Bondowoso menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki daya tarik sendiri sebagai daerah tempat wisata. Ada berbagai macam wisata alam menarik, mulai dari pegunungan, air terjun hingga tempat rafting bisa kamu temukan.. Nah, sebagai rekomendasi, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata Bondowoso yang bisa kamu kunjungi.

Kawah Ijen

ijenvolcanotour-a

Kawah Ijen harus masuk ke dalam daftar wisata di Bondowoso yang harus kamu kunjungi. Tempat ini berlokasi di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi. Salah satu hal menarik yang bisa kamu lihat adalah Blue Fire. Untuk melihat spot menarik tersebut, kamu harus mendaki terlebih dahulu. Blue Fire termasuk wisata Bondowoso yang istimewa karena termasuk dari dua lokasi di dunia selain Eslandia. Untuk mendapatkan momen terbaik, kamu bisa datang pada pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB.

Untuk menjangkau Kawah Ijen, kamu bisa menggunakan pesawat dengan tujuan penerbangan Banyuwangi, Surabaya dan Malang. Setelahnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau menyewa motor dan mobil untuk sampai di tempat.

Padang Savana Kawah Wurung

savana

Saat mengunjungi Padang Savana Kawah Urung, kamu akan melihat hamparan padang rumput yang sangat luas. Keindahan tempat wisata Bondowoso ini semakin sempurna dengan pegunungan tinggi di sekelilingnya. Lokasi tempat ini cukup dekat dengan Kawah Ijen yaitu sekitar 20-30 menit perjalanan. Untuk memasuki kawasan Kawah Wurung kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 termasuk dengan biaya parkir. Selain pemandangan berupa padang rumput, kamu bahkan juga bisa melihat sekumpulan ternak yang digembalakan para warga.

Kawah Ilalang

Bukit-Berlapis-di-Lereng-Gunung-Ijen

Selain keindahan Padang Savana, kamu juga bisa melihat Kawah Ilalang di kawasan Bondowoso. Berlokasi di Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, kamu akan melewati hamparan kebun sawi dan kentang yang dikelola oleh penduduk setempat. Setelah sampai di Desa Curah Macan kamu harus melanjutkan perjalanan dengan mendaki selama 30 menit. Saat melakukan perjalanan tersebut sangat disarankan untuk kamu membawa perbekalan, seperti makanan dan minuman karena tidak akan ada warung dan toko yang menjual makanan.

Tetapi, semua perjalanan tersebut akan sepadan dengan keindahan padang ilalang yang akan kamu lihat! Kawasan Ilalang Bondowoso sangat menarik saat musim panas karena selama mata memandang kamu akan melihat hamparan padang ilalang yang hijau. Selain itu, cuaca yang ada di sini juga sangat sangat sejuk dengan hembusan angin yang sepooi-sepoi. Dari Kawah Ilalang ini kamu bahkan bisa melihat panorama Gunung Raung dann Gunung Ijen.

Air Terjun Gentongan

fa41e1e8bf346fd2176db5b3be2581c6

Air Terjun Gentongan bisa kamu jumpai saat melakukan pendakian ke Gunung Ijen. Untuk melihat keindahannya, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu selama 1 km. Daya tarik dari Air Terjun Gentongan adalah airnya yang berwarna biru kehijauan. Hal ini karena airnya berasal dari rembesan Kawah Ijen yang memiliki kandungan belerang. Selain itu, posisinya berada menggantung di batu tebing. Meski belum banyak diketahui orang karena lokasinya sulit, wisata Bondowoso tersebut harus kamu masukan ke dalam daftar destinasi berikutnya!

Gunung Raung

raung

Gunung Raung sendiri menjadi salah satu gunung berapi yang masih aktif. Berkunjung ke sini kamu bahkan bisa melihat aktifitas gunung berupa semburan asap dan api dari kawah. Gunung Raung masuk ke dalam komplek Pegunungan Ijen yang juga  termasuk Gunung Pendil, Gunung rante, Gunung Suket dan Gunung Merapi. Ada beberapa rute pendakian yang bisa kamu tempuh. Beberapa jalur tersebut diantaranya, seperti Bondowoso –Sumber Wringin hingga Banyuwangi – Bajulmati.

Situs Megalithikum

batu-solor-bondowoso-jawa-timur

Ada banyak situs Megalithikum yang bisa kamu temukan di Bondowoso. Kebanyakan situs-situs Megalithikum tersebut berwujud batu-batu besar. Salah satu situs yang terkenal adalah Batu Kenong. Selain itu, ada berbagai peninggalan purbakala lainnya, seperti sarkofagus, menhir, kubur bilik, batu dakon hingga dalkon. Hingga sekarang diperkirakan ada sekitar 1.123 buah peninggalan purbakala yang bisa kamu temui di Situs Megalithikum.

Air Terjun Polo Agung

pulo

Wisata Bondowoso ini masuk ke dalam areal perkebunan milik masyarakat. Dengan ketinggian 30 m, Air Terjun Polo Agung memiliki keindahan berupa lembah hijau yang berada di sekelilingnya. Selain itu, Air Terjun Polo Agung juga memiliki 3 shelter utama bagi para pengunjung beristirahat. Untuk sampai ke sini, kamu bisa menggunakan bus dengan tujuan ke Desa Suko Rejo, tetapi untuk sampai di tempat tersebut kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki.

Bosamba Rafting

2_36

Tidak hanya pegunungan dan padang rumput saja yang bisa kamu lihat di Bondowoso. Di sini kamu juga bisa seru-seruan dengan bermain rafting di Sungai Sampean Baru. Pada kegiatan rafting tersebut kamu akan melalui tracking sejauh 14 km selama 2 jam. Ada dua trek pilihan yang bisa kamu coba saat bermain rafting di sini. Keunikan lainnya di jalur rafting Bosamba, kamu akan menemukan 3 air terjun dengan ceruk air masing-masing. Selain itu, kamu juga akan melihat keindahan berupa gua kelelawar dan kera-kera liar di sekitar hutan  di aliran Sungai Sampean Baru.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Bondowoso yang bisa kamu kunjungi. Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s