Agak berbeda dengan negara lain, Indonesia memiliki tradisi sendiri di akhir bulan puasa, yaitu mudik. Secara masal masyarakat kota berbondong-bondong pulang ke kampung halaman mereka untuk bertemu dengan sanak saudara. Ada berbagai macam transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman mereka, mulai dari kereta, bus, pesawat, hingga kapal api. Namun, tidak jarang diantara mereka yang lebih memilih mudik dengan kendaraan pribadi mereka. Nah, agar mudik tetap aman dan nyaman, berikut RedDoorz akan memberikan sedikit tips mudik dengan kendaraan pribadi yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak bersama!

Periksa Kondisi Kendaraan

Tips Mudik
Tips Mudik : Periksa kondisi kendaraan

Hal yang paling penting untuk  kamu lakukan sebelum mudik adalah periksa kondisi kendaraan. Memeriksa kendaraan seperti mobil atau motor ini bisa kamu lakukan sendiri atau dengan pergi ke bengkel kepercayaanmu. Saat memeriksa kendaraan pastikan beberapa aspek penting seperti mesin, rem, roda, oli, hingga air bag bisa berfungsi dengan baik. Kamu bisa memeriksa kondisi kendaraan tersebut sekitar satu minggu sebelum berangkat mudik. Jika memang ada bagian dari kendaraan yang sudah tidak layak lebih baik menggantinya demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan nanti.

Jangan Membawa Penumpang Melebihi Kapasitas

Tips Mudik
Tips Mudik : Jangan Membawa Penumpang Melebihi Kapasitas

Selain kondisi kendaraan yang prima sangat penting untuk Anda tidak membawa penumpang melebihi kapasitas kendaraan. Membawa sedikit penumpang saat mudik akan lebih baik karena tidak harus berhimpitan dan duduk dengan posisi yang sama selama berjam-jam. Selain itu, jika kamu menaiki kendaraan dalam kondisi overload akan berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan saat mobil melaju kencang.

Perhatikan Barang yang Kamu Bawa

Tips Mudik
Tips Mudik : Perhatikan barang bawaan

Selain penumpang yang melebihi kapasitas, cukup penting juga memperhatikan barang yang dibawa. Jangan sampai terlalu banyak bawaan hingga bagasi kamu kepenuhan. Kamu juga harus mengecek jenis barang apa saja yang akan dibawa, seperti barang pecah belah hingga barang-barang yang mudah terbakar jika terkena panas.

Bawa Makanan

Tips Mudik
Tips Mudik : bawa makanan

Jangan lupa membawa makanan! Tips mudik ini penting sekali karena biasanya mudik dengan kendaraan pribadi akan menempuh perjalanan jauh hingga ratusan kilometer. Tidak hanya itu, perjalanan yang jauh biasanya juga dihiasi dengan kemacetan yang cukup panjang. Hal-hal tersebut bisa saja membuat stress hingga menjadi haus dan lapar. Jangan sampai karena hal tersebut kamu jadi kehilangan konsentrasi. Kamu bisa membawa makanan berat hingga ringan yang dibutuhkan selama perjalanan, seperti roti, kue, snack hingga biskuit untuk mengganjal perut. Oh ya, jangan lupa juga  membawa air minum ya agar tidak kehausan dan dehidrasi.

Bawa Obat-Obatan

medicines

Kondisi perjalanan yang tidak menentu terkadang bisa membuat kita mengalami gangguan kesehatan selama perjalanan. Maka dari itu, cukup penting membawa obat-obatan sendiri selama mudik. Obat apa saja yang perlu dibawa tentunya bergantung dari kebutuhan masing-masing ya. Tetapi, untuk berjaga-jaga kamu bisa membawa perlengkapan P3K, seperti obat merah, kapas, plester, minyak kayu putih, obat anti mabuk, obat sakit kepala, hingga obat anti inflamasi. Jadi, saat ada keadaan darurat kamu tidak perlu mencari toko atau warung untuk membeli obat-obatan.

Bawa Uang Tunai yang Cukup

Tips mudik
Tips mudik: bawa uang tunai

Selama mudik pastikan juga kamu telah membawa cukup uang tunai. Hal ini penting karena selama perjalanan kita tidak tahu bisa melakukan penarikan tunai atau tidak. Bawalah uang yang kira-kira akan dibutuhkan selama perjalanan misalnya saja untuk makan atau membeli oleh-oleh. Terlalu banyak membawa uang sebenarnya juga cukup beresiko. Dengan membawa uang tunai akan lebih praktis melakukan transaksi saat tempat yang kamu kunjungi tidak menerima pembayaran cashless.
Bawa Peralatan Tidur

Tips mudik
Tips mudik : bawa perlengkapan tidur

Untuk yang mudik dengan menggunakan mobil ada baiknya juga membawa perlengkapan tidur seperti bantal. Selama perjalanan kamu pasti akan merasakan saat-saat lelah, maka gunakan waktu tersebut untuk beristirahat sejenak. Dengan peralatan tidur yang nyaman, tentunya kamu bisa beristirahat dengan maksimal.
Bawa Peta dan Aktifkan GPS

Tips mudik
Tips mudik : bawa peta

Mudik dengan perjalanan jauh pastinya ada banyak jalan yang bisa ditempuh. Mulai dengan menggunakan tol, Jalur Pantai Utara, Jalur Pantai Selatan hingga jalur alternatif. Karena itu jangan lupa membawa peta atau GPS di gadget kamu. Dengan menggunakan peta dan GPS bisa menghindari titik-titik macet dan menggunakan jalur lain untuk sampai ke tujuan.
Istirahat Saat Kelelahan

4221396001_5286997455001_5286941122001-vs

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah supir yang mengantuk. Karena itu, saat tubuh sudah terasa letih atau mata kamu mengantuk lebih baik menepi atau mencari tempat peristirahatan. Hampir disetiap beberapa kilometer tol ada tempat peristirahatan yang memiliki berbagai fasilitas lengkap seperti tempat makan, mushola, toilet hingga tempat isi bensin. Maka dari itu manfaatkanlah tempat tersebut untuk tidur sejenak.
Itulah tips mudik dengan kendaraan pribadi yang bisa dicoba. Kalau kamu sendiri apa mudik tidak tahun ini? Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s