Tentunya buka puasa menjadi momen yang dinantikan selama bulan Ramadan. Salah satu alasannya adalah di momen ini kita bisa bersantap bersama dengan keluarga. Berbicara soal menu untuk buka puasa tentunya Indonesia memiliki banyak pilihan, mulai dari makanan dan minuman yang manis hingga makanan ringan yang gurih. Tidak lupa berbagai jenis minuman dingin yang segar disajikan sebagai pelengkap hidangan buka puasa. Tidak berbeda dengan Indonesia, di Negara lain pun ada banyak yang menjadi ciri khas makanan berbuka. Nah, berikut ada sejumlah menu unik untuk berbuka puasa dari berbagai Negara. Yuk simak artikel selengkapnya!

Pakora, India

Makanan khas buka puasa dari India
Makanan khas buka puasa dari India; Pakora

Pakora adalah makanan khas India yang dibuat dengan bahan dasar tepung dan irisan sayuran. Adonan tepung yang telah diberi bumbu rempah halus kemudian dicampur dengan isian sayur lalu digoreng dengan minyak panas. Sekilas memang mirip bakwan sayur di Indonesia. Bedanya hanya ada pada bumbu saja. Pakora sangat nikmat untuk disantap dalam kondisi hangat. Semakin nikmat rasanya apabila dihidangkan dengan minuman segar saat berbuka puasa.

Sheer Khurma, Pakistan

Makanan khas buka puasa dari Pakistan
Makanan khas buka puasa dari Pakistan; Sheer Khurma

Sheer khurma memiliki arti susu dan kurma. Meski demikian, makanan khas Pakistan ini berbahan utama bihun. Cara memasaknya adalah dengan menambahkan mentega kemudian diberi susu, gula dan kurma. Tekstur sheer khurma mirip sup krim kental dengan rasa lembut dan manis. Menu berbuka puasa ini biasanya disajikan dengan campuran buah-buahan kering.

Fesenjan, Iran

Makanan khas buka puasa dari Iran
Makanan khas buka puasa dari Iran; Fesenjan

Untuk Negara Iran, makanan favorit untuk hidangan berbuka puasa adalah Fesenjan. Makanan yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini ternyata salah satu menu yang wajib dihadirkan saat bulan Ramadan. Terbuat dari daging bebek ataupun ayam dengan ditambah aneka bumbu yang khas dari Iran membuat banyak orang menjatuhkan pilihan fesenjan sebagai menu favorit. Biasanya, fesenjan disajikan dengan nasi putih.

Qatayef, Yordania

Makanan khas buka puasa dari Yordania
Makanan khas buka puasa dari Yordania; Qatayef

Warga muslim Yordania punya hidangan berbuka puasa khas yaitu qatayef. Terbuat dari adonan terigu yang dibentuk mirip pastel dengan proses mencetak mirip pancake. Qatayef biasanya diisi dengan kacang-kacangan, seperti hazelnut, walnut, almond, pistachio dan kismis untuk membuat rasanya jadi lebit. Untuk memperkuat rasa, saat disajikan qatayef ditaburi kayu manis, juga disiram dengan sirup panas atau madu.

Samosa, Pakistan

Makanan khas buka puasa dari Pakistan
Makanan khas buka puasa dari Pakistan; Samosa

Masyarakat Pakistan merasa kurang lengkap jika tidak mengkonsumsi samosa ketika berbuka puasa. Samosa merupakan hidangan khas Pakistan yang menyerupai pastel namun berbentuk segitiga. Samosa umumnya diisi dengan berbagai bahan isian, antara lain kentang pedas, bawang bimbai, kacang-kacangan, daging domba, atau sapi yang dicincang. Namun belakangan masyarakat Pakistan juga membuat samosa yang berisi keju mozzarella.

Laksa Penang, Malaysia

Makanan khas buka puasa dari Malaysia
Makanan khas buka puasa dari Malaysia; Laksa Penang

Laksa Penang adalah salah satu menu favorit warga Malaysia untuk berbuka puasa. Menu tersebut pada dasarnya adalah mie kuah yang disajikan dengan ikan, sayuran dan potongan telur rebus. Kuahnya memiliki rasa rempah pedas manis yang khas dan segar. Bagi kamu yang memiliki pencernaan kurang ramah dengan menu dingin, laksa Penang ini bisa jadi pilihan menu yang pas saat berbuka karena hangat, bahan-bahannya yang ringan dan berisi sayuran bisa membuat tubuh bugar.

Gullac, Turki

Makanan khas buka puasa dari Turki
Makanan khas buka puasa dari Turki; Gullac

Gullac bisa diseut dengan dessert dingin khas Ramadan dari Turki. Hidangan berbuka puasa ini sangat istimewa karena kamu akan jarang menemukannya di luar bulan Ramadan. Pastry khusus ini berupa lembaran tipis berbentuk bundar dan besar yang terbuat dari tepung maizena dan terigu. Dalam pembuat gullac, lembaran pastry akan direndam dengan susu hangat agar kenyal. Selanjutnya di antara lembaran pastry ini diberi taburan walnut cincang, serta siraman ai mawar untuk menambah aroma. Kemudian pada saat disajikan, gullac diberi taburan uah delima untuk menciptakan sensasi rasa manis asam yang menyegarkan.

Shakouska, Algeria

Makanan khas buka puasa dari Algeria
Makanan khas buka puasa dari Algeria; Shakouska

Shakshouka atau shakshuka atau sering disebut juga chakchouka adalah menu berbguga yang wajib ada di atas meja makan di Algeria. Secara etimolgis, makanan ini dalam dialek Arab Libya dan Aram Maghrebi artinya adalah ‘campuran’. Tidak heran, karena memang proses pembuatannya adalah dengan mencampur semua bahan menjadi satu dan disajikan dalam wajan panas.

Sawine, Trinidad dan Tobago

Makanan khas buka puasa dari Trinidad dan Tobago
Makanan khas buka puasa dari Trinidad dan Tobago; Sawine

Hampir mirip dengan sajian sheer khurma, sawine juga terbuat dari bihun yang dimasak dengan susu. Bedanya, hidangan berbuka puasa khas Trinidad dan Tobago ini biasanya disajikan hangat dengan kacang-kacangan dan kuahnya diperkuat dengan berbagai rempah seperti kayu manis dan jahe.

Nasi Jollof, Nigeria

Makanan khas buka puasa dari Nigeria
Makanan khas buka puasa dari Nigeria; Nasi Jollof

Jika berbuka puasa di Nigeria, kamu akan dengan mudah menemukan nasi jollof. Memang, nasi ini ibaratnya adalah signature dish di Negara Afrika selama bulan Ramadan. Nasi Jollof yidak jauh berbeda tampilannya seperti Nasi Biryani maupun nasi kebuli, bedanya kuliner ini dimasukan dengan menggunakan saus tomat dan hanya sedikit bumbu kari. Biasanya disajikan dengan ayam bakar berbumbu khas.

Lahm Lhalou, Aljazair

Makanan khas buka puasa dari Aljazair
Makanan khas buka puasa dari Aljazair; Lahm Lhalou

Sebagai Negara dengan mayoritas penduduk muslim di Afrika Utara, Aljazair juga punya hidangan berbuka puasa yang menjadi andalan. Lahm lhalou atau yang berarti daging manis adalah menu popular sebagai hidangan utama saat berbuka. Terbuat dari daging domba yang dimasak dengan buah prune dan bumbu kunyit, masakan ini memiliki citarasa manis yang dominan berbumbu pekat. Lahm lhalou bisa disajikan dengan tambahan karbohidrat seperti biji-bijian dan kacang almond.

Itulah tadi informasi singkat mengenai makanan khas buka puasa di berbagai negara . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s