Kawasan Lembang Bandung memang menjadi salah satu tujuan wisata favorit banyak orang yang liburan ke Bandung. Selain memang udaranya sejuk, Cikole memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan cantik. Tidak hanya itu, kamu yang ingin menikmati suasana Lembang dengan melakukan kegiatan seru seperti outbond atau camping bisa berkunjung ke Grafika Cikole Lembang. Di tempat ini kamu bisa menemukan fasilitas lengkap seperti outbond dan camping di alam bebas. Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan RedDoorz tentang Grafika Cikole Lembang.

Tentang Grafika Cikole Lembang

suasana-pengginapan-dan-camping
Suasana pengginapan dan camping

Dulu Grafika Cikole Lembang merupakan sebuah restoran yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan. Berada di ketinggian 1400 meter, udara di sini cukup sejuk yakni mencapai 20 derajat Celsius. Namun, setelah ditambahkan fasilitas lain, tempat ini berubah menjadi tempat wisata terpadu yang juga berisikan outbond, penginapan hingga restoran. Tempat wisata di Bandung ini memang sangat cocok untuk kamu yang ingin liburan dengan keluarga atau teman-teman dalam jumlah banyak. Berikut beberapa fasilitasnya:

Outbond

Fasilitas-Outbond
Fasilitas Outbond
  • Permainan Tradisional

Salah satu fasilitas outbond yang bisa kamu coba di sini adalah permainan tradisional. Sebut saja beberapa permainan seperti gebuk bantal, lomba makan kerupuk, balap kelereng, balap karung hingga lomba tangkap belut bisa kamu coba di sini. Paket permainan tradisional tersebut bisa kamu coba dengan minimal pemain sebanyak 20 orang.

  • Rumah Pohon

Kamu yang datang ke sini dengan keluarga terutama anak-anak bisa bermain di Rumah Pohon. Dengan tinggi sekitar 3 meter di atas tanah, ada 4 buah rumah pohon yang terhubung dengan jembatan oval, jembatan burma dan jembatan gantung. Wisatawan yang ingin bermain hanya perlu membayar tiket tambahan sebesar Rp 50.000 per-anak dengan tambahan permainan flying fox. 

  • Paint Ball

Game satu ini merupakan sebuah simulasi perang yang dikonsepkan dalam sebuah grup. Jika tertarik untuk mencoba serunya paint ball, kamu hanya perlu membayar harga paket sebesar Rp 85.000 per-orang. Para peserta nantinya akan dibekali dengan 40 peluru termasuk dengan sewa perlengkapan paint ball dan kostum. Kamu dan peserta lainnya akan beradu strategi tembak menembak di kawasan hutan pinus dan semak belukar.

  • ATV

Berikutnya ada fasilitas outbond berupa ATV atau All Terrain Vihicle. Kendaraan ini merupakan motor beroda empat yang bisa pengunjung gunakan di segala medan. Di Grafika Cikole kamu bisa menjajal ATV 110 cc dengan biaya sewa sebesar Rp 50.000 per-orang untuk empat kali putaran.

  • Turun Tebing

Turun Tebing juga menjadi salah satu fasilitas outbond di Grafika Cikole Lembang yang harus kamu coba. Di sini kamu akan menuruni tebing dengan papan landasan setinggi 15 meter dan lebar 2.5 meter. Bayangkan saja kamu harus turun dari tebing yang dipasang tegak lurus pada dinding lebih curam, pastinya akan menantang adrenalin!

Nantinya, para peserta akan dipasangkan peralatan berupa tali carantel static yang dikaitkan dengan pigger 8. Jadi, kamu tidak  perlu khawatir karena keamanan dari turun tebing sudah sangat terjamin. Para pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 per orang.

  • Jembatan Burma

Untuk kamu yang ingin menantang keberanian bisa juga mencoba Jembatan Burma. Fasilitas outbond tersebut merupakan sebuah jembatan yang terdiri dari bilah-bilah papan yang digantung pada tali. Para pengunjung  akan dipasang webbing dengan kapasitas hingga 300 kilogram. Jadi, kamu akan tetap aman berjalan di atas Jembatan Burma. Kamu hanya perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp 15.000 per-orang.

Tempat Camping

tempat-camping
tempat camping

Kawasan Cikole memang dikenal dengan tempat camping. Di sini ada dua jenis fasilitas camping yang bisa kamu coba yaitu Camping Keluarga dan Camping Massal. Berikut penjelasannya:

  • Camping Keluarga

Untuk kamu yang ingin camping bersama dengan keluarga bisa mencoba fasilitas Camping Keluarga. Area perkemahan di Grafika Cikole terdiri dari petak-petak dengan menggunakan alas papan dan cor semen. Dengan begitu tenda yang kamu pasang akan kuat saat diikat. Kamu tidak perlu repot-repot membawa lagi tenda sendiri karena  sudah tersedia fasilitas penyewaan dome atau tenda VIP seharga Rp 460.000 dengan kapasitas 4 orang. Harga tersebut sudah termasuk sleeping bag, satu ikat kayu bakar hingga tambahan api unggun, 4 jagung mentah hingga fasilitas listrik. Di area camping ini juga tersedia fasilitas berupa toilet umum dan musholla.

  • Camping Massal

Bagi pengunjung yang ingin berkemah dalam jumlah banyak seperti perusahaan, sekolah atau pun intansi, bisa mencoba fasilitas Camping Massal. Ada dua jenis tenda yang disediakan untuk fasilitas Camping Massal yaitu tenda charlie dan tenda pleton. Untuk tenda Charlie, harga yang ditawarkan sama dengan fasilitas Camping Keluarga yaitu Rp 460.000 per-tenda dengan jumlah kapasitas 4 orang. Sedangkan, untuk tenda pleton dengan kapasitas 40 orang dengan harga sewanya Rp 2.875.000 per-tenda. Untuk keamanan sendiri para wisatawan tidak perlu khawatir karena selama 24 jam setiap harinya ada petugas yang berjaga.

Cara Menuju Grafika Cikole Lembang

20170328_113433-01
Penginapan di Grafika Cikole

Tempat wisata yang satu ini berada di Jl. Raya Tangkuban Perahu, Kilometer 8, kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jadi patokan yang paling mudah adalah tempat wisata Tengkuban Perahu. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Grafika Cikole dengan kendaraan roda empat atau roda dua bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Bandung. Jika dari Jakarta kamu hanya mengikuti jalur menuju Tangkuban Perahu. Sedangkan, dari Pusat Kota Bandung kamu bisa melaui Jl. Dago Giri dan Jalan Tangkuban Perahu. Kamu bisa berangkat mulai dari pagi hari untuk menuju ke sini untuk menghindari kemacetan di daerah Bandung.

Jadwal Buka dan Harga Tiket

Rumah-Kurcaci-di-Grafika-Cikole
Spot Instagramable di grafika cikole

Grafika Lembang buka selama 24 jam setiap hari. Jadi untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini atau outbond bisa datang kapan saja! Selain itu, Masuk ke Grafika Cikole kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Tetapi, saat  mencoba fasilitas di sini kamu akan dikenakan biaya tambahan masing-masing.

Kategori Harga
Paint Ball Rp 85.000/ orang
Flying Fox 1 Jalur Rp 15.000/orang
Flying Fox PP Rp 25.000/orang
ATV 200 cc Rp 50.000/orang
ATV 110 cc Rp 30.000/orang
Memetik Strawberry Rp 60.000/kg
Strawberry Farm Rp 5.000/orang

Itulah beberapa informasi mengenai Grafika Cikole Lembang yang bisa kamu kunjungi. Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s