Jika kamu sedang ingin jalan-jalan keliling kota, museum-museum di Jakarta juga bisa dijadikan alternatif tujuan wisata. Mulai dari Museum Fatahilah, Museum Nasional, hingga museum kotemporer yang sedang populer sekarang ini seperti Museum MACAN. Selain menarik, tempat wisata ini juga sarat edukasi. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Museum MACAN, yuk simak bersama!

Tentang Museum MACAN

The-Obliteration-Room
The Obliteration Room

Museum MACAN merupakan nama singkat dari Museum of Modern and Contemporary Art Nusantara. Bila dibandingkan dengan museum lainnya, tempat wisata kekinian ini cukup berbeda karena hanya memamerkan karya seni kontemporer dari dalam dan luar negeri. Dalam bangunan seluas 4.000 meter persegi ini kamu bisa berkeliling berbagai ruangan yang mencakup ruang pendidikan dan konservasi. Saat kamu mengunjungi museum lain, mungkin kamu akan melihat benda-benda bersejarah yang merupakan aset-aset penting. Namun, di Museum MACAN kamu akan melihat berbagai macam karya seni modern.

Museum di Jakarta ini sendiri didirikan oleh seorang pengusaha bernama Haryanto Adikoesoemo. Selain profesinya sebagai seorang pengusaha, beliau merupakan salah satu kolektor seni terkemuka di Indonesia. Karya yang dipajang mayoritas merupakan koleksi pribadinya yang telah ia kumpulkan selama kurang lebih 25 tahun. Sebagai Kolektor, Haryanto bahkan telah mendapatkan penghargaan berupa Authentic, Leadership, Excellence, Quality, Seriousness in Art bersama dengan 12 orang lainnya.

Koleksi di Museum Macan

Infinity-Room
Infinity Room

Museum di Jakarta ini memiliki jumlah koleksi hingga 800 karya seni yang merupakan kumpulan dari hasil karya anak bangsa dan seni kontemporer dari seluruh dunia termasuk Eropa, Amerika Utara, China dan Asia. Bisa dibilang Museum MACAN menjadi salah satu museum seni pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni kontemporer level internasional terlengkap di Indonesia.

Ada beberapa ruang yang bisa kamu kunjungi di Museum MACAN, diantaranya seperti Area Publik, Ruang Seni Anak, Sculpture Garden, Area Pameran hingga Toko Museum untuk kamu yang ingin belanja pernak-pernik.

Dots-Obesession
Dots Obesession

Di ruang anak  (Children Art Museum) Museum MACAN kamu bisa melihat karya seni berupa Taman Apung yang merupakan karya dari Entang Wiharso. Para penjunjung yang datang ke sini diperbolehkan untuk menggambar dan berkreasi dengan media yang disediakan.

Pada bulan Mei hingga September 2018 Museum MACAN sedang mengadakan sebuah pameran bertajuk Yayoi Kusama : Life Is The Heart of A Rainbow. Pada pameran tersebut para pengunjung bisa melihat 130 karya Yayoi Kusama yang identik dengan lingkaran, jarring dan labu.

Gigantic-Pumpkin-by-Yayoi-Kusama
Gigantic Pumpkin by Yayoi Kusama

Diantara pameran Yayoi Kusama tersebut kamu bisa melihat hasil karyanya yang berupa lukisan, video, patung hingga instalasi. Saat masuk ke Museum MACAN kamu bahkan bisa melihat labu dengan sentuhan lingkaran hitam kuning bernama Gigantic Pumpkin. Para pengunjung juga bisa melihat hasil karya unik lainnya seperti Narcissus Garden, Dots Obesession, The Spirits of Pumpkins Descended Into The Heaven, tidak ketinggalan juga Infinity Mirrored Room. Uniknya lagi kamu bisa menempelkan stiker warna-warni di dalam The Obliteration Room. Awalnya, ruangan ini hanya tempat kosong berwarna putih yang kemudian menjadi ramai dengan tempelan stiker dari para pengunjung yang datang.

Jadwal Buka dan Harga Tiket Masuk

Tiket-Masuk-Museum
Tiket Masuk Museum

Kamu bisa berkunjung ke Museum MACAN mulai dari pukul 10.00 hingga 19.00 dari hari Selasa-Kamis dan Sabtu-Minggu. Untuk menghindari suasana museum yang cukup ramai pada akhir pekan, kamu bisa datang pada hari biasa. Untuk tiket masuk sendiri kamu bisa memesan langsung dari website. Cara tersebut bisa kamu lakukan untuk menghindari antrean yang terlalu lama di sana. Harga tiket masuk museum MACAN sendiri dibandrol dengan harga Rp 100.000 untuk dewasa, Rp 80.000 untuk anak dan Rp 90.000 untuk pelajar.

Tips Berkunjung 

berfoto-di-museum
berfoto di museum

Selama berkunjung, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih:

  • Mengacu pada peraturan yang ada, kamu tidak perlu membawa kamera seperti DSLR, SLR hingga Polaroid. Karena para pengunjung yang datang hanya diperbolehkan menggunakan kamera HP tanpa lampu kilat untuk memotret.
  • Jika ingin menggambar sketsa, sebaiknya hanya membawa buku dengan ukuran 22 x 28 cm saja. Selain itu, juga tidak diperbolehkan membawa alat menggambar seperti arang, krayon, spidol permanen, cat air hingga cat minyak.
  • Jika membawa makanan dari luar museum, kamu hanya diperbolehkan untuk memakannya di area café dan tidak boleh membawanya masuk ke dalam arena pameran.
  • Bawalah tas berukuran kecil karena ransel, payung dan tas berukuran besar harus disimpan di tempat penitipan.

Akses Menuju Kesana

instalasi berupa globe di tengah pameran
Instalasi berupa globe di tengah pameran

Museum MACAN bisa diakses dengan berbagai macam jenis transportasi misalnya dengan rute angkutan umum TJ Kebun Jeruk, KWK 03 Pinggiran Toll hingga Terminal Kebun Jeruk. Sedangkan, untuk kamu yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa menjangkaunya dengan keluar Gerbang Tol Kebun Jeruk I. Kemudian, untuk kamu yang menuju ke museum dengan menggunakan kereta bisa menjangkaunya dengan rute jalur Stasiun Pesing, Stasiun Taman Kota dan berakhir di Stasiun Palmerah.

Itulah informasi berkaitan dengan Museum MACAN yang bisa kamu kunjungi pada akhir pekan. Kalau kamu sendiri apa mudik tidak tahun ini? Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s