Hari raya Idul Fitri tinggal hitungan hari lagi, umat Muslim di seluruh dunia pun menyambutnya dengan suka cita. Setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa, saatnya merayakan hari kemenangan. Ada satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari yang namanya Lebaran, yaitu makanan. Biasanya di Indonesia, selalu ada nastar dan berbagai kue kering lainnya yang disajikan. Selain makanan ringan , tentu saja ada makanan berat yang disajikan seperti ketupat sayur. Sebenarnya, Negara-negara lain juga punya makanan khas Lebaran yang selalu dinanti. Nah, kali ini RedDoorz akan memberikan informasi tentang makanan khas Lebaran di berbagai Negara. Yuk simak selengkapnya!

Debyaza dan Halawa, Turki

makanan khas lebaran 1

Di Turki ada makanan penutup yang selalu dicari yaitu debyawa dan halawa. Kedua makanan tersebut merupakan puding tradisional yang biasa disiapkan tiga hari sebelum Lebaran karena proses pembuatannya memakan waktu cukup lama. Rasanya yang lezat membuat kehadiran dua makanan itu selalu ditunggu-tunggu saat hari raya.

Bastilla Ayam dan Tangine, Maroko

makanan khas lebaran 2

Maroko juga memiliki beberapa makanan khas Lebaran, antara lain; bastilla ayam dan tangine. Bastilla ayam atau chicken bastilla merupakan sejenis kue yang berbahan dasar ayam. Rasanya campur aduk karena adonan ayam diberi bumbu kunyit, kayu manis, lada dan jahe. Namun, setelah adonan matang justru ditaburi gula tepung dan kayu manis bubuk. Untuk tangine, wujudnya seperti semur yang bahan dasarnya bisa menggunakan daging domba atau daging ayam. Seperti halnya semur, masakan ini juga kaya akan rempah karena menggunakan lada, kayu manis, bawang merah, kunyit dan jahe sebagai bumbunya. Uniknya, tangine juga merggunakan kurma yang dicampur menjadi satu.

Gulha dan Kulhi Boakibaa, Maladewa

makanan khas lebaran 3

Maladewa memiliki sumber daya alam laut yang luar biasa karena merupakan Negara kepulauan. Maka tidak heran jika makanan khas Lebaran pun merupakan makanan olahan dari hasil laut. Kuliner tersebut adalah Gulha dan Kulhi Boakibaa. Gulha merupakan camilan unik yang berbentuk bola-bola dan berasal dari olahan ikan. Sementara kulhi boakibaa adalah hidangan utama yang dibuat dari nasi dan ikan tuna.

Kahk, Mesir

makanan khas lebaran 4

Sebagai salah satu Negara Muslim di Afrika, penyebaran Islam di Mesir sudah berlangsung berabad-abad, sehingga mempengaruhi berbagai hal termasuk makanan khas. Salah satunya adalah kahk yang sudah ada semenjak 1540-1570 SM. Bahkan perayaan Lebaran di Mesir kurang lengkap tanpa kuliner ini. Beerbentuk bulat berisi kacang dan bertabur tepung gula, kahk memiliki kandungan kalori rendah namun berprotein dan karbohidrat baik untuk tubuh.

La Mian, China

makanan khas lebaran 5

Jumlah umat Muslim di China semakin bertambah dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Saat merayakan Lebaran, umat Muslim China juga mempunyai makanan khas yang lezat. Sup mie la mian ini adalah salah satunya, makanan tersebut terbuat dari adonan tepung terigu yang ditarik-tarik menggunakan tangan hingga enjadi helaian panjang. Sup la mian ini selalu hadir di meja saat Lebaran.

Bolani, Afghanistan

makanan khas lebaran 7

Warga Afganistan memiliki makan khas yang hanya ada saat Hari Raya Idul Fitri yaitu Bolani. Makanan ini merupakan olahan yang terdiri dari roti lapis is sayuran hijau, seperti bayam, kentang, labu, atau lentil. Kudapan ini memiliki rasa gurih yang khas dan sangat pas untuk makan di hari raya. Bolani sangat bergizi karena mengandung karbohidra, protein, fiber dan vitamin.

Chotpoti Curry, Bangladesh

makanan khas lebaran 8

Terkenal dengan makanan pedas, Bangladesh punya satu makanan khas Lebaran yaitu chotpoti curry. Ini adalah makanan kare yang terbuat dari chickpeas, tentan dan telur. Meski mengandung santan, chotpoti curry memiliki kalori lebih rending dibanding dari rending atau opor ayam.

Sa Nwin Ma Kin, Myanmar

makanan khas lebaran 9

Di Myanmar terdapat makanan khas Lebaran berupa san win ma kin. Kue atau puding yang dolah dari semolina atau butiran gandum. Semolina juga digunakan untuk membuat makanan lain seperti Halwa, yang juga sering dijumpai saat Idul Fitri. Makanan tersebut biasanya dipadukan dengan danbauk htamin, semacam biryani yang disajikan dengan irisan mangga, daun mint dan cabe hijau.

Ketupat Sayur, Indonesia

makanan khas lebaran 10

Di Negara yang mayoritas masyarakatnya menganut agama Islam ini terdapat berbagai macam makanan khas Lebaran yang lezat dan nikmat. Salah satu yang wajib tersedia adalah ketupat dengan sayur labuh, sayur krecek, sambal kentang ati dan opor ayam. Untuk pemanisnya, yang paling khas adalah berbagai kue seperti kue putri salju, nasta dan lidah kucing.

Manti, Rusia

makanan khas lebaran 11

Warga Muslim di Rusia biasanya membuat Manti menjelang Idul Fitri. Manti adalah pangsit yang biasanya diisi dengan campuran daging domba atau daging sapi yang dibumbui kemudian direbus atau dikukus. Untuk ukurannya sendiri bervariasi tergantung dari lokasi geografis pembuatan manti. Selain di Turki, makanan ini juga terkenal di kawasan Asia Selatan dan Asia Tengah.

Itulah tadi informasi singkat mengenai makanan khas buka puasa di berbagai negara . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s