tujuan favorit. Makanya kamu tidak perlu bingung kalau saat ke sini  karena antriannya akan panjang sekali. Museum Angkut Malang sendiri buka dari pukul 12.00 hingga 20.00 malam. Harga tiket masuk ke Museum Angkut Malang dijual dengan harga Rp 60.000 pada hari biasa. Sedangkan, pada akhir pekan yaitu sabtu dan minggu tiket dijual dengan Rp 80.000. Bagi para pengunjung yang membawa kamera pribadi bisa akan dikenakan biaya Rp 30.000 per kameranya.

Cara Menuju Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang
Museum Angkut Malang : cara menuju ke tempat ini

Ada berbagai cara yang bisa kamu tempuh untuk menuju ke Museum Angkut Malang. Tentunya itu semua bergantung dari jenis trasportasi apa yang kamu gunakan. Pertama, jika kamu kemari dengan menggunakan bus maka naiklah Bus Arjosari Malang untuk kemudian turun di Terminal Landungsari. Setelahnya, kamu tinggal naik ojek atau angkutan umum untuk nantinya sampai di depan Museum Angkut Malang. Sedangkan, untuk kamu yang naik kereta api, bisa naik langsung Jurusan Stasiun Kota Malang. Setelahnya, kamu bisa menyambung perjalanan dengan menggunakan bus. Kamudian, untuk kamu yang naik pesawat terbang, bisa mendarat di Bandara Abdur Rahman Saleh Malang. Selanjutnya, kamu bisa naik taksi untuk langsung sampai ke Museum Angkut.

Itulah beberapa informasi mengenai Museum Angkut Malang yang menarik untuk kamu kunjungi. Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s