Bila sebelumnya RedDoorz pernah membahas mengenai negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, kali ini kita akan membahas mengenai negara dengan waktu puasa terlama. Beberapa negara di Eropa, Amerika dan Asia harus menjalani waktu puasa hingga 15 jam atau bahkan 20 jam lebih. Bagaimana umat Muslim mudi sana menjalani hari-hari salama bulan puasa? Berikut ulasan RedDoorz tentang negara-negara tersebut.

Inggris

London - Big ben and houses of parliament, UK

Umat Muslim di Inggris harus menjalankan puasa selama 19 jam, sehingga mereka hanya memiliki waktu sekitar 5 jam saja untuk berbuka, sahur hingga tarawih. Hal ini karena mulai dari Mei hingga Agustus, Inggris sudah memasuki musim panas. Inilah yang menyebabkan waktu siang hari  di sana akan lebih panjang dibandingkan dengan waktu malam harinya. Mereka mulai untuk sholat Subuh pada pukul 02.00 dan waktu maghribnya pada waktu sekitar 21.00. Umat Muslim di Inggris pun harus menahan lapar dan haus dengan suhu udara yang cukup panas yakni bisa mencapai 38 derajat Celsius. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Inggris saat bulan puasa bisa mengunjungi beberapa spot menarik di sana seperti Big Ben, Tower of London, River Themes hingga Buckingham Palace.

Di Inggris sendiri kamu bisa menemukan berbagai macam tempat yang menjual makanan Halal. Untuk yang ingin praktis bisa memesan makanan cepat saji, seperti Subway, Pizza Express, FC, hingga Chicken Cottage. Di Masjid Islamic Center pun kamu juga bisa menemukan makanan Halal, seperti nasi briyani dan makanan khas Timur Tengah lainnya. Kemudian, untuk yang ingin mencoba makanan Indonesia dan Malaysia bisa berkunjung ke restoran Bali-bali di Shaftesbury Avenue dan Jakarta Restaurant di Sheaveshill Parade.

Amerika Serikat

maxresdefault

Berikutnya, ada Amerika Serikat yang masuk ke dalam daftar negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Umat Muslim di sana harus menjalani ibadah puasa selama kurang lebih sekitar 16 jam. Waktu Subuh mereka dimulai dari pukul 03.00 pagi dan waktu berbuka mereka 20.00. Sedangkan, pada bulan Mei dan Juni ini, Amerika sedang melalui musim semi. Jadi, meski waktu berpuasa di Amerika cukup panjang, cuaca mereka tidak akan sepanas di Inggris.

Untuk yang kebetulan ingin berkunjung ke sana sekarang, bisa dengan mudah menemukan banyak restoran halal. Bila di data ada sekitar 7.600 tempat makan halal yang tersebar di seluruh penjuru Amerika. Salah satu restoran halal yang cukup populer di Amerika sekarang adalah The Halal Guys yang cabangnya bisa kamu temukan di Chicago, California dan New York. Selain itu, penduduk Amerika juga bisa membeli makanan halal di Whole Foods Market Inc. Sedangkan, untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu dengan berkeliling Amerika bisa berkunjung ke tempat ikonik seperti Patung Liberty, Disneyland Amerika, Times Square, U.S Botanical Garden hingga Hollywood Walk Fame.

Jepang

gunung-fuji-jepang

Jepang juga termasuk ke dalam negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Rata-rata penduduk Jepang yang beragama Islam harus menjalani ibadah puasa mereka selama 15 jam. Kondisi ini diperparah dengan cuaca di Jepang yang sedang musim panas. Tingkat kelembaban yang tinggi menyebabkan sinar matahari di sana terasa begitu menyengat. Umat Muslim di Jepang mulai berpuasa dari pukul 03.00 pagi dan berbuka pada pukul 18.00. Ada beberapa tempat yang RedDoorz rekomendasikan saat liburan di Jepang, seperti Museum Fujiko F. Studio,  Tokyo Disneyland Jepang, Menara Tokyo Jepang, Kastil Himeji, Ueno Park dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk kamu yang ingin berburu makanan halal di Jepang, bisa mencicipi banyak kuliner lezat yang tersebar di berbagai lokasi. Ada Narita Halal Ramen Shop di Asakusa yang menjual ramen dengan bahan-bahan halal hingga Sushiken di Asakusa yang menjual nasi sushi tanpa capuran rice vinegar atau pun mirin pada nasinya. Sedangkan, untuk kamu yang mencoba makanan di luar kuliner Jepang bisa mencoba Saray Kebab.

Swedia

hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-traveling-ke-swedia-g18042-qyntippm391

Mungkin dari seluruh negara yang ada di Eropa dan Skandinavia, Swedia menjadi negara dengan waktu puasa yang cukup panjang yakni hingga 20 jam. Meski begitu, 500.000 umat Muslim di sana sudah terbiasa dengan siklus berpuasa selama itu. Mereka hanya memiliki waktu sekitar 4 jam saja untuk berbuka dan melakukan aktifitas di malam hari. Di Swedia sendiri pada bulan Mei – Juni, sedang mengalami musim panas inilah yang menyebabkan siang hari di Swedia lebih panjang dibandingkan dengan malam harinya. Ada berbagai macam makanan halal di yang bisa kamu coba di Swedia diantaranya, seperti Gravlax, Cinnamon Roll, Janssons Frestelse, Pyttipanna, Crayfish Food dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, ada beberapa lokasi menarik yang bisa kamu kunjungi selama berkunjung di Swedia seperti Stockholm Palace, Falun, Nordic Museum, hingga Noble Museum.

Jerman

dresden-jerman

Selain itu, Jerman juga menjadi negara dengan waktu puasa terlama yaitu tepatnya 19 jam. Muslim di sana memulai ibadah puasa mereka pada pukul 04.00 dan berakhir pada pukul 22.00.  Bila dibandingkan dengan negara lain di Eropa, Jerman mungkin menjadi negara dengan penduduk Muslim terbanyak. Mayoritas umat Muslim di sana adalah penduduk yang berasal di Turki dan Afrika Utara. Inilah mengapa banyak menu berbuka di kawasan Jerman yang bernuansa Timur Tengah. Masyarakat di sana bisa berburu makanan halal di Supermarket Halalkauf yang berada di Kota Koln. Di supermarket tersebut, kamu bisa membeli bahan-bahan segar hingga makanan olahan. Selama berlibur ke Jerman kamu bisa berkunjung ke Bradenburg Gate, Holstentor, Frauenkirche, dan Neuschwanstein.

Turki

cappadocia-turkey

Umat Muslim di Turki menjalani ibadah puasa mulai dari 03.00 hingga 21.00 yaitu tepatnya selama 18 jam. Dibandingkan dengan Kanada, umat Muslim di Turki lebih banyak. Inilah mengapa Turki menjadi tempat yang cukup kondusif untuk kamu berpuasa. Kamu yang ingin jalan-jalan ke Turki bisa berkunjung ke museum Hagia Sophia, Sultan Ahmed Mosque, Cappadokya, Topkapi Palace, hingga Istiklal Street. Sedangkan, di Istanbul sendiri kamu bisa menemukan banyak makanan halal, seperti Baklava, Kunefe, Kumpir, Nasi Campur hingga kebab khas Turki yang sudah cukup terkenal di berbagai negara.

Amsterdam

Zuiderkerk in Amsterdam

Memulai puasa mereka dari pukul 04.00 pagi dan berbuka pada jam 22.00 malam, umat Muslim di Amsterdam harus mejalani ibadah puasa selama 19 jam. Ada beberapa restoran halal yang bisa kamu temui saat ke Amsterdam sebagai alternatif makanan berbuka dan sahur, seperti Eetcafe Noumidia, Restoran Mesken, Star BBQ, MOZO hingga Porto Marina. Kemudian, untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu untuk berbuka bisa berkunjung ke tempat-tempat menarik di sini seperti Museum Square, Anne Frank’s House, De Gooyer Windmill dan patung ikonik “I amterdam”.

Itulah beberapa informasi mengenai negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s